Waspada Penipuan Catut Nama Bareksa, Pastikan Transaksi di Platform dan Aplikasi Resmi

Berbagai grup dan akun media palsu menyalahgunakan nama dan logo Bareksa
Hanum Kusuma Dewi • 05 Mar 2021
cover

Boy William sebagai Brand Ambassador Bareksa, dengan aplikasi Bareksa

Bareksa.com - Bareksa adalah marketplace finansial dan investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang telah mendapat lisensi resmi sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan sejak 2016. Marketplace Bareksa menjual produk reksa dana terlengkap dari manajer investasi yang terpercaya di Indonesia dan menguasai pangsa pasar jumlah investor reksa dana di Indonesia.​​

Lisensi APERD Bareksa dari OJK dapat dilihat di situs resmi OJK di bagian Pusat Informasi Industri Pengelolaan Investasi. Bareksa telah mendapatkan SK dengan nomor KEP-6/D.04/2016. Portal Bareksa (www.bareksa.com) juga sudah terdaftar sebagai portal transaksi online di OJK. 

Selain menjual produk reksa dana, Bareksa juga merupakan salah satu mitra distribusi yang dipercaya oleh Kementerian Keuangan RI untuk menjual Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online, seperti Obligasi Negara Ritel (ORI), Sukuk Ritel (SR), Savings Bond Ritel (SBR) dan Sukuk Tabungan (ST). 

Dengan reputasi dan lisensi yang telah diterima oleh Bareksa ini, wajar bila Bareksa menjadi platform pilihan investasi bagi masyarakat. Akan tetapi, ada oknum yang menyalahgunakan dan mengatasnamakan Bareksa untuk kepentingan sendiri, bahkan melakukan penipuan. 

Contohnya, ada berbagai Grup di Telegram yang mencatut nama Bareksa untuk penggalangan dana yang menjanjikan keuntungan pasti. Padahal Channel Telegram Bareksa hanya bisa diakses untuk pengguna yang mendaftar melalui aplikasi Bareksa (private/invitation only). Selain itu, banyak akun palsu di media sosial (fake account) yang menyalahgunakan nama dan logo Bareksa untuk menjebak masyarakat calon investor. 

Menindaklanjuti penyalahgunaan nama ini, Bareksa juga telah melaporkan oknum dan akun-akun palsu tersebut ke pihak berwajib, yaitu Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan, agar mengantisipasi kerugian yang mungkin terjadi pada masyarakat. 

Sebagai smart investor, kita juga harus waspada jangan sampai terjebak penipuan yang mengatasnamakan Bareksa. Pastikan semua transaksi hanya menggunakan platform resmi Bareksa dan aplikasi Bareksa di AppStore dan Play Store. 

Dapatkan juga update informasi resmi hanya dari media sosial Bareksa yang sudah terverifikasi (centang biru). Berikut daftarnya. 

Daftar Sosial Media Resmi Bareksa

Jadi, jangan pernah bertransaksi di luar platform resmi Bareksa dan dapatkan update informasi resmi hanya di akun media sosial Bareksa yang sudah terverifikasi.


***

Ingin berinvestasi aman di reksadana yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Pilih reksadana, klik tautan ini
- Belajar reksadana, klik untuk gabung di Komunitas Bareksa. GRATIS