BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Tujuh Fakta Menarik Warren Buffett yang Jarang Diketahui Publik

Abdul Malik17 November 2020
Tags:
Tujuh Fakta Menarik Warren Buffett yang Jarang Diketahui Publik
Ilustrasi foto Warren Buffett (shutterstock)

Sebelum sukses seperti sekarang, Buffett pernah diramalkan gagal oleh mertuanya

Bareksa.com - Segala hal tentang legenda hidup investor, Warren Buffett memang menarik untuk dibahas. Dilansir Kontan (15/11/2020), ada 7 fakta tentang sang dukun dari Omaha yang jarang diketahui publik. Ingin tahu? Berikut ulasannya :

1. Ditolak masuk di Universitas Harvard

Setelah lulus dari University of Nebraska, Warren Buffet mendaftar ke Universitas Harvard. Buffett mendaftar ke Harvard Business School. Sayangnya, Buffett gagal lolos masuk ke Harvard saat sesi wawancara. Setelah gagal masuk ke Harvard, Buffett kemudian mendaftar ke Columbia Business School. Buffett mendaftar setelah tahu dua idolanya, Benjamin Graham dan David Dodd, menjadi profesor di Columbia Business School. Menariknya, Buffett menulis sebuah surat langsung untuk David Dodd.

"Dear Professor Dodd. I thought you guys were dead, but now that I found out that you're alive and teaching at Columbia, I would really like to come," demikian isi surat Buffett.

Promo Terbaru di Bareksa

2. Beli saham pertama saat usia masih sangat muda

Buffett membeli saham pertamanya saat masih berusia 11 tahun. Tahun 1942, Buffett membeli saham Cities Service seharga US$38. ​Di usia 16 tahun, Buffett mendapatkan total kekayaan US$53.000. Kekayaannya ini didapat dari beragam kerja sampingan, salah satunya menjadi pengantar koran.

3. Diramal gagal oleh mertua

Sebelum sukses seperti sekarang, Buffett pernah diramalkan gagal oleh mertuanya. Sang mertua menyampaikan kegelisahannya saat Buffett melamar istrinya pada 1951. Namun, ramalan tersebut akhirnya sama sekali tidak terbukti. Sekarang, Buffett berhasil menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

4. Makan makanan manis adalah rahasia awet muda

Sang peramal dari Omaha itu dikenal sangat gemar makan makanan manis. Kegemaran ini dianggap sebagai rahasia awet muda Buffett. Banyak orang menganggap selera makan Buffett seperti anak umur 6 tahun. Dia sanggup menghabiskan banyak Coca-Cola dan gemar menyantap es krim.

Menu sarapan di McDonalds juga menjadi kegemaran Buffett. Pria dengan kekayaan US$86 miliar di 2020 menurut Forbes ini, melakukan kebiasaan ini setelah mengetahui angka kematian usia 6 tahun rendah. Karena itu, Buffett memutuskan untuk makan layaknya anak usia 6 tahun.

5. Gemar bermain ukulele

Keahlian bermain ukulele didapatkan bos Berkshire Hathaway ini saat berusia 18 tahun. Saat itu Buffett remaja menyukai seorang gadis. Untuk menarik perhatian pujaan hatinya, dia kemudian belajar bermain ukulele. Buffett beberapa kali menunjukkan keahliannya bermain ukulele. Suami dari mendiang Susan Thompson Buffett (1952-2004), yang kemudian menikah dengan Astrid Menks pada 2006 ini, terkadang bermain alat musik ini di sesi wawancara atau meeting.

6. Menghabiskan banyak waktu dengan membaca buku

Warren Buffet menghabiskan 80 persen waktunya untuk membaca setiap harinya. Bagi Buffett membaca setidaknya 500 lembar per hari menjadi kunci kesuksesannya.

7. Menghabiskan kekayaannya untuk donasi

Fakta menarik Buffett selanjutnya adalah kegemaran berdonasi. Sebagai salah satu miliarder dunia, kekayaan Buffett tidak dihabiskan untuk berfoya-foya. Buffett justru lebih suka menghabiskan uangnya untuk donasi. Setiap tahunnya Buffett menyumbang triliunan rupiah ke berbagai badan amal. Buffett juga tidak berniat memberikan banyak warisan ke anak-anaknya. Menurut Buffett, memberikan banyak warisan tidak membuat anak menjadi mandiri. Dia memberikan warisan yang "cukup" pada anak-anaknya.

***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini adalah kinerja masa lalu dan tidak menjamin kinerja di masa mendatang. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.312,97

Up0,14%
Up3,53%
Up0,02%
Up5,80%
Up18,28%
-

Capital Fixed Income Fund

1.766,1

Up0,58%
Up3,41%
Up0,02%
Up7,30%
Up17,22%
Up43,04%

STAR Stable Income Fund

1.917,09

Up0,55%
Up2,93%
Up0,02%
Up6,32%
Up30,69%
Up60,37%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.752,73

Down- 0,48%
Up3,74%
Up0,01%
Up4,37%
Up18,74%
Up47,23%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.035,26

Down- 0,27%
Up1,73%
Up0,01%
Up2,63%
Down- 2,19%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua