Pentingnya Investasi Sebagai Gaya Hidup Tunjang Eksistensi Diri

Perencanaan uang yang disiplin akan membuat hidup lebih seimbang tanpa bangkrut
Abdul Malik • 16 Dec 2020
cover

Ilustrasi investasi yang dilakukan sejak dini sehingga bisa menunjang gaya hidup. (Shutterstock)

Bareksa.com - Eksistensi kerap sepaket dengan gaya hidup. Bagaimana tidak, untuk menunjang eksistensi dibutuhkan gaya hidup tertentu agar pencapaian yang diperoleh nampak lebih terlegitimasi. Seperti dilansir laman resmi Mandiri Investasi, kepuasan yang diperoleh tersebut berumur pendek dan supaya posisi bisa nampak tetap di atas, artinya seseorang harus meningkatkan pendapatan sepaket dengan gaya hidup. Sisi baiknya, motivasi kerja bisa terus merangkak demi bisa memenuhi hasrat sosial tersebut.

Hanya saja, biasanya jika kita sudah keasyikan dengan gaya hidup yang lebih mengedepankan pemenuhan life style, kebutuhan investasi malah terlupakan. Memang, ada untungnya bila mengesampingkan investasi, setidaknya uang yang dimiliki benar-benar bisa terfokuskan ke gaya hidup. Tapi, penting diketahui kalau akan makin banyak buntungnya ke depan jika tidak punya simpanan khususnya berupa investasi.

Berikut pentingnya melakukan investasi untuk sejumlah hal berikut :

1. Biaya kesehatan

Saat usia muda asuransi kesehatan mungkin belum dipikirkan sehingga banyak orang muda untuk memilih menunda memiliki asuransi. Padahal, bagusnya jika persiapkan sejak dini karena kita tidak pernah tahu apa yang terjadi di depan. Terlebih, seiring bertambahnya usia, tubuh kita akan rentan terhadap masalah kesehatan apalagi ditambah gaya hidup tak seimbang. Makanya, ada baiknya mulailah sisihkan dana untuk tubuh yang lebih terjaga.

2. Persiapan berkeluarga

Kamu yang berkeinginan memiliki keluarga beberapa tahun lagi, wajib hukumnya mengurangi gaya hidup dan mengalihkan pendapatanmu ke pos investasi, misalnya reksadana saham. Alasannya, investasi dapat membantumu mempersiapkan simpanan jangka panjang baik buat rencana pernikahan hingga punya rumah. Di samping itu, investasi yang kamu lakukan juga bisa berguna jika ada anggota keluarga yang mengalami musibah.

3. Menikmati masa tua

Investasi mengubah pikiran bahwa di masa pensiun, kamu tidak akan memiliki apa-apa karena tak berpenghasilan. Saat pensiun itulah waktu yang tepat melakukan apa saja yang disuka bukan?. Bisa lho pensiun dini lalu hidup dari hasil investasi semasa muda, misalnya mendirikan bisnis atau jalan-jalan. Tingkatkan gaya hidupmu bila kamu sudah mampu, bukan memaksakan supaya kamu terlihat mampu.

4. Hemat waktu

Apapun jenis investasi yang dipilih, tentu butuh waktu bertumbuh sembari menyesuaikan kebutuhan dari tahun ke tahun. Biasanya para investor menginvestasikan dana berisiko di muka kemudian, memilih yang lebih aman, berisiko rendah, semakin dekat sampai pensiun.

Memberi penghargaan ke diri sendiri itu perlu, tapi kalau keseringan bukankah uang justri tidak ada dan saat bersamaan, waktu bisa nampak berlalu dengan sia-sia.

Perencanaan uang yang disiplin akan membuat hidup lebih seimbang tanpa bangkrut. Maka, ada baiknya bagi kamu milenial, pikirkan tujuan hidup beberapa tahun mendatang kemudian, mulai susun dari sekarang sampai nanti bisa berbangga hati bahwa kerja keras terbayarkan lewat hidup yang lebih nikmat di hari tua.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

​DISCLAIMER​
Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.