BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

SR020 Pilihan Berharga Demi Bangsa, Apa Saja Manfaat Penerbitan Sukuk Negara?

Martina Priyanti29 Februari 2024
Tags:
SR020 Pilihan Berharga Demi Bangsa, Apa Saja Manfaat Penerbitan Sukuk Negara?
Ilustrasi penerbitan SBN Ritel jenis Sukuk Ritel seri SR020. (Kementerian Keuangan)

Tujuan utama penerbitan Sukuk Ritel adalah membiayai APBN yang di dalamnya juga untuk pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia

Bareksa.com - Investor ritel mulai besok, Jumat 1 Maret 2024, sudah bisa membeli Surat Berharga Negara (SBN) Ritel terbaru kedua di tahun ini, yakni Sukuk Ritel (SR) seri SR020. Pembelian SR020 di pasar perdana selama masa penawaran hanya tersedia di mitra distribusi, Bareksa salah satunya.

Illustration

Selain bisa mendapatkan imbal hasil atau kupon yang menarik, apa saja sebenarnya manfaat peneritan Sukuk Negara yang di dalamnya termasuk Sukuk Ritel seri SR020? Kementerian Keuangan menyebutkan bahwa penerbitan Sukuk Ritel SR020 merupakan 'Pilihan Berharga Demi Masa Depan Bangsa.'

Seperti halnya pada penerbitan dua seri Sukuk Negara Ritel atau SR sebelumnya yakni seri SR018 dan SR019, untuk penerbitan SR020 juga diterbitkan dalam dua tenor waktu yakni SR020 tenor 3 tahun atau SR02T3, dan SR020 tenor 5 tahun SR020T5. Terkait adanya dua tenor waktu SR020, Kementerian Keuangan menyebutkan bahwa nilai pembelian maksimal SR020T3 adalah Rp5 miliar (5.000 unit) dan untuk SR020T5 yakni sebesar Rp10 miliar (10.000 unit).

Promo Terbaru di Bareksa

Illustration

Dengan demikian, setiap investor memiliki kuota maksimal pemesanan hingga senilai Rp15 miliar, untuk gabungan 2 tenor SR020. Sementara untuk minimal SR020, sama seperti seri-seri SBN Ritel yang telah terbit lebih dahulu, yakni Rp1 juta atau 1 unit, baik untuk SR020T3 maupun SR020T5.

Siap-siap Investasi SR020 di Sini

Imbal Hasil Menarik

Terkait adanya dua pilihan dalam SR020, Kementerian Keuangan pada Selasa (27/2/2024) malam mengumumkan kupon (imbal hasil), yakni untuk SR020T3 atau SR020 dengan tenor 3 tahun sebesar 6,3% per tahun, dan Kupon SR020T5 atau SR020 dengan tenor 5 tahun sebesar 6,4% per tahun.

Kupon SR020 bersifat fixed rate, atau tetap hingga jatuh tempo. Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel ini istimewa karena menawarkan dua jangka waktu (tenor) berbeda, dengan besaran kupon masing-masing.

Instrumen Investasi

Kupon/bunga

Pajak

Imbalan/bunga bersih

SR020-T3

6,3%

10%

5,67%

SR020-T5

6,4%

10%

5,76%

Bunga deposito

4,25%

20%

3,4%

Sumber: Kementerian Keuangan

Dibandingkan suku bunga acuan Bank Indonesia, yakni BI Rate yang saat ini di level 6%, maka selisih imbal hasil (spread) SR020 tenor 3 tahun dengan bunga acuan BI ialah 30 basis poin atau 0,3%. Adapun spread imbal SR020 tenor 5 tahun dengan bunga acuan BI ialah 40 basis poin atau 0,4%.

Keputusan pemerintah menetapkan SBN Ritel seri kedua 2024, atau SBSN Ritel pertama tahun ini didasarkan pada beberapa pertimbangan, yakni suku bunga acuan Bank Indonesia saat penetapan kupon, imbal hasil obligasi acuan pemerintah yang berlaku di pasar untuk tenor yang sama, serta kondisi pasar global maupun domestik.

Siap-siap Investasi SR020 di Sini

SR020 Pilihan Berharga

Kementerian Keuangan menyebutkan bahwa tema besar Sukuk Ritel SR020 yaitu Pilihan Berharga Demi Masa Depan. Sukuk Negara termasuk Sukuk Ritel di dalamnya, berperan dalam membentuk kemandirian bangsa, tidak bergantung kepada pihak asing, untuk bisa terus menggerakkan roda perekonomian sehingga posisi Indonesia terus bergerak ke arah yang lebih baik, yaitu menjadi negeri yang maju.

Terkait itu, tujuan utama penerbitan Sukuk Ritel adalah untuk membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia.

Setidaknya ada 5 tujuan dari penerbitan Sukuk Ritel :

Pertama, membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
Kedua, memperluas basis investor Surat Berharga Negara di pasar domestik.
Ketiga, mendukung pengembangan pasar keuangan syariah di tanah air.
Keempat, mendukung stabilitas pasar keuangan domestik.
Kelima, menyediakan investasi/diversifilkasi investasi bagi investor ritel individu.​

Siap-siap Investasi SR020 di Sini

Berdasarkan Memorandum Informasi Sukuk Ritel seri sebelumnya yakni SR020, Kementerian Keuangan menyebutkan seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan Sukuk Ritel akan digunakan oleh pemerintah untuk membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Berikut sejumlah proyek yang dibiayai dari penerbitan Sukuk Negara termasuk Sukuk Tabungan :

1. Pembangunan Tol Solo – Ngawi seksi I – Colomadu Karanganyar Jawa Tengah, dibiayai Sukuk Negara TA 2017-2018.
2. Pembangunan Ramp on/off Flyover Amplas Medan, dibiayai Sukuk Negara TA 2016.
3. Pembangunan Jalan Gerung Mataram NTB, dibiayai Sukuk Negara TA 2015.
4. Pusat Konservasi Sanctuary Hiu Paus Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua
5. Pembangunan gedung perkuliahan IAIN Salatiga jawa Tengah, dibiayai Sukuk Negara TA 2015-2016.
6. Pembangunan Jalur Kereta Double Track Selatan Jawa Cirebon-Kroya-Solo-Madiun-Jombang, dibiayai Sukuk Negara TA 2013-2019.
7. Asrama haji Makassar
8. Jembatan Youtefa (Holtekamp) - Papua
9. UIN Sunan Gunung Jati Bandung
10. Jembatan Pulau Balang, Kalimantan Timur
11. Double-Doule Track KA Manggarai -Cikarang
12. Terowongan KA Notog - Banyumas

Oh iya, meski berlabel halal dan dikelola dengan prinsip syariah, Sukuk Ritel bisa dibeli oleh semua WNI tanpa memandang latar belakang agama maupun kepercayaan. Seperti halnya seri-seri SBN Ritel yang telah lebih dahulu terbit, SR020 dapat dibeli selama masa penawaran berlangsung melalui mitra distribusi SBN Ritel yang ditetapkan Kementerian Keuangan, salah satunya Bareksa.

Siap-siap Investasi SR020 di Sini​​

Bareksa Midis SBN Terbaik

Sebagai informasi, Bareksa adalah mitra distribusi yang telah membantu penawaran SBN Ritel sejak pertama kali ditawarkan secara online pada 2018. Selain itu, Bareksa meraih penghargaan sebagai mitra distribusi terbaik sejak 2018, atau dalam 5 tahun beruntun.

Bareksa meraih penghargaan sebagai Midis SUN Terbaik Tahun 2022 bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa dari Kementerian Keuangan yakni:

- Midis SUN Terbaik 2019
- Midis SUN Terbaik 2020
- Midis SUN Terbaik 2021
- Midis SUN Ritel Terbaik 2022
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Bagaimana, Kamu tertarik membantu pemerintah siapkan modal untuk membiayai proyek infrastruktur yang banyak manfaatnya untuk rakyat? Segera bersiap agar ketika masa penawaran SR020 di buka, Kamu bisa langsung membelinya di Bareksa.

Siap Investasi SR020 di Sini

(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2022 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua