BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Kemenkeu Optimistis SBN Ritel ORI024 Bakal Laris Manis, Berapa Imbal Hasilnya?

Abdul Malik21 September 2023
Tags:
Kemenkeu Optimistis SBN Ritel ORI024 Bakal Laris Manis, Berapa Imbal Hasilnya?
Plt Direktur Surat Utang Negara DJPPR Kementerian Keuangan, Deni Ridwan. (dok. Humas DJPPR Kemenkeu)

Kesempatan untuk mendapatkan imbal hasil yang relatif masih tinggi hingga 3-6 tahun ke depan dengan berinvestasi di ORI024

Bareksa.com - Pemerintah berencana membuka masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI024 pada 9 Oktober 2023 atau 18 hari lagi. ORI024 merupakan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel seri keenam, dari tujuh seri yang terbit tahun ini.

Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Deni Ridwan menyatakan pemerintah cukup optimistis ORI024 yang akan ditawarkan dalam 2 tenor yaitu 3 tahun (ORI024T3) dan 6 tahun (ORI024T6), akan mendapat respons positif dari investor.

"Hal ini antara lain terkait dengan yield atau imbal hasil SBN yang relatif tinggi saat, seiring dengan tingginya Fed Fund Rate di US yang mendorong kenaikan imbal hasil obligasi di pasar global," kata Deni kepada Bareksa, Rabu (20/9/2023).

Promo Terbaru di Bareksa

Siap-siap Beli ORI024 di Sini

Deni lanjut menjelaskan para analis memproyeksikan dalam beberapa waktu ke depan, FFR akan turun sehingga yield obligasi akan turun juga. "Sehingga saat ini adalah kesempatan untuk mendapatkan imbal hasil yang relatif masih tinggi hingga 3-6 tahun ke depan dengan berinvestasi di ORI024," ucap Deni.

Selain itu, Deni menyampaikan juga terdapat SBN Ritel seri ORI018, yang akan jatuh tempo. Menurut catatan Bareksa, ORI018 yang terbit pada 1 Oktober 2020 dan laku terjual sebanyak Rp12,97 triliun pada waktu itu, akan jatuh tempo pada 15 Oktober 2023.

"Hal ini (jatuh tempo ORI018) tentunya dapat menambah demand atas ORI024 bagi investor yang melakukan reinvestasi di SBN Ritel," kata Deni.

Siap-siap Beli ORI024 di Sini

Jadwal Penerbitan ORI024-T3 dan ORI024-T6 (tentatif)

No

Kegiatan

Waktu

1

Kick-off meeting

Rabu, 27 September 2023

2

Penetapan kupon

Kamis, 5 Oktober 2023

3

Masa Penawaran

Pembukaan Senin, 9 Oktober 2023 pukul 09.00 WIB
Penutupan Kamis, 2 November 2023 pukul 10.00 WIB

4

Penetapan

Senin, 6 November 2023

5

Setelmen

Rabu, 8 November 2023

Sumber: Kementerian Keuangan

Kementerian Keuangan menyatakan jadwal (tentatif) penerbitan ORI024 pada 9 Oktober 2023 dan masa penawarannya (tentatif) akan berlangsung hingga 2 November 2023. Seperti halnya pada penerbitan ORI023, rencananya ORI024 juga akan terbit dalam 2 tenor atau jangka waktu investasi, yakni tenor 3 tahun atau ORI024T3 dan tenor 6 tahun atau ORI024T6.

Siap-siap Beli ORI024 di Sini

10 Keuntungan Investasi ORI

Apa saja keuntungan yang akan diperoleh investor jika berinvestasi di ORI? Menurut Kementerian Keuangan dalam Memorandum Informasi ORI023 yakni Obligasi Negara Ritel yang terakhir diterbitkan sebelum ORI024, berikut 10 keuntungan berinvestasi di ORI:

Pertama, pembayaran kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang SUN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya
Kedua, pada saat diterbitkan, kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Ketiga, kupon dengan tingkat bunga tetap sampai dengan waktu jatuh tempo
Keempat, kupon dibayar setiap bulan
Kelima, kemudahan akses untuk melakukan transaksi pembelian melalui sistem elektronik
Keenam, dapat diperdagangkan di pasar sekunder melalui mekanisme bursa, transaksi di luar bursa (over the counter), dan/atau melalui sistem electronic trading platform (ETP)
Ketujuh, tersedianya informasi harga yang wajar atau sedang terjadi di pasar sekunder dari mitra distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan mitra distribusi
Kedelapan, berpotensi memperoleh keuntungan bila ORI dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di pasar sekunder
Kesembilan, dapat dijaminkan kepada pihak lain, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangka transaksi efek. Kebijakan peminjaman atau penjaminan ORI mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak
Kesepuluh, memperoleh kesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional

Adapun Obligasi Negara Ritel atau ORI adalah salah satu instrumen Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia melalui mitra distribusi di pasar perdana. ORI berbentuk tanpa warkat (scripless) dan dapat diperdagangkan antar investor domestik dan kupon atau imbal hasil bersifat tetap (fixed) hingga jatuh tempo.

Siap-siap Beli ORI024 di Sini

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel,platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. Penghargaan sebagai Midis Terbaik Surat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupun Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021, bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan :

- Midis SUN Terbaik 2019
- Midis SUN Terbaik 2020
- Midis SUN Terbaik 2021
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020
- Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022.

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi di ORI024? Segera daftar akun SBN di Bareksa sekarang, agar saat masa penawaran dibuka, Kamu bisa langsung melakukan pemesanan ORI024.

Siap-siap Beli ORI024 di Sini

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua