Berita / SBN / Artikel

SBN Ritel 2023 Akan Segera Hadir, Ayo Daftar Atau Reaktivasi Akun di Bareksa

Smart Investor yang sudah pernah beli reksadana cukup melengkapi data rekening bank untuk beli SBN ritel di Bareksa
Hanum Kusuma Dewi • 09 Jan 2023
cover

Ilustrasi investor wanita sedang mendaftar dan reaktivasi akun SBN ritel di Bareksa. (shutterstock)

Bareksa.com -Surat Berharga Negara (SBN) Ritel 2023 akan segera meluncur. Smart Investor yang berniat memiliki investasi aman dijamin negara ini perlu daftar SBN Ritel atau reaktivasi akun SBN di Bareksa

Menurut pemberitaan, SBN ritel 2023 akan dimulai dengan seri Savings Bond Ritel SBR012. Seri pembuka itu akan menjadi salah satu dari sejumlah seri SBN ritel 2023 dengan target penjualan hingga Rp130 triliun

Baca juga Penawaran SBN Ritel 2023 Akan Mulai Januari, Seri SBR012 Jadi Pembuka

Seperti tahun-tahun sebelumnya, SBN Ritel untuk pasar perdana tersedia online di mitra distribusi yang telah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan RI, seperti Bareksa. Pasar perdana, atau penawaran langsung oleh pemerintah hanya selama masa penawaran saja. 

Berdasarkan pengalaman pada penawaran seri-seri lalu, SBN ritel ini selalu laris manis dibeli oleh investor. Bahkan, ada beberapa seri yang kuotanya sudah habis sebelum masa penawaran selesai. Sehingga, ada yang bilang lebih sulit dapat SBN ritel daripada beli tiket Blackpink.  

Apa itu SBN Ritel? 

SBN ritel adalah Surat Berharga Negara yang ditawarkan pada masyarakat umum dan diterbitkan oleh pemerintah untuk pembiayaan APBN. SBN ritel merupakan investasi aman rendah risiko karena dijamin 100% oleh pemerintah. 

Di samping itu, imbal hasil atau kupon SBN ritel biasanya menarik karena lebih tinggi daripada deposito bank. Masyarakat yang membeli SBN ritel tidak hanya dapat untuk dari imbal hasil, tetapi juga bisa berkontribusi dalam pembangunan karena dana penerbitan ini untuk membiayai pembangunan negara. 

Setelah jatuh tempo atau masa berlakunya habis, modal atau uang investasi investor akan kembali 100% ke rekening investor. Namun, untuk jenis SBN ritel yang bisa diperdagangkan (tradable), bisa dijual di pasar sekunder tanpa harus tunggu jatuh tempo. 

Penawaran SBN ritel secara online di Bareksa hanya tersedia pada masa penawaran saja. Makanya, Smart Investor yang ingin beli SBN ritel sebaiknya bersiap-siap mendaftar akun SBN di Bareksa segera, agar nanti bisa langsung membeli ketika masa penawaran buka. 

Kalau Smart Investor sudah punya akun reksadana, apakah masih perlu mendaftar untuk beli SBN ritel di Bareksa? 

Ya. Investor reksadana perlu daftar akun SBN ritel di Bareksa, dengan cara melengkapi data. Sebab, Smart Investor perlu mendapatkan rekening sub-registry untuk SBN. 

Adapun Smart Investor hanya perlu melengkapi data berupa rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon. Proses ini membutuhkan 2x24 jam. 

Kalau sudah pernah beli SBN, kenapa perlu reaktivasi akun SBN di Bareksa

Bila investor sudah pernah membeli atau transaksi SBN lebih dari 6 bulan lalu, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) akan melakukan penonaktifan akun secara otomatis. Supaya bisa kembali membeli SBN ritel di Bareksa, segera reaktivasi akun SBN di aplikasi Bareksa

Proses ini sangat mudah, karena Smart Investor hanya perlu pencet tombol "Reaktivasi Akun Saya" di halaman SBN di super app Bareksa. Reaktivasi akun membutuhkan waktu 2-7 hari kerja.

Bareksa Salah Satu Midis SBN Terbaik

Sebagai salah satu mitra distribusi resmi SBN Ritel, platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia Bareksa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan RI sebagai Mitra Distribusi Surat Utang Negara Ritel (Midis SUN) dengan Kinerja Terbaik 2021. Penghargaan sebagai Midis Terbaik Surat Berharga Negara (SBN) baik SUN maupun Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) merupakan yang keempat tahun secara beruntun diterima oleh Bareksa.

Perlu dicatat, Bareksa adalah satu-satunya fintech yang meraih penghargaan Midis SUN Terbaik Tahun 2021, bersanding dengan bank-bank besar. Penghargaan terbaru ini melengkapi daftar penghargaan yang diterima Bareksa sebagai Mitra Distribusi baik untuk SUN maupun SBSN dari Kementerian Keuangan : 

  • Midis SUN Terbaik 2019

  • Midis SUN Terbaik 2020

  • Midis SUN Terbaik 2021

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2018

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2019

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2020

  • Midis SBSN Terbaik Kategori Fintech 2021

Penghargaan langsung diserahkan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati kepada Co-founder/CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, dalam acara Stakeholders Gathering Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kemenkeu 2022 di Kementerian Keuangan, Jakarta, pada 21 Desember 2022. 

Karena itu tak ingin ketinggalan investasi di SBN Ritel di 2023? Segera daftar akun SBN di Bareksa sekarang, agar saat masa penawaran dibuka, Kamu tak kehabisan kuota pemesanan. 

Investasi di SBN Ritel di Midis Terbaik Bareksa, Klik di Sini

(hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama empat tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2021 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.