BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Jumlah Investor Perempuan di ORI Terus Meningkat, Kamu Sudah Investasi?

Abdul Malik03 Februari 2021
Tags:
Jumlah Investor Perempuan di ORI Terus Meningkat, Kamu Sudah Investasi?
Ilustrasi seorang perempuan yang bahagia karena telah mencapai kemerdekaan finansial dari hasil investasinya di reksadana dan Surat Berharga Negara (SBN). (123rf)

Investor perempuan mengerti bagaimana menempatkan uang di instrumen investasi yang baik

Bareksa.com - Selama masa pandemi, partisipasi perempuan di pasar keuangan terus meningkat. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada sebuah kesempatan mengatakan perempuan berkontribusi besar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) khususnya melalui pembelian Surat Berharga Negara (SBN) Ritel, salah satunya Obligasi Negara Ritel (ORI).

Kementerian Keuangan mencatat kontribusi perempuan pada ORI terus meningkat. Pada penjualan ORI017 sebagian besar yakni 55,87 persen dari total investor adalah perempuan. Persentase tersebut meningkat jadi 57,82 persen pada ORI18.

Sri Mulyani menyampaikan pemerintah akan terus berupaya meningkatkan pasrtisipasi investor perempuan tidak hanya dalam pembangunan negara, namun juga kualitas hidup keluarga dan anak-anak Indonesia ikut meningkat.

Promo Terbaru di Bareksa

"Mereka (perempuan,red) itu investor paling besar dalam Surat Utang Negara. Jadi perempuan itu mampu dan mereka mengerti bagaimana menempatkan uang di tempat instrumen investasi yang baik," kata Sri Mulyani.

Kamu investor perempuan yang juga ingin mempertebal pundi investasi sekaligus bantu Anggaran Negara? Jika iya, Saat ini pemerintah tengah membuka masa penawaran ORI seri ORI019 mulai 25 Januari - 18 Februari 2021.

Kupon ORI019 ditetapkan 5,57 persen per tahun. Besaran kupon tersebut bersifat fixed rate hingga waktu jatuh tempo 15 Februari 2024.

Masih ragu tuk investasi di ORI019? Jika iya, sila lihat 10 keuntungan berinvestasi di ORI yakni Pertama, kupon dan pokok dijamin undang-undang. Kedua, kupon ditawarkan lebih tinggi dari rerata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ketiga, kupon dengan tingkat bunga tetap sampai waktu jatuh tempo. Keempat, kupon dibayar setiap bulan. Kelima, dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

Keenam, tersedianya kuotasi harga beli (bid price) dari mitra distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan mitra distribusi. Ketujuh, dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain.

Kedelapan, berpotensi memperoleh capital gain. Kesembilan, dapat diperdagangkan di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP). Kesepuluh, masyarakat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.Jadi sudah mengerti kan kalau ORI itu instrumen investasi yang baik, menguntungkan sekaligus dijamin aman.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI019 adalah satu seri SBN ritel yang bisa dipesan online di sejumlah mitra distribusi Kemenkeu, termasuk Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua