BeritaArrow iconBareksaArrow iconArtikel

Permudah Akses Keuangan Digital, UOB AM - Bareksa Kerja Sama Pasarkan 2 Reksadana

Abdul Malik23 Juli 2021
Tags:
Permudah Akses Keuangan Digital, UOB AM - Bareksa Kerja Sama Pasarkan 2 Reksadana
Virtual signing ceremony UOB AM Indonesia bekerja sama dengan Bareksa dan Bareksa Prioritasdalam memasarkan produk reksadana UOB AM Indonesia. (Dok. UOB AM)

Produk yang ditawarkan ialah UOBAM Pasar Uang Indonesia (UPINDO) dan UOBAM Indeks Bisnis-27 (UOBAM IB-27)

Bareksa.com - PT UOB Asset Management Indonesia (UOB AM Indonesia), anak perusahaan UOB Asset Management Ltd, menjalin kemitraan dengan PT Bareksa Portal Investasi (Bareksa). Kemitraan ini merupakan yang pertama kali bagi kedua perusahaan yang bertujuan untuk mempermudah akses terhadap pengelolaan aset keuangan secara digital.

Wujud kerja sama itu berupa penawaran produk reksadana UOB AM Indonesia kepada seluruh nasabah Bareksatermasuk nasabah Bareksa Prioritas, yang merupakan HNWI (high net worth individual) dengan aset keuangan minimal US$140 ribu atau Rp2 miliar.

Produk UOB AM Indonesia yang ditawarkan melalui Bareksa ialah UOBAM Pasar Uang Indonesia (UPINDO) yakni reksadana pasar uang, dan UOBAM Indeks Bisnis-27 (UOBAM IB-27) yang merupakan reksadana indeks ekuitas.

Promo Terbaru di Bareksa

Alvin Jufitrick, Direktur sekaligus Chief Marketing Officer UOB AM Indonesia mengatakan pihaknya menyambut baik kerja sama dengan Bareksa. Ia mengatakan UOB AM Indonesia memiliki keahlian mendalam di bidang pengelolaan investasi dan didukung oleh jaringan dan pengalaman grup yang kuat di wilayah Asia. Di sisi lain Bareksa menawarkan salah satu pilihan reksadana terlengkap di antara pasar digital di Indonesia.

"Dengan kolaborasi ini, kami akan membantu untuk mengelola investasi investor secara lebih efektif dalam mencapai tujuan keuangan mereka," kata Alvin dalam keterangan tertulis, Jumat (23/7/2021).

Chief Research and Business Development Officer Bareksa, Ni Putu Kurniasari mengatakan Bareksa menyambut baik adanya kerja sama dengan UOB AM Indonesia. Dia menjelaskan perkembangan industri reksadana di Indonesia terus mencatat pertumbuhan positif. Di sisi lain, kondisi makro Indonesia cukup mendukung untuk reksadana bertumbuh. Terlebih lagi, saat ini sudah berkembang industri reksadanaonline yang membuat masyarakat semakin menyadari pentingnya investasi reksadana.

"Melalui kerja sama ini, Bareksa akan lebih memperkaya portofolio produk di dalam menyediakan layanan yang diperuntukkan bagi nasabah ritel dan high segment, melengkapi laporan riset, fitur teknologi Bareksa untuk Bareksa Prioritas, hingga customer loyalty program yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Kami berharap sejalan dengan kondisi ekonomi yang mulai mengalami perbaikan, kolaborasi ini akan turut mendorong kelolaan investasi nasabah Bareksa secara umum," ujar Ni Putu.

UPINDO dan UOBAM IB-27

UOBAM Pasar Uang Indonesia (UPINDO), merupakan reksadana pasar uang yang menempatkan investasinya pada instrumen deposito perbankan dan obligasi dengan sisa jatuh tempo tidak lebih dari satu tahun. Tujuannya memberikan imbal hasil yang stabil bagi investor.

Instrumen investasi dalam UPINDO memiliki profil risiko yang lebih rendah dibandingkan dengan kelas aset lainnya, sehingga dapat memberikan likuiditas yang lebih baik bagi investor.

Sementara UOBAM Indeks Bisnis-27 (UOBAM IB-27) adalah satu-satunya reksadana indeks yang mereplikasikan konstituen Indeks BISNIS-27, indeks ini terdiri dari 27 saham yang telah melalui proses seleksi komprehensif oleh komite investasinya, dengan memenuhi kriteria fundamental keuangan, teknikal, dan likuiditas yang ketat.

Indeks yang diterbitkan bersama oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Bisnis Indonesia ini mereview konstituen indeks secara berkala pada setiap semester, dan menunjukkan kinerja yang kuat dari tahun ke tahun.

Dalam periode 5 tahun terakhir sampai dengan 16 Juli 2021, indeks bisnis-27 memiliki total return +1,37 persen, lebih tinggi dari Indeks LQ-45 yang minus 3,47 persen, dan IDX 30 negatif 3,86 persen pada periode yang sama.

Hal ini mengindikasikan konsistensi performa Indeks Bisnis-27 lebih baik dibandingkan dengan dengan indeks yang sering digunakan sebagai tolok ukur reksadana saham lainnya.

Alvin menambahkan UOBAM IB-27 sebagai reksadana indeks memiliki keunggulan fitur dalam hal pengawasan dari komite indeks serta pengelolaan dari tim investasi dan research UOB AM Indonesia.

"Selain itu, produk ini juga memiliki transparansi dalam hal alokasi aset sehingga dapat menjadi alternatif solusi yang menarik bagi investor HNWl," kata Alvin.

Sedangkan UPINDO sebagai reksadana pasar uang, lanjut Alvin, menawarkan likuiditas, potensi imbal hasil yang lebih tinggi dari tabungan biasa dan stabil bagi investor.

Diversifikasi Produk

Direktur Bareksa Prioritas, Ricky Rachmatulloh mengatakan kerja sama baik dengan UOBAM Indonesia memberikan diversifikasi produk dari beragam kelas aset bagi investor HNWI di Bareksa Prioritas.

"Reksadana pasar uang UPINDO bisa menjadi pilihan bagi investor yang butuh likuiditas tinggi, sementara reksadana Indeks UOBAM IB-27 dapat menjadi alternatif investor agresif untuk jangka panjang," kata Ricky.

Ricky mengatakan pilihan produk baru dengan kelas aset berbeda ini bisa menjadi peluang diversifikasi bagi Investor HNWI untuk memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi dan meraih potensi imbal hasil yang maksimal dalam jangka panjang.

(Martina Priyanti/AM)

​***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​
Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,21

Down- 0,04%
Up3,59%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,25%
-

Capital Fixed Income Fund

1.767,05

Up0,56%
Up3,40%
Up0,02%
Up6,86%
Up17,17%
Up43,56%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.748,46

Down- 0,79%
Up3,43%
Up0,01%
Up3,97%
Up18,39%
Up46,82%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.033,61

Down- 0,45%
Up1,56%
Up0,01%
Up2,14%
Down- 2,42%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.033,61

Up0,53%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua