BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Cocok untuk Diversifikasi, Ini Daftar Keuntungan Investasi SBR011

Bareksa08 Juni 2022
Tags:
Cocok untuk Diversifikasi, Ini Daftar Keuntungan Investasi SBR011
Ilustrasi wanita muda tersenyum senang usai melakukan pembelian SBR011. (Shutterstock)

SBR011 cocok bagi investor yang ingin mengurangi market risk atau interest rate risk

Bareksa.com -Don't put your eggs in one basket, atau jangan meletakkan telur-telur dalam satu keranjang. Pepatah tersebut sangat relevan untuk diterapkan dalam berinvestasi.

Sudahkah Anda melakukan diversifikasi investasi di tahun ini? Jika belum dan atau ingin terus melakukannya, ada baiknya mempertimbangkan ​Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR011, yang saat ini sedang ditawarkan pemerintah, sebagai salah satu instrumen investasi yang pas untuk diversifikasi.

Adapun secara umum, diversifikasi investasi adalah penganekaragaman jenis produk investasi yang dilakukan oleh investor untuk menyeimbangkan potensi keuntungan dan tingkat risiko kerugian.

Promo Terbaru di Bareksa

Diversifikasi bisa dilakukan dengan menaruh dana dengan porsi tertentu di berbagai instrumen investasi misalnya pada berbagai jenis reksadana dan juga macam-macam Surat Berharga Negara (SBN) Ritel yang salah satu jenisnya SBR, dengan seri yang sedang ditawarkan SBR011. Strategi dimaksud bisa disesuaikan juga dengan tipe atau profil risiko dari investor, yakni toleransi dalam menanggung risiko.

Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Risiko Kementerian Keuangan, Deni Ridwan pada sebuah kesempatan mengatakan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel, cocok dipilih sebagai instrumen investasi bagi yang ingin melakukan diversifikasi. Terlebih, antara lain bagi yang investor yang ingin mengurangi market risk atau interest rate risk.

Baca juga Pemerintah Kembali Tambah Kuota Pemesanan SBR011 Jadi Rp9 Triliun

Tapi apa saja keuntungan yang bisa diperoleh investor ritel jika berinvestasi di SBR011?

Keuntungan Berinvestasi di SBR011

Selain mendapatkan cuan berupa kupon 5,5 persen per tahun, kira-kira apa saja kentungan berinvestasi di SBR011? Berikut 8 keuntungan berinvestasi di SBR011 seperti disebutkan dalam Memorandum Informasi Savings Bond Ritel Republik Indonesia Seri SBR011 :

Pertama, pembayaran Kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Undang-Undang SUN dan dananya disediakan dalam APBN setiap tahunnya.

Kedua, pada saat diterbitkan (Pasar Perdana Domestik), Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN.

Ketiga, kupon mengambang dengan jaminan Kupon minimal (floor) sampai dengan jatuh tempo, artinya kupon bisa naik kalau acuan naik, tetapi tidak bisa turun dari batas minimal.

Keempat, kupon dibayar setiap bulan.

Illustration


Sumber: Kementerian Keuangan

Kelima, terdapat fasilitas Pelunasan Sebelum Jatuh Tempo (Early Redemption) tanpa dikenakan redemption cost. Syaratnya, periode investasi telah setahun dan minimal saldo saat pembelian Rp2 juta.

Keenam, kemudahan akses untuk melakukan Transaksi Pembelian dan pengajuan Pelunasan Sebelum Jatuh Tempo (Early Redemption) melalui Sistem Elektronik.

Ketujuh, dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangkatransaksi Efek. Kebijakan peminjaman atau penjaminan SBR mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak.

Kedelapan, memperoleh kesempatan untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Selanjutnya, khusus smart investor Bareksa, ada banyak promo menarik untuk pembelian SBR011 di super app Bareksa dengan ​hadiah laptop hingga reksadana.

Tertarik investasi di SBR011? Anda bisa melakukan pemesanan SBR011 melalui Bareksa, sebagai mitra distribusi resmi yang telah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan.

Baca juga Last Week Deal, Serbu SBR011 dan Raih Hadiah Reksadana hingga Rp200 Ribu

(Martina Priyanti/hm)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah penghargaan sebagai Midis SUN dengan Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

Baca juga SBR011 Segera Terbit, Ini Pengertian SBR dan Cara Daftarnya di Bareksa

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua