BeritaArrow iconBelajar InvestasiArrow iconArtikel

Menyiapkan Biaya Pernikahan dengan Berinvestasi di Reksadana, Begini Caranya

Bareksa25 September 2018
Tags:
Menyiapkan Biaya Pernikahan dengan Berinvestasi di Reksadana, Begini Caranya
Pesta pernikahan penyanyi Raisa Andriana dan aktor Hamish Daud Wyllie, di grand ballroom Ayana Midplaza Jakarta, Ahad, 3 September 2017. (Sumber : www.bridestory.com)

Persiapkanlah jauh-jauh hari biaya pernikahan Anda melalui investasi di reksadana

Bareksa.com - Pernikahan menjadi sebuah impian yang diinginkan oleh semua orang, khususnya bagi kaum perempuan yang mendambakan suatu pesta pernikahan yang sesuai dengan keinginannya.

Sebab menikah merupakan suatu proses yang sakral, sehingga banyak pasangan calon pengantin yang berpikir matang-matang mengenai konsep pernikahan mereka kelak.

Beberapa pasangan memilih untuk mengatur sendiri segala detail acara pernikahan mereka. Tentu dengan konsekuensi harus rela mengorbakan waktu, biaya, hingga tenaga ekstra untuk mengurus keperluan gedung, katering, perias, dan sebagainya.

Promo Terbaru di Bareksa

Namun ada pula pasangan yang tidak mau ambil pusing dan mempercayakan prosesi pernikahan mereka kepada orang-orang yang berpengalaman seperti wedding organizer (WO).

Penyedia jasa WO saat ini sudah cukup banyak sehingga memudahkan Anda untuk menentukan mana yang cocok. Layanan yang diberikan oleh WO ini antara lain telah mencakup dekorasi panggung, tim pelaksana acara, MC, rias pengantin, katering, baju pengantin, undangan, souvenir, dokumentasi, hingga gedung.

Pada salah satu WO di Jakarta yaitu Salimah Wedding Syar’i, harga sebuah paket pernikahan aula + catering untuk 800 tamu dapat mencapai sekitar Rp53 juta. Tentu bukan biaya yang sedikit jika Anda tidak mempersiapkannya jauh-jauh hari.

Karena itu, Anda harus berkomitmen pada diri Anda sendiri untuk dapat menyisihkan sebagian dari penghasilan anda untuk ditabung. Adakah solusi yang tepat untuk membantu anda dalam mempercepat pertumbuhan uang?

Investasi menjadi solusi yang tepat dalam membantu Anda mengumpulkan biaya pernikahan, karena dengan berinvestasi kita bisa mendapatkan pertumbuhan dana yang lebih cepat ketimbang hanya menabung di bank.

Illustration
Sumber : Bareksa

Katakan Anda mampu untuk menyisihkan paling tidak Rp1,1 juta per bulan secara konsisten selama kurun waktu 3 tahun untuk diinvestasikan ke dalam reksadana campuran Sucorinvest Flexi Fund yang dikelola oleh PT Sucorinvest Asset Management.

Maka hasilnya akan tampak seperti tabel berikut :

Illustration
Sumber : Bareksa

Berdasarkan tabel tersebut dapat dilihat bahwa uang pokok yang berhasil Anda kumpulkan selama 3 tahun sebesar Rp40,7 juta.

Kemudian ditambah dengan kenaikan atau imbal hasil atas investasi Anda sekitar Rp15,07 juta atau uang Anda telah tumbuh 37,03 persen. Maka total uang yang berhasil Anda dapatkan dapat mencapai Rp55,77 juta.

Dengan demikian, biaya pernikahan yang sebesar Rp53 juta sudah tercukupi. Bahkan masih ada surplus sekitar Rp2 juta dari hasil investasi di reksadana yang Anda lakukan selama 3 tahun tersebut. Menarik bukan?

Mungkin memang akan terasa cukup berat harus menyisihkan Rp1,1 juta per bulan, namun jika Anda memang bersungguh-sungguh untuk menikah dan memiliki konsistensi yang tinggi, hal tersebut akan terasa mudah untuk dijalani.

Karena apabila melihat hasil yang ditawarkan tentu akan sangat membantu Anda untuk menutupi biaya pernikahan Anda. Jadi, persiapkanlah jauh-jauh hari biaya pernikahan Anda melalui investasi di reksadana campuran.

Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang ditujukan bagi calon investor yang tidak mempunyai keahlian dalam bidang investasi, tetapi mempunyai keinginan untuk mengalami pertumbuhan uang melalui investasi.

Secara sederhana, reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Jika Anda berinvestasi di reksadana, berarti Anda menitipkan uang pada pihak yang sudah mengerti cara mengelolanya agar uang Anda berkembang.

Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito.

Reksadana juga diartikan sebagai salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.

Simak ulasan tips untuk memaksimalkan keuntungan berinvestasi di reksadana : Tips Menabung di Reksadana Agar Tujuan Investasi Dapat Tercapai

(AM)

***

Ingin berinvestasi di reksadana?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik Bareksa Fund Academy. GRATIS

DISCLAIMER

Semua data return dan kinerja investasi yang tertera di dalam artikel ini tidak dapat digunakan sebagai jaminan dasar perhitungan untuk membeli atau menjual suatu efek. Data-data tersebut merupakan catatan kinerja berdasarkan data historis dan bukan merupakan jaminan atas kinerja suatu efek di masa mendatang. Investasi melalui reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.316,44

Up0,14%
Up3,25%
Up0,02%
Up5,57%
Up18,23%
-

Capital Fixed Income Fund

1.770,24

Up0,56%
Up3,37%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,20%
Up44,34%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.749,14

Down- 0,90%
Up3,16%
Up0,01%
Up3,87%
Up18,25%
Up46,69%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.037,94

Down- 0,06%
Up1,99%
Up0,02%
Up2,93%
Down- 2,23%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.035,17

Up0,49%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua