BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Tips Siapkan Kado Valentine Anti Mainstream ala MAMI

Abdul Malik11 Februari 2022
Tags:
Tips Siapkan Kado Valentine Anti Mainstream ala MAMI
Ilustrasi kado valentine anti mainstream yakni investasi di reksadana, SBN Ritel dan emas . (Shutterstock)

Dengan investasi maka akan memperkuat keamanan finansial dan pondasi hubungan bersama di masa depan

Bareksa.com - Hari kasih sayang atau kerap disebut hari Valentine, biasanya jadi ajang untuk memberikan kado sebagai wujud rasa cinta kepada orang-orang terkasih baik pasangan, anak, orang tua, maupun sahabat. Lalu, bagaimana kado di hari valentine untuk diri sendiri?

Dimas Ardhinugraha, Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia menyampaikan walau kurang populer, namun hari Valentine bisa menjadi momen bagi kita untuk menunjukkan seberapa besar cinta pada diri sendiri.

"Meskipun tidak terdengar romantis, namun wujud cinta ini akan memperkuat keamanan finansial dan pondasi hubungan bersama orang tersayang agar bisa menikmati hidup yang sejahtera," kata Dimas dalam keterangannya, Jumat (11/2/2022).

Ia menjelaskan ada berbagai cara untuk mencapai tujuan finansial, Contohnya antara lain bagi yang masih lajang, Anda bisa menuliskan tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang Anda. Misalnya, membeli kendaraan entah motor atau mobil baru, atau membeli rumah, kemudian tempelkan di tembok yang sering Anda lihat.

Sedangkan bagi yang sudah berkeluarga, Dimas menyarankan kalau Anda bisa membahasnya bersama pasangan sambil duduk santai sesudah makan malam bersama.

"Perencanaan keuangan merupakan hal penting dalam berumah tangga yang dapat berdampak pada kesejahteraan masa depan keluarga," lanjutnya.

Karena itu, diskusikanlah dengan pasangan Anda tujuan dan prioritas keuangan keluarga. Nah, setelah Anda menentukan tujuan keuangan, langkah selanjutnya adalah membuat komitmen pengeluaran, termasuk yang akan rutin disisihkan untuk diinvestasikan. Tanpa komitmen dan langkah nyata, semua hanya akan menjadi mimpi yang tak terwujud.

Mulai dengan Reksadana

"Segera mulai investasi karena investasi bukan hal yang menakutkan. Jadi, jangan antipati," ucapnya.

Sebaliknya, ia melanjutkan investasi harus dipelajari supaya uang hasil kerja keras kita ikutan bekerja. Sebagai langkah awal, silakan pilih sarana investasi yang sudah dipahami dan membuat nyaman.

Kemudian, ia melanjutkan secara bertahap mulai pelajari produk investasi lainnya yang mudah dimengerti dan terjangkau, mulai dari investasi reksadana lalu berlanjut ke produk investasi lain hingga investasi saham.

Reksadana merupakan produk pasar modal yang dikelola oleh perusahaan manajer investasi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda bisa mulai berinvestasi hanya dengan dana minimal Rp10 ribu.

Ada beragam pilihan produk, baik reksadana konvensional maupun reksadana syariah serta reksadana yang berinvestasi di bursa dalam negeri maupun luar negeri, reksadana dalam denominasi rupiah maupun dolar Amerika.

Soal risiko, Dimas menjelaskan tingkat risiko produk reksadana juga beragam, mulai dari tingkat risiko yang rendah seperti reksadana pasar uang, hingga risiko yang relatif tinggi seperti reksadana saham.

Menurut Dimas dengan ragam alternatif produk reksadana, Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai tujuan keuangan yang berbeda-beda. Misalnya, memenuhi biaya liburan, membeli motor/mobil baru, rumah, pembiayaan pernikahan/kelahiran anak, ataupun persiapan pensiun.

"Sehingga pemilihan produk tinggal disesuaikan dengan tujuan, profil risiko dan jangka waktu investasi," kata Dimas.

Produk Manulife AM Indonesia

Sebagai gambaran, Dimas menjelaskan, reksadana pasar uang Manulife Dana Kas II (MDK II) mencatatkan kinerja historis 2,87 persen dalam setahun terakhir hingga 31 Januari 2022 (YtD 31 Januari 2022).

Pada periode yang sama, reksadana pendapatan tetap Manulife Obligasi Unggulan (MOU) memiliki kinerja 5,45 persen, sedangkan reksa dana saham Manulife Saham Andalan (MSA) memberikan kinerja sebesar 23,44 persen.

Dimas mengatakan tidak dapat dipungkiri, bahwa tekanan keuangan dapat mempengaruhi kelanggengan hubungan dengan pasangan. "Oleh karena itu, buktikan komitmen cinta Anda dengan pintar mengelola keuangan dan mewujudkan mimpi bersama," ujarnya.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,31

Down- 0,02%
Up3,54%
Up0,02%
Up5,67%
Up18,13%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,74

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,34%
Up17,26%
Up43,41%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.750,18

Down- 0,68%
Up3,54%
Up0,01%
Up4,21%
Up18,57%
Up46,98%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,18

Down- 0,40%
Up1,62%
Up0,01%
Up2,52%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,46

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua