BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Tangkis Tawaran Investasi Bodong dengan Pilih Produk Resmi dan Berizin Berikut Ini

Abdul Malik21 Maret 2022
Tags:
Tangkis Tawaran Investasi Bodong dengan Pilih Produk Resmi dan Berizin Berikut Ini
Ilustrasi pelaku investasi bodong, investasi ilegal dan fintech ilegal yang berhasil mengelabui korbannya dengan mendapatkan banyak keuntungan. (Shutterstock)

Anda sedang mencari produk investasi resmi? Anda bisa memilihnya di Bareksa

Bareksa.com - Iming-iming mendapatkan imbal hasil atau return besar namun ternyata berujung penipuan investasi alias investasi bodong, sudah ramai mewarnai 2022 yang berjalan hampir genap tiga bulan ini.

Demi keamanan kondisi keuangan di masa depan, memang sebaiknya kita memang harus investsi. Namun ada catatannya, sebaiknya jangan mudah terjebak penawaran investasi tanpa melakukan pengecekan 2 L.

Apa itu 2 L? Ketua Tim Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing dalam pelbagai kesempatan pun saat berbincang dengan Bareksa beberapa waktu lalu, nampaknya tak lelah menjelaskan apa itu 2 L.

Promo Terbaru di Bareksa

"2 L itu legal dan logis. Legal artinya tanyakan izinnya dan logis artinya pahami rasionalitas imbal hasilnya," kata Tongam.

Menurut Tongam masih adanya penawaran investasi ilegal atau investasi bodong, karena melihat potensi ekonomi dan juga penghasilan serta pengetahuan masyarakat.

Pelaku investasi bodong tidak mungkin menyasar ke orang tidak punya uang. "Semakin banyak penghasilan masyarakat, semakin banyak juga penawaran investasi ilegal. Jadi ada baiknya, saat penghasilan meningkat dibarengi dengan peningkatan literasi keuangan," kata Tongam.

Tongam berpesan supaya tidak mudah terjebak investasi bodong atau ilegal ini, perlu diingat, manfaat atau imbal hasil setiap produk investasi umumnya baru dapat dirasakan dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, hasil investasi pun akan sebanding dengan risikonya.

"Semakin besar tingkat keuntungan yang ditawarkan, maka akan semakin besar pula risiko yang harus dihadapi (high risk high return)," ucap Tongam.

Produk Investasi Resmi di Bareksa

Anda sedang mencari produk investasi resmi? Anda bisa memilihnya di Bareksa. Sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan, serta mitra distribusi yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan, Bareksa menyediakan beberapa produk investasi, di antaranya :

1. Reksadana

Reksadana dikelola oleh manajer investasi berpengalaman dan mengelola dananya secara profesional. Tersedia ratusan produk reksadana di Bareksa dengan beragam jenis reksadana antara lain reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, reksadana campuran, dan reksadana indeks.

Investasi di reksadana juga fleksibel karena investor bisa mencairkan dananya kapan saja. Tidak harus menunggu hingga jangka waktu tertentu untuk dapat mencairkan dana tersebut. Reksadana online praktis karena semua serba dilakukan secara online, bisa kapan saja dan di mana saja.

Dengan nilai minimum investasi di reksadana sangat terjangkau, bisa mulai Rp10.000. Paling penting, reksadana diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga independen negara yang mengawasi seluruh kegiatan di dalam sektor keuangan.

2. Surat Berharga Negara (SBN) Ritel

SBN Ritel merupakan produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan kepada individu atau investor ritel. Keuntungan investasi di SBN Ritel antara lain 100 persen aman karena dijamin negara dan Undang-Undang, meraih cuan sekaligus berkontribusi menyediakan pembiayaan pembangunan negara, dan mudah serta praktis karena semua dilakukan secara online.

Pemerintah berencana akan menerbitkan enam SBN Ritel pada tahun ini yakni:

Illustration

Pemerintah telah menerbitkan Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI021 dengan masa penawarannya pada 24 Januari - 17 Februari 2022. Kemudian Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR016 yang ditawarkan pada 25 Februari - 17 Maret. Kedua jenis dan seri SBN Ritel tersebut juga bisa dibeli di Bareksa.

Tidak hanya ORI021 dan SR016 yang merupakan SBN Ritel, melainkan enam seri SBN Ritel yang akan diterbitkan pemerintah tahun ini bisa dibeli secara online melalui mitra distribusi, termasuk Bareksa.

Anda yang belum memiliki akun SBN di Bareksa, sebaiknya segera mendaftar sekarang agar bisa ikut masa penawaran SBN Ritel selanjutnya.

3. Emas

Melalui fitur Bareksa Emas, Bareksa menyediakan investasi emas fisik dengan fasilitas titipan. Bareksa Emas bekerja sama dengan mitra yang memiliki lisensi dari OJK sebagai perusahaan gadai yang dapat menjalankan usaha penitipan emas, yakni Indogold dan Pegadaian.

Investasi emas di Bareksa sangat terjangkau bisa mulai Rp50.000 atau ukuran 0,1 gram saja. Pendaftaran di Bareksa Emas cukup dilakukan secara online, setelah itu investor bisa melakukan transaksi beli dan jual emas online.

Mudah bukan cara untuk bisa menghindari investasi bodong dan berinvestasi hanya di tempat resmi seperti Bareksa. Pastikan produk dan jenis investasi yang dipilih, sesuai dengan profil risiko Anda.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua