BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Masa Penawaran SR017 Dibuka, Ini 9 Keuntungan Investasi di Sukuk Ritel

Sari Hidayanti19 Agustus 2022
Tags:
Masa Penawaran SR017 Dibuka, Ini 9 Keuntungan Investasi di Sukuk Ritel
Ilustrasi investor wanita tertawa bahagia menyambut penerbitan SR017. (Shutterstock)

SR017 ditawarkan pada 19 Agustus - 14 September 2022 dan bisa dibeli di Bareksa

Bareksa.com - Hari ini, Jumat 19 Agustus 2022, Pemerintah melalui Kementerian Keuangan membuka masa penawaran Surat Berharga Negara (SBN) untuk investor ritel berjenis Sukuk Ritel seri SR017. Siap investasi dapat cuan sekaligus membantu Negara menyediakan modal pembangunan?

Pemerintah menetapkan masa penawaran SR017 akan berlangsung pada 19 Agustus 2022 mulai pukul 09.00 WIB hingga 14 September 2022 pada pukul 10.00 WIB. SBN Ritel yang bertenor tiga tahun ini akan jatuh tempo pada 10 September 2025.

SR017 adalah jenis obligasi syariah atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang memiliki masa berlaku 3 tahun dan bersifat tradable, alias bisa diperjualbelikan sebelum jatuh tempo di pasar sekunder. Adapun imbalan (kupon) SR017 ditetapkan 5,9% fixed (tetap) per tahun (p.a) dengan minimum pembelian Rp1 juta dan maksimumnya Rp5 miliar per investor.

Promo Terbaru di Bareksa

SR017 dapat dibeli di mitra distribusi SBN Ritel yang telah ditunjuk pemerintah, salah satunya Bareksa.

Lalu, apa saja sebenarnya keuntungan yang bisa diperoleh investor jika investasi SR017?

Keuntungan Investasi di Sukuk Ritel

Menilik dari publikasi Kementerian Keuangan mengenai manfaat investasi Sukuk Ritel, ada 9 manfaat yang bisa didapatkan investor yakni :

Pertama, pembayaran imbalan/kupon dan nilai nominal Sukuk ritel dijamin oleh pemerintah berdasarkan Undang-Undang SBSN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya, sehingga Sukuk Ritel nantinya hampir tidak mempunyai risiko gagal bayar.

Kedua, imbalan/kupon dengan jumlah tetap (fixed coupon) sampai pada Tanggal Jatuh Tempo.

Ketiga, imbalan/kupon dibayar setiap bulan.

Keempat, kemudahan akses untuk melakukan pemesanan pembelian melalui sistem elektronik.

Kelima, dapat diperdagangkan di pasar sekunder dengan mekanisme transaksi di Bursa Efek dan transaksi di luar Bursa Efek (over the counter).

Keenam, berpotensi memperoleh capital gain dalam hal Sukuk Negara Ritel Seri dimaksud dijual pada harga yang lebih tinggi daripada harga beli setelah memperhitungkan biaya transaksi di pasar sekunder.

Ketujuh, dapat dipinjamkan atau digadaikan kepada pihak lain, termasuk jaminan dalam rangka transaksi efek, sesuai kebijakan dan mengikuti ketentuan serta persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Kedelapan, berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Kesembilan, turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Banyak sekaligus menarik bukan keuntungan yang akan diperoleh jika berinvestasi SR017. Bagaimana, siap beli SR017 di Bareksa?

(Martina Priyanti/hm)

***


Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN Ritel seri berikutnya.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua