BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Apakah Reksadana Bisa Memberikan Dividen Seperti Saham?

Hanum Kusuma Dewi24 November 2020
Tags:
Apakah Reksadana Bisa Memberikan Dividen Seperti Saham?
Ilustrasi investasi reksadana saham obligasi surat berharga negara secara online digital yang ditampilkan dengan uang rupiah kertas lembaran Rp100 ribu dengan layar handphone smartphone. shutterstock

Dividen adalah salah satu bentuk hasil investasi yang diterima oleh reksadana

Bareksa.com - Dalam investasi saham, investor mengenal yang namanya pembagian dividen. Dividen adalah laba perusahaan dalam periode setahun yang dibagikan kepada pemilik saham, bisa dalam bentuk tunai (cash dividend) atau dalam bentuk saham.

Untuk reksadana saham yang memiliki saham dalam portofolionya, apakah juga memberikan dividen kepada investornya?

Dividen adalah salah satu bentuk hasil investasi yang diterima oleh reksadana. Maka, investor reksadana juga bisa menerima dividen ini tetapi tidak selalu dalam bentuk tunai (cash). Berikut ini tiga bentuk dividen sebagai hasil investasi yang diberikan kepada investor reksadana.

Promo Terbaru di Bareksa

1. Dividen diinvestasikan kembali

Sebagian besar reksadana biasanya menerapkan kebijakan pembagian hasil investasi dari dividen saham untuk dibukukan kembali atau diinvestasikan kembali (reinvesting). Sehingga, hasil dividen ini akan meningkatkan nilai aktiva bersih (NAB) reksadana.

Contoh, saham PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) baru saja mengadakan rapat umum pemegang saham dan memutuskan untuk membagikan dividen interim sebesar Rp87 per saham. Bila ada satu reksadana memiliki 1 juta lembar saham UNVR, sehingga berhak mendapat Rp87 juta. Angka ini, setelah dipotong pajak dividen, akan menambahkan NAB reksadana tersebut pada tanggal pembagian dividen.

2. Dividen berbentuk unit penyertaan

Ada sejumlah reksadana yang membagikan dividen berbentuk unit penyertaan bagi para investornya. Dividen berbentuk unit penyertaan umum untuk reksadana pendapatan tetap, yang portofolionya berisikan obligasi.

Obligasi, atau surat utang, dan sukuk memberikan imbal hasil berupa kupon yang biasanya dibayarkan rutin atau reguler. Kupon ini bisa diberikan kepada investor reksadana dalam bentuk unit penyertaan baru.

Salah satu reksadana yang menyebutkan pembagian hasil investasi yang dapat berupa tunai atau unit penyertaan atas nama pemegang unit penyertaan (investor reksadana) adalah Principal Total Return Bond Fund. Pembagian hasil investasi ini sesuai dengan kebijakan manajer investasi, dengan tidak mengabaikan pencapaian investasi jangka panjang.

3. Dividen dibayarkan tunai

Salah satu contoh reksadana yang dalam prospektusnya menyebutkan pembagian dividen, atau pembagian keuntungan hasil investasi, secara tunai adalah Manulife Pendapatan Bulanan II.

Disebutkan dalam prospektus, bagi pemegang unit penyertaan Manulife Pendapatan Bulanan II yang mempunyai nilai investasi sampai dengan atau di atas Rp100 juta pada tanggal cum date (tanggal pencatatan nama investor yang berhak menerima dividen), manajer investasi dapat membagikan sebagian keuntungan dari reksadana tersebut dalam bentuk tunai dengan cara transfer dalam mata uang rupiah ke rekening investor setiap sebulan sekali.

Akan tetapi, pembagian hasil investasi mempertimbangkan kesehatan dan kinerja dari produk reksadana tersebut dan sepenuhnya merupakan keputusan dari manajer investasi.

Jadi, secara umum, dividen adalah bentuk hasil investasi yang tidak langsung diterima oleh investor reksadana. Ada dividen yang berbentuk tunai, tetapi sebagian besar diinvestasikan kembali oleh manajer investasi sehingga meningkatkan NAB reksadana tersebut.

Bila kita memang membutuhkan uang tunai (cash), tidak harus menunggu dividen tunai, kita bisa saja menjual sebagian unit reksadana yang kita miliki. Tapi ingat, sebaiknya keputusan ini dilakukan menimbang tujuan atau rencana investasi kita di awal.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?
- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

DISCLAIMER
Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.314,36

Up0,41%
Up3,60%
Up0,02%
Up5,91%
Up19,01%
-

Capital Fixed Income Fund

1.764,83

Up0,56%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,22%
Up17,48%
Up42,87%

STAR Stable Income Fund

1.915,81

Up0,53%
Up2,89%
Up0,02%
Up6,25%
Up30,81%
Up60,29%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.757

Down- 0,19%
Up3,05%
Up0,01%
Up4,62%
Up19,15%
Up47,74%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,38

Up0,12%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,94%
Down- 1,75%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua