BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Bunga Acuan Naik, Ini Kupon Terbaru SBR010 per 11 Oktober 2022

Hanum Kusuma Dewi11 Oktober 2022
Tags:
Bunga Acuan Naik, Ini Kupon Terbaru SBR010 per 11 Oktober 2022
Ilustrasi suku bunga naik yang digambarkan dengan tumpukan koin dan persentase. (shutterstock)

Kupon SBR010 naik menjadi 5,85% per tahun dan akan dibayarkan pada 10 November 2022

Bareksa.com - Surat Berharga Negara (SBN) Ritel ada yang menawarkan imbal hasil berupa kupon floating with floor, alias bisa naik tetapi tidak bisa turun dari batas minimal. Satu jenis SBN Ritel tersebut adalah Savings Bond Ritel (SBR), yang kini kuponnya naik karena kenaikan suku bunga acuan.

Terbaru, investor yang memiliki jenis SBN Ritel khususnya SBR010 mendapat kabar gembira ketika Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate (BI 7DRRR) pada 22 September 2022 sebesar 0,5% atau 50 basis poin ke 4,25%. Dampaknya, Smart Investor yang memiliki SBR010 bisa menikmati kenaikan kupon SBR010 setelah disesuaikan.

Baca juga Suku Bunga Dolar dan BI Naik, Ini Strategi Cuan Investasi Reksadana dan ORI022

Promo Terbaru di Bareksa

Tanggal Berlaku Kupon Baru

Yang menjadi pertanyaan besar para Smart Investor pemegang SBN Ritel non-tradable ini adalah: kapan kupon dari SBR ikut naik?

Baru saja diumumkan dari situs Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, bahwa kupon disesuaikan untuk SBR010 periode 11 Oktober 2022 – 10 Januari 2023 menjadi sebesar 5,85% per tahun.

Penyesuaian ini dihitung berdasarkan bunga acuan yaitu BI 7 Days Repo Rate (BI 7DRRR) yang sudah naik menjadi 4,25%, dan ditambah spread tetap sebesar 1,60%. BI 7DRRR sebesar 4,25% tersebut adalah yang berlaku pada tanggal penyesuaian kupon yaitu tanggal 6 Oktober 2022.

Kupon SBR010 sebesar 5,85% per tahun tersebut berlaku untuk pembayaran kupon periode 11 Oktober 2022 – 10 Januari 2023. Artinya, investor akan merasakan peningkatan kupon ini pada pembayaran berikutnya, yaitu pada pembayaran kupon tanggal 10 November 2022.

Penyesuaian Kupon per 3 Bulan

Sebagai informasi, SBR dan ST memang memiliki tingkat kupon floating with floor yang bisa naik ketika suku bunga naik. Namun, penyesuaian terhadap tingkat suku bunga tersebut tidak langsung diterapkan ketika BI 7DRRR sebagai acuan ditetapkan naik. Sebab, tiap penyesuaian kupon berlaku tiga bulan sekali dan akan diumumkan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (DJPPR Kemenkeu).

Smart Investor sebaiknya melihat kembali Memorandum Informasi dari masing-masing seri SBR dan ST tersebut karena setiap seri memiliki tanggal penyesuaian kupon yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, tertera dalam Memorandum Informasi SBR010 bahwa tanggal penyesuaian kupon untuk SBR010 adalah 3 (tiga) hari kerja sebelum tanggal mulai berlakunya periode Kupon, di mana hari kerja dimaksud adalah hari kerja Pemerintah. Tanggal mulai berlakunya periode Kupon adalah tanggal 11 Oktober, 11 Januari, 11 April, dan 11 Juli setiap tahunnya.

Jadi, tanggal penyesuaian kupon SBR010 terbaru adalah pada 6 Oktober 2022 dan tanggal mulai berlakunya periode kupon adalah tanggal 11 Oktober 2022. Maka dari itu, investor akan menerima pembayaran kupon yang sudah disesuaikan atau sudah naik pada 10 November 2022.

Kalau sudah paham mengenai kupon disesuaikan dan tanggal berlakunya kupon baru dari SBR010, Smart Investor tinggal duduk manis atau rebahan saja untuk menerima imbal hasil sebagai passive income yang dikirim langsung ke rekening tiap bulan.

Penawaran ORI022

Buat Smart Investor yang belum punya SBN Ritel, jangan ketinggalan. Masih ada masa penawaran SBN Ritel yang berlangsung yaitu Obligasi Negara Ritel seri ORI022 mulai 26 September sampai dengan 20 Oktober.

Kupon ORI022 ini bersifat tetap (fixed) hingga jatuh tempo tiga tahun lagi. Tapi kalau tidak mau tunggu jatuh tempo, Smart Investor bisa jual unit ORI022 di pasar sekunder dan raih potensi capital gain. Pesan sekarang!

Baca juga Promo Beli ORI022 di Bareksa, Raih Hadiah iPad, Laptop hingga Reksadana

(hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.



Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua