BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Baby Boomers Hati-hati Loh, Milenial dan Gen Z Semakin Mendominasi Investor SBN Ritel Nih

Abdul Malik12 Januari 2023
Tags:
Baby Boomers Hati-hati Loh, Milenial dan Gen Z Semakin Mendominasi Investor SBN Ritel Nih
Ilustrasi perempuan investor generasi milenial yang menggunakan gadget untuk investasi di reksadana dan SBN Ritel, termasuk SBR, SR, ST, dan ORI. (Shutterstock)

Kepemilikan SBN Ritel oleh generasi milenial, Z dan post Z akan terus bertumbuh, seiring meningkatnya kemapanan dan produktivitas mereka

Bareksa.com - Peran generasi milenial, Z dan post Z di Surat Berharga Negara (SBN) Ritel semakin penting. Sebab seiring potensi meningkatnya kemapanan ekonomi dan produktitas mereka, jumlah investor SBN Ritel dari generasi milenial, Z dan post Z akan terus bertumbuh. Ini karena SBN Ritel kini semakin digandrungi masyarakat, bahkan pada penerbitan 2022 terjadi perebutan kuota pemesanan.

Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Deni Ridwan menyampaikan potensi meluasnya basis investor SBN Ritel di kalangan anak muda, yakni generasi milenial dan Gen Z sangat besar. Terutama karena Indonesia masih memiliki bonus demografi, di mana sebagian besar penduduk berada di usia produktif.

Menurut Deni, sebelumnya pada saat penjualan SBN Ritel masih dilakukan secara offline, generasi Baby Boomers (kelahiran 1946-1964) selalu mendominasi kepemilikan SBN Ritel baik secara nominal maupun jumlah investor, dengan rata-rata mencapai 41,71% dari total jumlah investor.

Promo Terbaru di Bareksa

"Namun sejak 2018, mulai diterapkannya penjualan SBN Ritel melalui online atau e-SBN, generasi milenial mulai mendominasi kepemilikan SBN Ritel dengan rata-rata mencapai 41,21% terhadap total jumlah investor SBN Ritel, sejak 2018 sampai 2022," kata Deni kepada Bareksa, Selasa (10/1/2023).

Sementara itu, kata Deni, peran generasi Z (kelahiran >2000) dalam kepemilikan atas SBN Ritel mulai tumbuh dengan 0,11%, 0,22%, 0,75%, 1,27%, dan 2,03% masing-masing pada 2018, 2019, 2020, 2021 dan 2022. Atau secara rata-rata sejak penerapan SBN Ritel online adalah 0,88%.

"Potensi kepemilikan SBN Ritel oleh generasi milenial, generasi Z maupun post Z masih akan terus tumbuh, seiring dengan semakin mapan dan produktifnya kelompok generasi tersebut," Deni menjelaskan.

Siap-Siap Investasi di SBN Ritel, Daftar Sekarang, Klik di Sini

Terobosan Penjualan SBN Ritel Online

Deni mengatakan salah satu terobosan penting yang dilakukan DJPPR Kemenkeu dalam mendongkrak partisipasi masyarakat, utamanya generasi milenial, Z dan post Z di SBN Ritel ialah dengan meningkatkan kemudahan akses bagi calon investor melalui pembelian online dan menurunkan minimal pembelian menjadi Rp1 juta, yang dimulai pada 2018.

"Sejak saat itu, investor milenial mendominasi dalam pemesanan SBN Ritel dengan tren meningkat," imbuhnya.

Menurut Deni, hal ini mengindikasikan platform penjualan SBN Ritel melalui online memudahkan akses para investor terutama generasi milenial dan generasi Z dalam berinvestasi di SBN Ritel. Generasi milenial yang berusia 20-an sampai 40 tahun, merupakan generasi yang melek teknologi dan perlahan secara finansial sudah mulai mapan dan mencari bentuk investasi yang aman.

"Faktor lain adalah potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan yang cukup baik dengan asumsi 5,3% di 2023. Namun untuk memanfaatkan momentum ini tentu memerlukan edukasi dan sosaialisasi berkelanjutan agar generasi muda bisa meningkatkan investasinya di SBN Ritel," ujar Deni.

Deni mengatakan dengan semakin meningkatnya literasi investasi masyarakat, diharapkan SBN Ritel menjadi instrumen utama bagi masyarakat dalam menempatkan investasinya. "Selain itu, diharapkan pasar keuangan Indonesia akan semakin kuat karena ditopang oleh investor-investor domestik yang sudah mempunyai pemahamaan investasi yang baik," kata Deni.

Apa Itu SBN Ritel dan Jenis-jenisnya?

Illustration

Sumber : Kemenkeu, diolah Bareksa

Mengutip laman DJPPR Kemenkeu, Surat Berharga Negara Ritel (SBN Ritel) adalah instrumen pembiayaan APBN berupa produk investasi yang dapat dibeli oleh Warga Negara Indonesia. SBN Ritel dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu SBN Ritel tradable (bisa diperdagangkan) dan non tradable (tidak bisa diperdagangkan).

SBN Ritel tradable adalah SBN Ritel yang dapat diperjualbelikan di pasar sekunder, produk yang termasuk kelompok tradable ini antara lain Obligasi Negara Negara Ritel (ORI) dan Sukuk Negara Ritel (SR).

Sedangkan untuk kelompok SBN Ritel non tradable yaitu produk yang tidak dapat diperjualbelikan di pasar sekunder, produk yang termasuk kelompok ini adalah Savings Bond Ritel (SBR) dan Sukuk Tabungan (ST).

Selain itu, SBN Ritel juga dapat dibagi berdasarkan pengelolaan produk yakni konvensional dan syariah. Kelompok produk konvensional antara lain ORI dan SBR, sedangkan untuk produk syariah antara lain SR, ST dan Cash Waqf Linked Sukuk (CWLS) Ritel atau Sukuk Wakaf Ritel.

Mau Punya Passive Income Dari SBN Ritel, Klik Di Sini

Perbandingan ORI, SR, SBR dan ST

Illustration

Sumber : Kementerian Keuangan

Kamu juga tertarik berinvestasi di SBN Ritel? Jika iya segera pantengin jadwal penerbitan SBN Ritel di 2023 berikut ini :

Illustration

Sumber: Kementerian Keuangan diolah Bareksa

Pemerintah kembali akan menerbitkan SBN Ritel pada tahun ini hingga 7 seri SBN Ritel di 2023.

1. Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR012

Terdiri dari dua tenor yakni tenor 2 tahun bernama SBR012-T2 atau SBR012T02 dan tenor 4 tahun bernama SBR012-T4 atau SBR012T04. Masa penawaran akan berlangsung pada 19 Januari hingga 9 Februari 2023.

2. Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR018

Masa penawaran pada 3-9 Maret 2023.

3. Sukuk Tabungan (ST) seri ST010

Masa penawaran pada 05 -24 Mei 2023.

4. Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI023

Rencananya ditawarkan dalam 2 seri dengan masa penawaran pada 26 Juni hingga 20 Juli 2023.

5. Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR019

Masa penawaran pada 18 Agustus hingga 13 September 2023.

6. Obligasi Ritel Indonesia (ORI) seri ORI024

Rencananya ditawarkan dalam 2 seri dengan masa penawaran pada 9 Oktober hingga 2 November 2023.

7. Sukuk Tabungan (ST) seri ST011

Masa penawaran pada 3 - 29 November 2023.

Sebagai catatan, jadwal tersebut masih bersifat tentatif atau masih bisa berubah. Jadwal pasti setiap seri akan diumumkan pada kick off meeting dari masing-masing seri SBN Ritel yang akan diterbitkan.

Mau Raih Cuan dari Investasi di SBN Ritel, Klik di Sini

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel, platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. Penghargaan sebagai Midis Terbaik Surat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupun Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021, bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan :

  • Midis SUN Terbaik 2019

  • Midis SUN Terbaik 2020

  • Midis SUN Terbaik 2021

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022.

Tak ingin ketinggalan investasi di SBN Ritel di 2023? Segera daftar akun SBN di Bareksa sekarang, agar saat masa penawaran dibuka, Kamu tak kehabisan kuota pemesanan.

Investasi SBN Ritel di Midis Terbaik Bareksa, Klik di Sini

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua