Dapat Bonus Akhir Tahun, Sebaiknya Digunakan untuk Apa Ya?

Selain untuk membayar kewajiban dan berbelanja kebutuhan, jangan lupa selalu sisihkan untuk berinvestasi seperti di reksadana, SBN atau emas
Abdul Malik • 16 Dec 2021
cover

Ilustrasi perempuan karyawan yang gembira karena mendapatkan bonus akhir tahun, yang kemudian sebagian dia gunakan untuk investasi di reksadana, sbn dan emas. (Shutterstock)

Bareksa.com - Tahun 2021 segera berakhir, dan tahun 2022 menjelang. Saat-saat penghujung tahun seperti ini, bagi sebagian orang biasanya waktunya menunggu bonus akhir tahun dari tempatnya bekerja. Mendapatkan bonus jelang tahun baru, tentu sangat menyenangkan.

Tapi, sebaiknya bonus tersebut digunakan secara bijak. Kira-kira sebaiknya uang bonus digunakan untuk apa saja? Dilansir Liputan6, berikut empat tips memanfaatkan uang bonus akhir tahun :

1. Memenuhi Kebutuhan Penting

Menggunakannya untuk membeli hadiah saat perayaan Natal dan Tahun Baru untuk diri sendiri maupun keluarga, cukup umum untuk dilakukan banyak orang. Tapi, dari sudut pandang finansial, keputusan tersebut mungkin tidak selalu yang terbaik.

Jika Anda tidak menghemat anggaran bonus yang ada, maka usaha menabung di masa depan akan terlihat jauh lebih sulit. Jadi, jika ingin membelikan hadiah ada baiknya dipikirkan cara lain dan mungkin lebih kreatif.

Memberikan hadiah berupa foto ataupun karya video pribadi, sering kali memberikan nilai berharga lebih untuk orang-orang yang disayangi.

Mengedit sebuah foto ataupun video bisa dilakukan gratis, tanpa harus mengeluarkan sepeser pun uang. Dengan begitu, nanti uang bonus tersebut bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang jauh lebih penting.

Baca : Bareksa Raih Pendanaan Seri C dari Grab, Kukuhkan Sinergi Grab - Bareksa - OVO

2. Masukkan ke Tabungan

Memang merupakan sebuah hal yang klise untuk selalu konsisten dalam menabung. Tetapi jika memang Anda saat ini mendapatkan bonus, tidak akan ada ruginya untuk menambahkan persentasi penyisihan dari pendapatan ke dalam rekening tabungan.

Dengan begitu bonus yang sudah di tabungkan bisa berperan penting untuk kebutuhan mendadak atau darurat di masa depan.

3. Investasi

Investasi adalah salah satu opsi terbaik yang bisa dilakukan saat Anda sudah menerima bonus dari kantor. Menginvestasikan pendapatan memungkinkan uang Anda bekerja untuk diri Anda sendiri.

Tidak ada salahnya untuk menginvestasikan bonus gaji di sejumlah instrumen investasi. Atau, jika Anda memilliki kerabat dengan bisnis yang sudah berjalan, maka jangan pernah untuk mengesampingkan hal itu.

Beberapa instrumen investasi yang bisa dipertimbangkan di antaranya reksadana, Surat Berharga Negara (SBN), maupun emas. Namun perlu dicatat, instrumen investasi apapun yang dipilih haruslah disesuaikan dengan profil risiko masing-masing investor.

Baca : Investasi Reksadana di Bareksa dapat OVO Poin dan Voucher GrabFood

4. Membayar Utang

Membayar utang kredit ataupun pinjaman pribadi pastinya adalah pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan saat memiliki bonus. Banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya jauh lebih baik mana, melakukan investasi atau membayar utang.

Kedua hal tersebut pastinya mempunyai keuntungan sendiri, tetapi dengan membayarkan utang kredit ataupun pinjaman pribadi dengan bonus hal itu bisa jadi manfaat.

Dengan menggunakan bonus tersebut untuk membayar utang, maka hal tersebut bisa menghemat pengeluaran dari anggaran utama atau pasif selama ini.

Siap memanfaatkan uang bonus secara bijak?

Baca : Kolaborasi PT Pegadaian - Bareksa, Hadirkan Tabungan Emas Online untuk Investasi Terintegrasi

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di emas dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS 

DISCLAIMER​
Fitur Bareksa Emas dikelola oleh PT Bareksa Inovasi Digital, berkerjasama dengan Mitra Emas berizin.