BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Sukuk Tabungan ST010 Punya Fasilitas Pencairan Awal Sebagian Sebelum Jatuh Tempo, Ini Maksudnya

Abdul Malik06 April 2023
Tags:
Sukuk Tabungan ST010 Punya Fasilitas Pencairan Awal Sebagian Sebelum Jatuh Tempo, Ini Maksudnya
Ilustrasi perempuan investor yang bahagia karena bisa memanfaatkan fasilitas early redemption dalam berinvestasi di Sukuk Tabungan melalui Bareksa. (Shutterstock)

Segera daftar akun SBN Ritel di Bareksa untuk memesan Sukuk Tabungan ST010 saat masa penawaran dibuka

Bareksa.com - Pemerintah akan kembali menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel seri terbaru. Kali ini berjenis Sukuk Tabungan (ST). Rencananya pemerintah menerbitkan Sukuk Tabungan atau ST seri ST010 pada 5-24 Mei 2023.

ST010 merupakan SBN Ritel seri ketiga di 2023 dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel kedua tahun ini, setelah sebelumnya pemerintah menerbitkan Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR018 pada 3-29 Maret.

ST010 merupakan instrumen investasi syariah yang 100% nilai pokok investasi dan imbal hasilnya dijamin oleh negara. Umumnya SBN Ritel menawarkan imbal hasil lebih menarik dari deposito dan bisa diandalkan sebagai salah satu produk investasi untuk melawan inflasi.

Promo Terbaru di Bareksa

Seperti halnya Sukuk Tabungan seri-seri sebelumnya yakni ST001 hingga ST009, pada seri ST010 juga tersedia fasilitas early redemption atau pencairan awal sebagian sebelum jatuh tempo, karena Sukuk Tabungan memiliki fitur tidak bisa diperdagangkan (non tradable).

Fasilitas early redemption merupakan salah satu fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok nilai investasi dari pemerintah sebelum jatuh tempo. Fasilitas early redemption ini hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta di setiap mitra distribusi, dengan nominal pengajuan minimal 1 juta rupiah dan kelipatannya serta jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk early redemption adalah 50% dari total kepemilikan investor.

Sebagai gambaran, untuk Sukuk Tabungan seri ST009 yang diterbitkan pada 11 November 2022 dengan minimum pembelian Rp1 juta dan maksimum pemesanan Rp2 miliar, pemerintah menetapkan periode early redemption pada 25 Oktober - 3 November 2023.

Kementerian Keuangan menyebutkan, fasilitas early redemption dapat digunakan oleh semua investor sukuk tabungan yang memenuhi persyaratan.

Daftar untuk Beli ST010, Klik di Sini​

Ketentuan Early Redemption

Memorandum Informasi Sukuk Tabungan ST009 menyebutkan pemerintah menyediakan fasilitas early redemption kepada pemilik Sukuk Tabungan seri ST009 dengan ketentuan sebagai berikut :

a. Pemanfaatan fasilitas aarly redemption oleh setiap pemilik Sukuk Tabungan seri ST009 hanya dapat dilakukan pada periode yang telah ditentukan oleh pemerintah, yaitu mulai tanggal 25 Oktober pukul 09.00 WIB dan ditutup pada tanggal 3 November 2023 pukul 10.00 WIB. Setelmen fasilitas early redemption dilaksanakan pada 10 November 2023.

b. Setiap pemilik Sukuk Tabungan seri ST009 hanya dapat mengajukan early redemption melalui sistem elektronik yang ada di mitra distribusi tempat pemilik Sukuk Tabungan seri ST009 melakukan pemesanan pembelian.

c. Setiap Pemilik Sukuk Tabungan seri ST009 yang dapat melakukan early redemption adalah yang memiliki Sukuk Tabungan seri ST009 minimal 2 unit atau senilai Rp2 juta. Pengajuan early redemption dilakukan dengan ketentuan minimal 1 unit atau senilai Rp1 juta kelipatan 1 (satu) unit atau senilai Rp1 juta.

d. Setiap pemilik Sukuk Tabungan seri ST009 dapat memanfaatkan fasilitas early redemption maksimal 50% (lima puluh per seratus) dari setiap pemesanan pembelian yang telah dilakukan.

e. Pada tanggal setelmen early redemption yang dilaksanakan tanggal 10 November 2023, pemilik Sukuk Tabungan seri ST009 akan mendapatkan nilai nominal Sukuk Tabungan seri ST009 sesuai nominal yang diajukan pada saat periode early redemption beserta kupon/imbalan selama 1 (satu) bulan penuh, sesuai ketentuan dan persyaratan yang berlaku. Apabila pembayaran nilai nominal Sukuk Tabungan seri ST009 dan kupon/imbalan tersebut bertepatan dengan hari di mana operasional sistem pembayaran tidak diselenggarakan oleh Bank Indonesia, maka pembayarannya akan dilakukan pada hari kerja berikutnya tanpa kompensasi.

f. Pemanfaatan fasilitas early redemption tidak dikenakan biaya pencairan (redemption cost).

g. Dengan dilakukannya early redemption atas kepemilikan ST009, maka imbalan/kupon yang diterima oleh pemilik Sukuk Tabungan seri ST009 akan terkoreksi sesuai dengan sisa kepemilikan ST009 yang dimilikinya.

Siap-siap Investasi di ST010, Klik di Sini

Prosedur Early Redemption

Memorandum informasi Sukuk Tabungan ST009 menyebutkan prosedur pengajuan pencairan sebelum jatuh ialah sebagai berikut :

a. Pengajuan early redemption dilakukan mulai tanggal 25 Oktober 2023 pukul 09.00 dan ditutup pada tanggal 3 November 2023 pukul 10.00 WIB melalui sistem elektronik
yang ada di mitra distribusi tempat pemilik Sukuk Tabungan seri ST009 melakukan pemesanan dengan menggunakan komputer dan/atau media elektronik lainnya yang terhubung dengan jaringan internet.

b. Investor melakukan pengajuan early redemption dengan memasukkan jumlah nilai ST009 yang akan diajukan early redemption melalui sistem elektronik pada mitra
distribusi.

c. Setiap pengajuan early redemption kemudian akan diteruskan secara real time ke sistem elektronik pada Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

. Sistem elektronik pada Kementerian Keuangan Republik Indonesia akan melakukan validasi atas pengajuan early redemption terhadap kesesuaian atas ketentuan
mengenai early redemption sebagaimana tercantum di dalam ketentuan early redemption.

e. Pembayaran nilai nominal Sukuk Tabungan seri ST009 dan kupon/imbalan kepada investor dilakukan pada tanggal setelmen early redemption yaitu tanggal 10 November 2023. Pembayaran kupon/imbalan ST009 untuk periode 11 Agustus 2023 sampai dengan 10 November 2023 dilakukan secara penuh (full coupon).

Untuk pembayaran kupon/imbalan setelah tanggal 10 November 2023 akan dihitung berdasarkan jumlah kepemilikan awal dikurangi dengan jumlah nominal early
redemption.​

f. Dalam hal sistem elektronik pada mitra distribusi tidak lagi tersedia atau mengalami gangguan yang mengakibatkan pemilik Sukuk Tabungan seri ST009 tidak dapat melakukan pengajuan early redemption, maka pemerintah berwenang mengalihkan pengajuan early redemption kepada mitra distribusi lain atau mengambil kebijakan lain yang akan ditentukan kemudian. Setiap pengajuan Early Redemption bersifat mengikat, tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat ditarik kembali.

Daftar untuk Beli ST010, Klik di Sini​​\

Jadwal Penerbitan seri SBN Ritel 2023 (Tentatif)

Illustration

Sumber : Kementerian Keuangan diolah Bareksa

Tertarik investasi di ST010? Ayo segera daftar akun SBN Ritel di Bareksa agar bisa segera memesan ST010 begitu masa penawarannya dimulai nanti.

Daftar untuk Beli ST010, Klik di Sini​


(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

​​

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua