Cara Cek Portofolio Reksadana Secara Periodik di AKSes KSEI

Laporan bulanan reksadana bisa dilihat secara elektronik melalui S-INVEST
Hanum Kusuma Dewi • 21 Jan 2021
cover

Untuk melihat portofolio reksadana dan investasi pasar modal lainnya di tanggal atau periode tertentu, kita bisa menggunakan sistem KSEI bernama AKSes

Bareksa.com - Di aplikasi Bareksa, investor bisa melihat portofolio reksadananya setiap waktu secara real time. Bila ingin melihat portofolio di tanggal tertentu atau di akhir tahun untuk membuat laporan investasi, bagaimana caranya? 

Berdasarkan peraturan, pihak yang bertugas mengirimkan laporan bulanan adalah bank kustodian. Karena sekarang transaksi sudah dilakukan secara elektronik, laporan bulanan ini juga bisa dilihat secara elektronik melalui Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu (S-INVEST) yang dikelola oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI)

Untuk melihat portofolio reksadana dan investasi pasar modal lainnya di tanggal atau periode tertentu, kita bisa menggunakan sistem KSEI bernama AKSes. Kalau belum punya akun AKSes KSEI, baca panduan cara daftarnya di sini

Kalau sudah punya akun AKSes KSEI, investor tinggal masuk (login) menggunakan kata sandi yang sudah dibuat. Ke depannya, investor hanya tinggal login untuk mengecek portofolio atau kepemilikan reksadana dan investasi lainnya.

Panduan Masuk AKSes KSEI untuk Cek Mutasi dan Laporan Bulanan Reksadana

1. Masuk ke AKSes

Buka https://akses.ksei.co.id/ dan klik tombol MASUK di kanan atas.

2. Masukkan email dan kata sandi

3. Buka Portofolioku

Begitu kita login, kita bisa lihat nama kita di sebelah kiri atas halaman. Lalu, di sebelah kiri juga kita bisa lihat berbagai tab. Pilih Portofolioku

4. Pilih Saldo

Menu Saldo akan menunjukkan total nilai investasi dari seluruh produk yang kita miliki saat ini, mulai dari saham (ekuitas), reksadana, obligasi, kas dan lainnya. Terlihat juga grafik yang menunjukkan komposisi kepemilikan investasi investor di produk-produk investasi tersebut.

Bila kita pilih tab ReksaDana saja, akan terlihat nama produk reksadana yang kita miliki dan komposisinya (dalam persentase) dari total nilai investasi kita.

5. Pilih Mutasi

Menu Mutasi akan memperlihatkan transaksi yang kita lakukan, baik pembelian atau penjualan. Untuk melihat transaksi melalui Bareksa, kita bisa memilih dengan filter rekening di Bareksa Portal Investasi (BPI).

Lalu, kita masukkan kisaran (range) periode tanggal yang ingin kita lihat. Akan tampil transaksi baik pembelian maupun penjualan reksadana selama periode yang kita tentukan tersebut dengan informasi termasuk tipe transaksi, kode efek (reksadana), kustodian, jumlah unit dan nilai investasi.

 

6. Laporan

Menu Laporan menampilkan kepemilikan investasi kita, baik berdasarkan mutasi reksadana atau laporan bulanan reksadana. Lalu kita bisa pilih periodenya dan klik download.

Kita akan menerima laporan dalam bentuk PDF yang berisikan informasi mulai dari nama reksadana, manajer investasi, agen penjual, jumlah unit penyertaan, NAB per unit, dan nilai investasi per akhir bulan yang kita pilih tersebut (dalam contoh ini adalah 31 Januari 2020).

Pelaporan elektronik ini sudah valid karena bersumber dari sistem terpadu S-INVEST yang dikelola oleh KSEI. Ke depan, Bank kustodian tidak perlu lagi mengirimkan laporan fisik melalui pos atau kurir, karena sudah dilakukan secara elektronik.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS