BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

FOMO Belum Beli Obligasi Negara? Ayo Pesan, Penawaran ORI022 Tinggal Besok

Hanum Kusuma Dewi19 Oktober 2022
Tags:
FOMO Belum Beli Obligasi Negara? Ayo Pesan, Penawaran ORI022 Tinggal Besok
Ilustrasi investor wanita sedang melakukan transaksi pembelian investasi SBN secara online melalui aplikasi di handphone. (shutterstock)

ORI022 dapat dibeli di mitra distribusi SBN Ritel yang salah satunya Bareksa

Bareksa.com - Kamu sudah kenal investasi aman dijamin negara dengan imbal hasil menarik, yaitu Obligasi Negara Ritel atau ORI? Seri terbaru ORI yaitu ORI022 saat ini sedang masa penawaran hingga 20 Oktober 2022, bisa nyesel kalau belum pesan sekarang.

ORI022 adalah satu jenis Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan bagi masyarakat atau investor ritel. SBN Ritel ini punya masa berlaku 3 tahun dan memberikan imbal hasil berupa kupon ORI022 sebesar 5,95% per tahun.

Kupon ORI022 bersifat tetap (fixed rate) hingga jatuh tempo 3 tahun pada 15 Oktober 2025. Imbal hasil ini dibayarkan langsung ke rekening investor secara rutin per bulan.
Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menawarkan ORI022 secara online (e-SBN) sejak 26 September 2022 pukul 09.00 WIB hingga 20 Oktober 2022 pukul 10.00 WIB, atau 25 hari masa penawaran.

Promo Terbaru di Bareksa

Hingga Rabu pagi (19/10/2022), nilai pemesanan ORI022 sudah mencapai Rp11,28 triliun, atau kuota pemesanan hanya tersisa sekitar Rp2,72 triliun dari target terbaru penerbitan ORI022 sebesar Rp14 triliun.

Untuk investasi ORI022, kamu hanya perlu mengalokasikan minimal Rp1 juta atau untuk 1 unit ORI022, atau kelipatannya hingga maksimal Rp5 miliar.

Kamu dapat membeli ORI022 di mitra distribusi SBN Ritel yang telah ditetapkan Kementerian Keuangan, salah satunya Bareksa. Iya, kamu bisa melakukan pembelian ORI022 melalui Bareksa.

10 Keuntungan Investasi di ORI022

Tapi, apa saja keuntungan yang akan diperoleh jika membeli ORI? Melansir laman Kementerian Keuangan mengenai Memorandum Informasi ORI022, berikut 10 keuntungan berinvestasi di ORI022 :

Pertama, pembayaran Kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang SUN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya.

Kedua, pada saat diterbitkan, kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ketiga, kupon dengan tingkat bunga tetap sampai dengan waktu jatuh tempo.

Keempat, kupon dibayar setiap bulan.

Kelima, kemudahan akses untuk melakukan Transaksi Pembelian melalui Sistem Elektronik.

Keenam, dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder melalui mekanisme bursa, transaksi di luar bursa (over the counter), dan/atau melalui sistem Electronic Trading Platform (ETP).

Ketujuh, tersedianya informasi harga yang wajar atau sedang terjadi di Pasar Sekunder dari Mitra Distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan Mitra Distribusi.

Kedelapan, berpotensi memperoleh keuntungan bila ORI dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di Pasar Sekunder.

Kesembilan, dapat dijaminkan kepada pihak lain, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangka transaksi efek. Kebijakan peminjaman atau penjaminan ORI mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Kesepuluh, memperoleh kesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Kamu mau kan dapat cuan investasi sekaligus membantu negara? Investasi ORI022 di Bareksa ya.

(Martina Priyanti/hm)

***


Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua