BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Cara Investasi Secara Berkualitas Seperti Warren Buffett

Abdul Malik05 Oktober 2020
Tags:
Cara Investasi Secara Berkualitas Seperti Warren Buffett
Warren Buffett. (Nbcnews.com/Arne Dedert)

Kelompok ini kerap dijuluki Buffett sebagai pemegang saham berkualitas tinggi atau Quality shareholders (QS)

Bareksa.com - Mengenal cara berinvestasi orang-orang sukses dan orang tajir di dunia sangat membantu para investor pemula. Karena itu, ada sejumlah cara kerja yang perlu diperhatikan agar uang yang di investasikan membuahkan hasil gemilang.

Dilansir Kontan (3/10/2020), Profesor dan direktur Quality Shareholders Initiative di Goerge Washington University, Lawrence A Chunninghamis menulis opini kunci sukses Warren Buffett di bursa saham. Menurutnya, Buffett tahu para investor terbaik yang layak diikuti dan dipertahankan.

Lawrence menulis dalam opiniya di Market Wacth pada Rabu (30/9) dengan menyebut mereka itu adalah Korps elit. Mereka adalah pemegang saham terkonsentrasi yang diam-diam menopang perusahaan Amerika. Kelompok ini kerap dijuluki Buffett sebagai pemegang saham berkualitas tinggi atau Quality shareholders (QS) pada 1978.

Promo Terbaru di Bareksa

Tentu saja, mereka ini kontras dengan para investor saat ini yang tidak terkonsentrasi dan para trader yang selalu memanfaatkan momentum dengan banyak melakukan aksi buy dan sell setiap hari. Mereka ini juga jarang bertahan panjang memegang saham sebuah perusahaan.

Namun yang perlu diketahui, setiap investor akan mendapatkan banyak manfaatkan bila akrab dan mengikuti cara berinvestasi para QS ini.

QSi ni memiliki silsilah. Mulai dari ekonom John Maynard Keynes dan mentor Buffett yakni Benjamin Graham, hingga pendukungnya seperti John Neff dari Wellington Management dan Thomas Rowe Price, pendiri T. Rowe Price Group Inc.

Gaya mereka berinvestasi itu berada dalam lingkup penelitian, persepsi nilai dan kebijakan penjualan. Yang membedakan mereka dengan investor kebanyakan adalah kesabaran dan fokus. Beberapa pemegang saham berkualitas tinggi adalah raksasa. Termasuk Capital Reserach & Management (Amerika Funds); Manajemen & Riset Fidelity; dan Harris Associates (Oakmark Funds).

Banyak yang mengelola aset kurang dari US$100 miliar. Seperti Gardner Russo Gardner; Ruane Cunniff; dan Manajemen Aset Tenggara. Para pemegang saham berkualitas tinggi ini tidak mengacu pada volatilitas indeks. Mereka ini lebih fokus berinvestasi mengacu pada kinerja perusahaan selama bertahun-tahun dan bukan karena faktor sentimen.

QS ini juga menginvestasikan cukup besar uang mereka di perusahaan besar yang luar biasa, yang sahamnya telah mereka pegang selama bertahun-tahun. Ambil contoh Capital Research memegang saham di Abbott Laboratories. Fidelity menggenggam saham Salesforce dan Harris di Tenet Healthcare.

Dari banyak penelitian, ternyata aktif bertransaksi di bursa saham justru menghasilkan kinerja buruk setelah terkena biaya transaksi dan pajak. Hal itu terlihat dari kinerja reksadana teratas tidak bertahan lama dan beberapa manajer investasi piawai hanya sedikit memberikan imbal hasil kepada nasabah mereka setelah dipotong biaya-biaya transaksi.

Tetapi, kelompok investor berkualitas tinggi ini, yang sabar dan fokus, justru menunjukkan pengecualian. Mereka mencatat keuntungan yang besar karena tidak banyak terkena biaya transaksi. QS ini dapat mengekang diri mereka untuk banyak melakukan aktivitas di pasar modal.

Para pemegang saham berkualitas tinggi ini mempelajari spesifik perusahaan dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh pengindeks, yang tidak bisa. Pengindeks mungkin pandai menganalisis masalah dinamis saat muncul, tetapi jarang mengembangkan pengetahuan mendalam yang diperintahkan pemegang saham berkualitas tinggi.

Pengindeks menginvestasikan sebagian besar sumber daya mereka yang terbatas untuk mengembangkan pandangan tentang apa yang baik secara umum dalam kehidupan perusahaan, bukan apa yang terbaik untuk perusahaan tertentu.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.337,45

Up0,45%
Up3,78%
Up0,04%
Up4,77%
Up18,73%
-

Capital Fixed Income Fund

1.791,76

Up0,54%
Up3,35%
Up0,04%
Up6,93%
Up17,16%
Up40,94%

I-Hajj Syariah Fund

4.868,6

Up0,57%
Up3,19%
Up0,03%
Up6,14%
Up22,00%
Up40,67%

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.047,19

Up0,51%
Up3,63%
Up0,04%
---

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.146,62

Up0,30%
Up2,63%
Up0,03%
Up4,96%
Up14,28%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua