BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Jangan Habiskan THR, Sisakan Untuk Raih Cuan Investasi Sukuk Tabungan ST010

Hanum Kusuma Dewi11 April 2023
Tags:
Jangan Habiskan THR, Sisakan Untuk Raih Cuan Investasi Sukuk Tabungan ST010
Ilustrasi uang lembaran rupiah dalam amplop THR 2023 yang sebagian untuk investasi SBN Ritel. (shutterstock)

ST010 bisa kamu beli selama masa penawaran di mitra distribusi yang salah satunya Bareksa

Bareksa.com - Pemerintah akan kembali menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel seri terbaru yakni Sukuk Tabungan (ST) seri ST010 pada 5-24 Mei 2023. Makanya, ada baiknya bagi Kamu yang menerima uang Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran 2023, menyisihkan sebagiannya untuk investasi Sukuk Tabungan seri ST010 karena setidaknya ada 8 keuntungan yang bisa dikantongi.

Melansir Kompas.com, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan bahwa THR untuk ASN cair mulai 4 April 2023. Sementara itu, THR untuk karyawan swasta paling lambat dibayarkan secara penuh H-7 sebelum hari raya keagamaan atau perusahaan wajib memberikan THR untuk karyawan pada 15 April 2023.

Buat Smart Investor yang sudah mendapatkan THR ada baiknya menyisihkan sebagian uangnya untuk berinvestasi di Sukuk Tabungan ST010, setelah kebutuhan Lebaran terpenuhi. Selain untuk mendapatkan imbal hasil rutin sebagai passive income, ST010 juga bisa jadi investasi aman karena 100% dijamin oleh negara.

Promo Terbaru di Bareksa

ST010 merupakan SBN Ritel seri ketiga di 2023 dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel kedua tahun ini, setelah sebelumnya pemerintah menerbitkan Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR018 pada 3-29 Maret.

​Siap-siap Investasi ST010, Klik di Sini

Jadwal Penerbitan seri SBN Ritel 2023 (Tentatif)

Illustration

Sumber : Kemenkeu

Daftar untuk Beli ST010, Klik di Sini​

​Seperti halnya jenis dan seri SBN Ritel sebelumnya, ST010 merupakan instrumen investasi yang 100% nilai pokok investasi dan imbal hasilnya dijamin oleh negara. Umumnya, Sukuk Tabungan menawarkan imbal hasil lebih menarik dari deposito dan bisa diandalkan sebagai salah satu produk investasi untuk melawan inflasi.

Tapi, meskipun dikelola sesuai prinsip syariah, namun Sukuk Tabungan ST010 bisa dipilih oleh semua investor ritel, tanpa memandang latar belakang agama maupun kepercayaan tertentu.

Lalu keuntungan seperti apa dan berapa banyak yang akan diperoleh jika berinvestasi di ST010?

Keuntungan Investasi ST010

Melansir Memorandum Informasi Sukuk Tabungan seri sebelumnya yakni ST009 yang diterbitkan pemerintah, ada delapan keuntungan yang akan diperoleh investor jika berinvestasi Sukuk Tabungan yakni:

1. Pembayaran Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal Sukuk Tabungan dijamin oleh Negara berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN setiap tahunnya, sehingga Sukuk Tabungan tidak mempunyai risiko gagal bayar.

2. Pada saat diterbitkan, Imbalan/Kupon Sukuk Tabungan ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara.

3. Imbalan/Kupon mengambang dengan jaminan kupon minimal (floor) sampai dengan Tanggal Jatuh Tempo.

4. Imbalan/Kupon Sukuk Tabungan dibayar setiap bulan.

5. Terdapat fasilitas Early Redemption tanpa dikenakan Redemption Cost.

6. Kemudahan akses untuk melakukan Pemesanan Pembelian dan pengajuan Early Redemption melalui Sistem Elektronik.

7. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

8. Memberikan akses kepada investor untuk berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Illustration



Sumber: Kementerian Keuangan

Jadi, investor Sukuk Tabungan tidak hanya mendapatkan cuan dari imbal hasil, tapi juga turut membiayai pembangunan nasional khususnya proyek ramah lingkungan kan. Apakah kamu siap investasi di ST010? Daftar akun SBN Ritel di Bareksa sekarang.

Klik untuk Daftar SBN Ritel

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel, platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. Penghargaan sebagai Midis Terbaik Surat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupun Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021, bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan :

  • Midis SUN Terbaik 2019

  • Midis SUN Terbaik 2020

  • Midis SUN Terbaik 2021

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022.

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi di SBN Ritel di 2023? Segera daftar akun SBN di Bareksa sekarang, agar saat masa penawaran dibuka, kamu tak kehabisan kuota pemesanan.

Daftar untuk Beli SBN Ritel di Sini

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua