BeritaArrow iconKategoriArrow iconArtikel

Mau Investasi Reksadana Saham, Tapi Apakah Karaktermu Cocok?

20 Desember 2018
Tags:
Mau Investasi Reksadana Saham, Tapi Apakah Karaktermu Cocok?
Ilustrasi investor pria berkacamata berjenggot memakai topi sedang menunjuk kepala bingung berpikir bertanya tentang keuntungan investasi reksadana, saham, obligasi, surat utang

Reksadana saham merupakan reksadana yang memiliki risiko dan return paling tinggi

Bareksa.com - Dalam kehidupan material ini, sebagian dari kita ingin mengumpulkan uang banyak tapi hanya bermodalkan menabung di bank. Cara ini kurang efektif karena imbal hasil dari bunga bank sangatlah kecil. Selain itu, ada potongan pajak dan biaya administrasi yang menggerus tabungan pokok kita.

Untuk itu, kita perlu berinvestasi atau menanamkan modal dengan maksud uang pokok kita bisa bertumbuh. Reksadana bisa dipilih sebagai salah satu produk investasi bagi masyarakat awam seperti kita.

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang ditujukan bagi investor yang tidak mempunyai keahlian dalam bidang investasi, tetapi mempunyai keinginan untuk mengalami pertumbuhan uang melalui investasi.

Promo Terbaru di Bareksa

Secara sederhana, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Jika kita berinvestasi di reksadana, berarti kita menitipkan uang pada pihak yang sudah mengerti cara mengelolanya agar uang kita berkembang.

Reksadana sendiri jenisnya beragam, mulai dari jenis reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran hingga reksadana saham. Tiap-tiap jenis reksadana ini memiliki karakteristik masing-masing sesuai isi portofolionya sehingga kita harus memiliki strategi agar mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi reksadana ini.

Reksadana Saham

Reksadana saham merupakan reksadana yang memiliki risiko dan potensi imbal hasil (return) paling tinggi karena minimal 80 persen dari portofolio reksadana ini dialokasikan ke saham.

Return yang dihasilkan dari investasi saham jauh lebih tinggi dibanding investasi lainnya karena fluktuasi dari harga saham di bursa. Harga saham dapat bergerak sangat tinggi sehingga return yang dihasilkan sangat tinggi. Namun harga saham juga bisa turun sangat dalam dalam waktu singkat.

Investasi pada reksadana saham disarankan hanya untuk investor agresif, yakni investor yang dapat menerima risiko tinggi, terutama risiko fluktuasi NAB (nilai aset bersih) per unit reksadana saham. Investasi reksadana saham bisa sangat menguntungkan apabila dilakukan dalam jangka panjang (di atas lima tahun).

Investor agresif sering juga disebut dengan investor dengan profil risiko tinggi. Apa maksudnya?

Pemilik profil risiko agresif sangat siap untung dan juga siap rugi (risk taker). Orang dengan profil risiko agresif siap kehilangan sebagian besar bahkan seluruh dana investasinya demi imbal hasil yang besar.

Pemilik profil risiko agresif ini siap untuk berinvestasi di seluruh instrumen keuangan seperti reksadana saham dan juga termasuk trading saham, valuta asing (forex), indeks dan komoditas. Tipe ini juga biasanya memiliki keberanian untuk terjun langsung ke dunia bisnis dan properti.

Nah kalau kita merasa memiliki karakter yang ini, tentu reksadana saham bisa dipilih sebagai instrumen investasi kita. (Baca juga Mau Investasi Tapi Masih Bingung? Ini Tips Memilih Produk Reksadana)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.331,09

Up0,86%
Up4,09%
Up0,04%
Up5,01%
Up18,33%
-

Capital Fixed Income Fund

1.782,74

Up0,56%
Up3,37%
Up0,03%
Up6,88%
Up16,40%
Up43,31%

STAR Stable Income Fund

1.933,42

Up0,53%
Up3,01%
Up0,03%
Up6,01%
Up28,62%
Up59,38%

I-Hajj Syariah Fund

4.842,85

Up0,57%
Up3,14%
Up0,03%
Up6,13%
Up21,92%
Up40,58%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.143,46

Up0,39%
Up2,79%
Up0,03%
Up4,97%
Up14,35%
-
Tags:

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua