BeritaArrow iconUmrohArrow iconArtikel

Tips Siapkan Tabungan Umroh yang Aman, Cuan dan Sesuai Syariah di Bulan Ramadan

Abdul Malik28 Maret 2023
Tags:
Tips Siapkan Tabungan Umroh yang Aman, Cuan dan Sesuai Syariah di Bulan Ramadan
Ilustrasi sepasang suami istri yang bersiap berangkat umroh dari hasil menabung di reksadana syariah di BareksaUmroh. (Shutterstock)

Paket tabungan umroh dalam Bareksa Umroh tidak bersifat mengikat dengan pemilihan paket setelah tabungan terkumpul

Bareksa.com - Menjalankan Ibadah Umroh di Bulan Suci Ramadan tentu menjadi impian umat Islam. Sebab besarnya antusiasme jemaah menjalankan umroh di bulan Ramadan, membuat Kerajaan Arab Saudi menerbitkan kebijakan soal umroh hanya boleh sekali per jemaah selama Ramadan tahun ini.

Ketua Umum Sekretariat Sarikat Penyelenggara Umroh Haji Indonesia (SAPUHI), Syam Resfiadi seperti dilansir Ihram Republika menyatakan kebijakan itu untuk menghindari kepadatan jemaah umroh yang berlebihan.

"Aturan itu dibuat agar tidak terlalu padat jemaah umroh yang tawaf selama Ramadhan. Kebijakan ini sudah diberlakukan, untuk mengurangi kepadatan berlebih," ujarnya dilansir Republika, Senin (27/3/2023).

Ramadan dinilai sebagai musim puncak dari kedatangan umat Muslim dari seluruh dunia ke Dua Masjid Suci untuk menunaikan umroh. Kerajaan Arab Saudi bahkan menargetkan jumlah jemaah umroh sejak awal musim Juli 2022 lalu akan mencapai sembilan juta orang hingga akhir Ramadan.

Promo Terbaru di Bareksa

Siapkan Tabungan Umroh Sekarang, Klik di Sini

Cara Siapkan Tabungan Umroh

Untuk Kamu yang berniat menjalankan ibadah umroh tapi belum memiliki modal untuk berangkat, Bareksa menawarkan solusi menabung reksadana syariah untuk mengumpulkan biaya perjalanan umroh melalui fitur Bareksa Umroh.

Untuk bisa beribadah ke Tanah Suci, perlu menyiapkan modalnya. Cara agar Tabungan Umroh bisa optimal, kamu bisa menabung di reksadana syariah menggunakan fitur Bareksa Umroh yang tersedia di super app investasi Bareksa.

Tabungan umroh di Bareksa Umroh menggunakan reksadana syariah yang halal dan sifatnya fleksibel dengan rencana Tabungan.

Supaya Kamu bisa mengumpulkan biaya umroh sebesar itu, maka Kamu bisa menabung bertahap mulai dari 6 bulan hingga 3 tahun. Jangka waktu ini tidak mengikat dan sangat fleksibel bisa diatur atau dicairkan sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Dengan fitur Bareksa Umroh di super app investasi Bareksa, Kamu bisa dengan mudah memantau dan menambah jumlah Tabungan Umroh dari mana saja dan kapan saja. Bareksa bekerja sama dengan mitra penyelenggara perjalanan umroh resmi seperti Khalifah Tour dan Dream Tour.

Mitra penyelenggara umroh telah memiliki izin penyelenggaraan umroh dari pemerintah. Khalifah Tour memiliki izin umroh nomor U.509 tahun 2021 dan Dream Tour memiliki izin umroh nomor 300 tahun 2017.

Sementara itu, menabung untuk biaya umroh di Bareksa aman karena dana jemaah tidak disimpan oleh rekening perorangan, rekening travel agent atau bahkan rekening perusahaan Bareksa. Namun, Tabungan Umroh kamu ada di reksadana syariah yang tersimpan aman di bank kustodian dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga, dana kamu tidak bisa dibawa kabur pihak yang tidak bertanggung jawab.

Siapkan Tabungan Umroh Sekarang, Klik di Sini

Simulasi Tabungan Umroh dengan Reksadana

Ada 5 produk reksadana pasar uang syariah di Bareksa Umroh yang bisa kamu pilih. Yakni Syailendra Sharia Money Market Fund, Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra, Sucorinvest Sharia Money Market Fund, Trimegah Kas Syariah, dan Bahana Likuid Syariah Kelas G.

Kinerja reksadana ini cukup menarik dibandingkan dengan tabungan biasa di bank. Setahun terakhir (per 28/3/2023), reksadana pasar uang syariah tersebut berhasil mencatatkan imbal hasil hingga 3,95%.

Perlu juga diketahui, bahwa imbal hasil reksadana pasar uang syariah di Bareksa Umroh tidak terkena pajak, karena bukan merupakan objek pajak. Selain itu, besaran imbal hasil tersebut juga jauh lebih menarik dari deposito syariah atau tabungan perbankan biasa.

Illustration

Sumber : Bareksa

Investasi Emas Sekarang, Klik di Sini

​​Ketika membuka fitur Umroh di super app Bareksa, Kamu bisa membuat simulasi mulai dari jumlah jemaah, target waktu pencapaian, dan target paket umroh yang ingin dibeli. Sesuai detail yang dipilih, akan muncul estimasi biaya, dengan asumsi kenaikan harga 3% per tahun. Dari simulasi itu, ada hitungan perkiraan nabung/dana yang perlu disiapkan per bulan.

Untuk gambaran, misalnya kamu ingin menyiapkan biaya umroh untuk dua orang dan target mengumpulkan semua biaya umroh pada Maret 2024. Perkiraan biaya umroh yang ingin dicapai adalah Umroh Series Makkah 9 Hari dari Khalifah Tour dengan harga paket umroh Rp28,9 juta per orang, atau total biaya umroh dua orang Rp57,8 juta.

Dengan asumsi kenaikan harga sekitar 3% per tahun, estimasi biaya umroh untuk 2 orang pada Maret 2024 mencapai Rp59,55 juta. Maka, dengan target tersebut, kamu perlu menabung rutin sekitar Rp4.795.730 per bulan atau setara Rp160 ribuan per hari selama 12 bulan.

Ayo menabung umroh di reksadana syariah di Bareksa Umroh dan wujudkan niat ke Tanah Suci!

Siapkan Tabungan Umroh Sekarang, Klik di Sini


(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi reksadana syariah yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Buat tabungan umroh, klik tautan ini
- Download aplikasi reksadana Bareksa di App Store​
- Download aplikasi reksadana Bareksa di Google Playstore
- Belajar reksadana, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER

Kinerja masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa mendatang. Investasi reksadana mengandung risiko. Investor wajib membaca dan memahami prospektus dan fund fact sheet dalam berinvestasi reksadana.

Tabungan umroh di Bareksa tidak mengikat pada pembelian paket dan keberangkatan umroh.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.311,79

Up0,68%
Up3,10%
Up0,02%
Up6,29%
Up20,00%
-

Capital Fixed Income Fund

1.757,84

Up0,53%
Up3,44%
Up0,02%
Up7,40%
Up18,25%
Up43,13%

STAR Stable Income Fund

1.908,88

Up0,50%
Up2,87%
Up0,01%
Up6,27%
Up31,65%
Up59,98%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.762,89

Up0,50%
Up2,81%
Up0,01%
Up5,44%
Up20,06%
Up48,78%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.038,34

Up0,52%
Up2,03%
Up0,02%
Up2,02%
Down- 2,73%
-

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua