Berita / SBN / Artikel

Buat Apa Dana Hasil Penerbitan SR017? Ini Proyek Pembangunan Dibiayai Sukuk Negara

Penerbitan SR017 mengusung tema “Pilihan Berharga Kuatkan Bangsa”
Abdul Malik • 29 Aug 2022
cover

Jembatan Youtefa (Holtekamp) - Papua adalah satu proyek yang dibiayai oleh Sukuk Negara. (shutterstock)

Bareksa.com - Masa penawaran Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR017 sedang dan berlangsung hingga 14 September 2022. Dengan tema “Pilihan Berharga Kuatkan Bangsa”, sejatinya pemerintah memberikan kesempatan kepada setiap Warga Negara Indonesia/WNI untuk dapat berinvestasi pada Sukuk Negara Ritel seri SR017 sekaligus berpartisipasi dalam mendukung pembangunan nasional.

Penerbitan Sukuk Ritel termasuk seri SR017, menggunakan struktur akad ijarah - asset to be leased. Dalam hal ini, sukuk adalah pernyataan kepemilikan aset negara dan investor yang memegang sukuk akan menerima imbal hasil atau kupon berupa uang sewa (ujrah), yang berlaku hingga jatuh tempo.

Baca juga Sukuk Ritel SR017 Pakai Akad Ijarah Asset to be Leased, Ini Penjelasannya

Kementerian Keuangan menetapkan imbal hasil SR017 sebesar 5,9% bersifat tetap (fixed) per tahun bertenor 3 tahun, dengan jatuh tempo pada 10 September 2025.

Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat barang milik negara untuk disewakan kepada pemerintah, serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada pemerintah.

Makanya, Smart Investor yang membeli SR017, artinya membeli aset negara dan menyewakannya lagi kepada pemerintah untuk mendapatkan imbal hasil (kupon).

Jadi, tujuan penerbitan Sukuk Negara Ritel seri SR017 adalah membantu membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) termasuk membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia dan memperluas basis investor dalam negeri.

Masyarakat Indonesia sebagai investor ritel, bisa membeli SR017 dengan modal mulai dari Rp1 juta hingga Rp5 miliar per orang, selama masa penawaran berlangsung. Lalu, apa saja kontribusi penerbitan Sukuk Negara dalam pembangunan?

Proyek Dibiayai Sukuk Negara

Mengutip laman Kementerian Keuangan, berikut sejumlah proyek yang dibiayai dari penerbitan Sukuk Negara, antara lain:

1. Pembangunan Tol Solo – Ngawi seksi I – Colomadu Karanganyar Jawa Tengah.

2. Pembangunan Ramp on/off Flyover Amplas Medan.

3. Pembangunan Jalan Gerung Mataram NTB.

4. Pusat Konservasi Sanctuary Hiu Paus Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua.

5. Pembangunan gedung perkuliahan IAIN Salatiga jawa Tengah.

6. Pembangunan Jalur Kereta Double Track Selatan Jawa Cirebon-Kroya-Solo-Madiun-Jombang.

7. Asrama haji Makassar.

8. Jembatan Youtefa (Holtekamp) - Papua.

9. UIN Sunan Gunung Jati.

10. Jembatan Pulau Balang.

11. Double-Doule Track KA Manggarai -Cikarang.

12. Terowongan KA Notog - Banyumas.

Cara investasi Sukuk Ritel seri SR017 di Bareksa

Tertarik dapat cuan dari SR017 sekaligus dukung pemerintah menyiapkan modal pembangunan nasional? Tapi bagaimana cara berinvestasi SBN Ritel seri SRI017 di Bareksa? Investor Bareksa yang sudah pernah membeli SBN Ritel di Bareksa setelah Juni 2021 bisa langsung memesan SR017 pada masa penawaran dibuka. 

Investor Bareksa yang sudah pernah membeli seri SBN Ritel sebelum Juni 2021 perlu melakukan registrasi ulang. Daftar ulang akun SBN di Bareksa ini untuk memudahkan dalam melakukan trading (jual-beli) SBN di pasar sekunder, karena Bareksa sudah bermitra dengan sekuritas yaitu Binaartha Sekuritas.

Investor Bareksa yang sudah investasi reksadana tapi belum pernah membeli SBN perlu melengkapi data, agar bisa dibuatkan rekening sub-registry untuk SBNData yang dibutuhkan untuk membeli SBN adalah rekening bank yang digunakan untuk menerima kupon.

Segera daftar SBN Ritel sekarang di super app investasi Bareksa yang tersedia di iOS dan Android, agar dapat segera membeli SR017 sebelum kuotanya habis dan atau masa penawarannya ditutup. 

Promo Investasi SR017 di Bareksa

Untuk Investor Bareksa yang memesan SR017, ada hadiah menarik menanti. Investor dapat memilih sendiri jenis hadiah Promo SR017 di Bareksa, mulai dari 1 iPhone 11, 1 Laptop Redmi Book 15, 1 Smart TV Realme 43 inch, 3 voucher reksadana senilai masing-masing Rp1.000.000 dan 50 voucher reksadana senilai masing-masing Rp100.000. 

Catat kode promo dan minimal beli SR017 untuk mengikuti Promo SR017 di Bareksa berikut ini :

Hadiah 1 iPhone 11

  • Minimal pembelian SR017 Rp50 juta

  • Kode promo : SR17PHONE

Hadiah 1 Laptop Redmi Book 15

  • Minimal pembelian SR017 Rp30 juta

  • Kode promo : SR17LAP

Hadiah 1 Smart TV Realme 43 inch

  • Minimal pembelian SR017 Rp10 juta

  • Kode promo : SR17TV

Hadiah 3 voucher reksadana @ Rp1.000.000

  • Minimal pembelian SR017 Rp5 juta

  • Kode promo :  SR17REKSA

Hadiah 50 voucher reksadana @ Rp100.000

  • Minimal pembelian SR017 Rp1 juta

  • Kode promo : SR17REKSA100

Simak juga syarat dan ketentuan promonya berikut ini. 

Syarat dan Ketentuan Promo SR017 Bareksa

  1. Periode promo 19 Agustus - 14 September 2022

  2. Pembelian berlaku untuk produk SBN Ritel seri SR017 dengan memasukkan kode promo yang dipilih investor

  3. Program promo tidak berlaku untuk karyawan Bareksa

  4. Pembeli dengan nominal terbanyak berhak memenangkan hadiah

  5. Bareksa akan mengumumkan pemenang pada tanggal 13 Oktober 2022 melalui akun media sosial Bareksa dan email

  6. Hadiah tidak dapat diuangkan dan dipindahtangankan

  7. Keputusan Bareksa menentukan pemenang bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat

  8. Seluruh pajak hadiah ditanggung Bareksa

  9. Bareksa dapat membatalkan pemenang jika investor terbukti melakukan kecurangan, atau tidak dapat dihubungi

Dengan berinvestasi SR017 di Bareksatidak hanya aman, cuan, berinvestasi di tempat terbaik, serta masih dapat hadiah lagi. Tertarik? Ayo segera pesan Sukuk Ritel SR017 di Bareksa sekarang.

Simak juga : Promo SBN Ritel Freedom di Bareksa: Beli SR017 Dapat Reksadana hingga Rp2 Juta

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional). Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.