BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Bareksa Pasarkan SR020 di Dhawa Festival

Martina Priyanti07 Maret 2024
Tags:
Bareksa Pasarkan SR020 di Dhawa Festival
Ilustrasi booth Bareksa di Dhawa Festival atau Dhawafest. (Bareksa)

Bareksa meraih penghargaan sebagai mitra distribusi SBN Ritel terbaik sejak 2018, atau dalam 5 tahun beruntun

Bareksa.com - Super APP Investasi Bareksa yang menjadi salah satu mitra distribusi Surat Berharga Negara (SBN Ritel) jenis Sukuk Ritel seri SR020, mengikuti pameran Dhawa Festival (Dhawafest) Pesona 2024 yang acaranya dibuka oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Pada kesempatan ini, Bareksa membuka booth yang sekaligus menjadi sarana Bareksa dalam memasarkan Sukuk Ritel SR020 kepada pengunjung Dhawafest.

Dhawafest 2024 berlangsung pada 5-7 Maret di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, dengan tema 'UMKM Maju, Ekonomi Semakin Tangguh'. Diselenggarakan rutin setiap tahun, Dhawafest Pesona merupakan salah satu wujud kepedulian Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Keuangan, dalam mendukung program pemerintah membangkitkan kembali para pelaku usaha khususnya UMKM, serta bersinergi untuk kemajuan UMKM semakin berkualitas. "Ini menunjukkan sebuah konsistensi dan juga ketekunan dari seluruh pengurus dan para anggota Dharmawanita, juga menunjukkan komitmen untuk membagi kesempatan dan kebahagiaan dengan berbagai pihak," ungkap Menteri Keuangan dalam sambutannya.

Sri Mulyani mengatakan bahwa kegiatan Dhawafest Pesona 2024 ini juga merupakan ajang yang ditunggu-tunggu oleh banyak UMKM untuk meningkatkan penjualannya terutama menjelang datangnya bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri.

“Dhawafest Pesona 2024 ini tidak hanya memberikan hiburan bagi para pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan, tapi juga menjadi suatu kesempatan yang berharga bagi para UMKM di dalam membantu melakukan penjualan dan tentu saya berharap akan mendapatkan omset yang meningkat. Juga yang sangat penting produk-produk yang ditampilkan adalah produk lokal, sehingga juga akan memberikan dampak terhadap perekonomian kita,” ungkapnya.

Menteri Sri Mulyani menyampaikan apresiasinya kepada seluruh komponen yang turut memeriahkan serta mendukung keberhasilan berlangsungnya Dhawafest Pesona 2024. Menkeu berharap, hal ini dapat memberikan dampak yang positif bagi seluruh jajaran di Kementerian Keuangan, UMKM, dan stakeholder.

"Semoga Dhawafest Pesona 2024 memberikan kebaikan kepada seluruh, baik para peserta yang memberikan banyak sekali display yang sangat luar biasa dan terutama kepada mereka yang akan membeli dan membuat produk-produk UMKM bisa makin meningkat. Terima kasih juga kepada ibu-ibu Dharmawanita yang selalu bagus dalam menjaga Dharmawanita, menjaga Kementerian Keuangan dan keluarga, sehingga kita selalu bisa bekerja dengan penuh dan optimal untuk menjaga keuangan negara," papar Sri Mulyani.

Pasarkan Produk Pasar Modal hingga SR020

Sementara itu kepada pengunjung Dhawafest, Bareksa memberikan penjelasan mengenai kemudahan berinvestasi dalam beragam produk pasar modal seperti saham dan reksadana, emas fisik digital hingga SBN Ritel dalam satu aplikasi yakni Super APP Bareksa. Lebih khusus mengenai SBN Ritel, Bareksa menjelaskan bahwa saat ini sedang berlangsung masa penawaran SBN Ritel seri SR020.

Kepada pengunjung Dhawafest dijelaskan bahwa penawaran SR020 di pasar perdana yang hanya bisa dibeli di mitra distribusi seperti Bareksa, berlangsung sejak Jumat pekan lalu (1/3/2024) per pukul 09.00 WIB, hingga 27 Maret 2024 per pukul 10.00 WIB. Nah, jika Kamu tertarik investasi 100% dijamin negara, dapat kepastian keuntungan tiap bulan dengan terkena pajak lebih rendah, ada baiknya secepatnya membeli SR020. Alasannya, pemerintah dimungkinkan untuk menutup masa penawaran SR020 lebih cepat dari yang dijadwalkan, jika kuota penerbitan SR020 yang kuota awalnya ditetapkan Rp15 triliun, sudah terpenuhi dan pemerintah tidak menambah lagi kuota penerbitannya.

Sementara itu seperti halnya pada penerbitan dua seri Sukuk Negara Ritel atau SR sebelumnya yakni seri SR018 dan SR019, untuk penerbitan SR020 juga diterbitkan dalam dua tenor waktu yakni SR020 tenor 3 tahun atau SR02T3, dan SR020 tenor 5 tahun SR020T5. Terkait adanya dua tenor waktu SR020, Kementerian Keuangan menyebutkan bahwa nilai pembelian maksimal SR020T3 adalah Rp5 miliar (5.000 unit) dan untuk SR020T5 yakni sebesar Rp10 miliar (10.000 unit).

Promo Terbaru di Bareksa

Illustration

Dengan demikian, setiap investor memiliki kuota maksimal pemesanan SR020 hingga senilai Rp15 miliar, untuk gabungan 2 tenor SR020. Sementara untuk minimal SR020, sama seperti seri-seri SBN Ritel yang telah terbit lebih dahulu, yakni Rp1 juta atau 1 unit, baik untuk SR020T3 maupun SR020T5. Dijelaskan juga mengenai keuntungan investasi SR020, antara lain memperoleh imbal hasil (kupon), Kementerian Keuangan menetapkan bahwa kupon (imbal hasil), yakni untuk SR020T3 atau SR020 dengan tenor 3 tahun sebesar 6,3% per tahun, dan Kupon SR020T5 atau SR020 dengan tenor 5 tahun sebesar 6,4% per tahun. Kupon SR020 bersifat fixed rate, atau tetap hingga jatuh tempo.

Kepada pengunjung Dhawafest juga disampaikan bahwa Bareksa adalah mitra distribusi yang telah membantu penawaran SBN Ritel sejak pertama kali ditawarkan secara online pada 2018. Selain itu, Bareksa meraih penghargaan sebagai mitra distribusi terbaik sejak 2018, atau dalam 5 tahun beruntun.

Bareksa meraih penghargaan sebagai Midis SUN Terbaik Tahun 2022 bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa dari Kementerian Keuangan yakni:

- Midis SUN Terbaik 2019
- Midis SUN Terbaik 2020
- Midis SUN Terbaik 2021
- Midis SUN Ritel Terbaik 2022
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Bagaimana, Kamu tertarik dapatkan keuntungan pasti sekaligus membantu pemerintah siapkan modal untuk membiayai proyek infrastruktur nasional? Kamu bisa langsung membeli SR020 di Bareksa.


Investasi SR020 di Sini


(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2022 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel.



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua