Berita / SBN / Artikel

Ada 5 Jenis SBN Ritel Terbit Tahun Ini, Apa Saja?

SBN Ritel yang diterbitkan untuk mendukung pembiayaan pembangunan nasional, termasuk infrastruktur, sosial dan ekonomi
Bareksa • 17 Jan 2022
cover

Ilustrasi investor memantau perkembangan investasinya di obligasi korporasi maupun SBN termasuk SBN Ritel. (Shutterstock)

Bareksa.com - Pemerintah kembali membuka kesempatan lebar-lebar bagi investor ritel untuk berinvestasi di Surat Berharga Negara (SBN) untuk mendukung pembiayaan pembangunan nasional, termasuk infrastruktur, sosial dan ekonomi, Pemerintah berencana menerbitkan 7 seri dari 5 jenis SBN Ritel pada tahun ini. 

Apa saja 5 jenis SBN Ritel tersebut? Berikut ulasan mengenai 5 jenis SBN Ritel yang akan diterbitkan pemerintah di 2022 :

1. Obligasi Negara Ritel (ORI)

ORI merupakan salah satu instrumen SBN Ritel yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan warga negara Indonesia melalui mitra distribusi di pasar perdana.

ORI diterbitkan tanpa warkat (scripless) dan dapat diperdagangkan antar investor domestik, kupon tetap (fixed rate) dan ada potensi capital gain.

ORI021 akan ditawarkan pemerintah mulai 24 Januari hingga 17 Februari 2022 dengan minimal pembelian Rp1 juga dan maksimal Rp2 miliar.

Keuntungan Investasi ORI :

1. Kupon dan Pokok dijamin oleh Undang-Undang
2. Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN
3. Kupon dengan tingkat bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo
4. Kupon dibayar setiap bulan
5. Dapat diperdagangkan di pasar sekunder (antar investor domestik)
6. Tersedianya kuotasi harga beli (bid price) dari mitra distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan mitra distribusi
7. Berpotensi memperoleh capital gain
8. Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain (sesuai dengan kebijakan di masing-masing mitra distribusi)
9. Dapat diperdagangkan di organized OTC melalui electronic trading platform (ETP)
10. Masyarakat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional

2. Savings Bond Ritel (SBR)

Merujuk pada seri sebelumnya yakni SBR010, karakteristik SBR adalah untuk individu WNI, pemesanan mulai dari Rp1 juta, jatuh tempo 2 tahun, kupon mengambang dengan kupon minimal, dan tersedia fasilitas early redemption.

Keuntungan Investasi SBR :

1. Dijamin oleh negara.
2. Investasi mulai dari Rp1 juta.
3. Kupon mengembang dengn kupon minimal.
4. Fasilitas early redemption.
5. Berkontribusi membangun negara.

Tujuan SBR misalnya pada seri yang telah terbit yakni SBR010, hadir sebagai alternatif investasi untuk mencapai tujuan keuangan dengan cara yang aman, menguntungkan, sekaligus membuka kesempatan bagi masyarakat untuk bersama-sama berpartisipasi dalam pembiayaan APBN, termasuk untuk membantu pemulihan ekonomi negeri karena dampak pandemi Covid-19.

3. Sukuk Ritel (SR)

Sukuk Ritel adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh pemerintah kepada individu WNI, sebagai instrumen investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan.

Karakteristik SR termasuk pada seri terakhir yang diterbitkan pemerintah adalah SR015 yakni untuk individu WNI, pengelolaan investasi dengan prinsip syariah, pemesanan mulai Rp1 juta, tenor 3 tahun, imbalan tetap dibayarkan setiap bulan, dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik.

Sukuk Ritel dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi) gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Penerbitan Sukuk Ritel menggunakan struktur akad Ijarah - Asset to be Leased. Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada Pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah. Imbalan berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

Keuntungan Investasi Sukuk Ritel:

1. Pokok dan Imbalan dijamin oleh negara.=
2. Tingkat imbalan kompetitif, lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN.
3. Tingkat imbalan tetap.
4. Imbalan dibayar tiap bulan.
5. Dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik.
6. Investasi mulai Rp1 juta.
7. Mendukung pembiayaan pembangunan nasional.
8. Akses investasi sesuai prinsip syariah.

Tujuan utama penerbitan Sukuk Ritel adalah untuk membiayai APBN dan membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia.

4. Sukuk Tabungan (ST)

Sukuk Tabungan termasuk seri terakhir yang diterbitkan yakni ST008, adalah produk investasi syariah yang diterbitkan oleh Pemerintah kepada individu WNI yang aman, mudah, terjangkau, menguntungkan, dan sesuai syariah.

Karakteristik Sukuk Tabungan berupa untuk individu WNI, pengelolaan investasi dengan prinsip syariah, pemesanan mulai dari Rp1 juta, imbalan mengambang dengan batas minimal, tenor 2 tahun, fasilitas early redemption, dan tidak dapat diperdagangkan/dialihkan.

Sukuk Tabungan dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan) dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI).

Keuntungan Investasi Sukuk Tabungan:

1. Pokok dan imbalan dijamin oleh negara.
2. Tingkat imbalan kompetitif, lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito Bank BUMN.
3. Imbalan mengambang mengikuti perkembangan BI 7-Day Reverse Repo Rate dengan jaminan imbalan minimal (floor).  Imbalan dibayar tiap bulan.
4. Early redemption tanpa dikenakan redemption cost oleh pemerintah.
5. Kemudahan akses transaksi Sistem Elektronik (online).
6. Berpartisipasi langsung membangun negeri.
7. Produk sesuai prinsip syariah.

Dengan penerbitan Sukuk Tabungan belakangan disebut juga Green Sukuk Ritel. Hasil penerbitannya, akan digunakan pemerintah untuk membiayai proyek ramah lingkungan di dua sektor yakni Transportasi berkelanjutan dan Ketahanan terhadap perubahan iklim. Hal ini diharapkan dapat memitigasi dampak perubahan iklim dan adaptasi atas perubahan iklim yang telah terjadi.

5. Cash Waqf Linked Sukuk Ritel (CWLS Ritel)

CWLS Ritel adalah investasi wakaf uang pada sukuk negara yang imbalannya disalurkan oleh Nazhir (pengelola dana dan kegiatan wakaf) untuk membiayai program sosial dan pemberdayaan ekonomi umat. Seri sebelumnya yang diterbitkan pemerintah yakni SWR002.

Karakteristik CWLS Ritel terdiri dari diperuntukkan bagi investor/wakif individu dan institusi, sesuai prinsip syariah, minimum pemesanan Rp1 juta maksimum pemesanan tidak terbatas, tenor 2 tahun, wakaf temporer 100 persen kembali ke wakif, wakaf permanen dana akan dikelola oleh Nazhir, imbalan tetap, disalurkan untuk program/kegiatan sosial oleh Nazhir yang ditunjuk, dan tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

Tujuan CWLS Ritel:

1. Memudahkan masyarakat untuk berwakaf uang yang aman dan produktif.
2. Mengembangkan inovasi di bidang keuangan dan investasi sosial di Indonesia.
3. Mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.
4. Mendukung Gerakan Wakaf Nasional, membantu pengembangan investasi sosial, dan pengembangan wakaf produktif di Indonesia.
5. Penguatan ekosistem wakaf uang di Indonesia.

Melalui CWLS Ritel, pemerintah memberi fasilitas dan kemudahan bagi masyarakat individu dan institusi, untuk berwakaf uang dengan aman dan produktif serta berpartisipasi langsung dalam mendukung akselerasi kekuatan ekonomi kerakyatan.

Keunggulan Investasi di CWLS Ritel :

1. Aman. Penempatan wakaf uang dalam instrumen investasi dijamin oleh negara.
2. Amanah. Pengelolaan dan pemanfaatan dana wakaf uang secara transparan dan akuntabel.
3. Mudah. Adanya fasilitas untuk pewakaf uang, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan produktif.
4. Produktif. Imbalan dibayarkan setiap bulan serta dimanfaatkan untuk pembiayaan program/kegiatan sosial dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.
5. Utuh. Dana akan kembali 100 persen untuk pewakaf (Wakif) pada saat jatuh tempo SBSN.
6. Berkah. Dengan minimal Rp1 juta sudah mengalirkan berkah untuk ekonomi ummah.

Pemanfaatan CWLS Ritel antara lain bantuan beasiswa pendidikan, bantuan tuna netra, bantuan ekonomi gerobag, bantuan sanitasi dan MCK, program penangkaran benih padi, dan bebaskan buta aksara Al-Quran.

CWLS Ritel dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur riba, gharar (ketidakjelasan), dan maysir (judi), serta telah mendapatkan pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (Nomor B-285/DSN-MUI/IV/2021 tanggal 7 April 2021).

Jadwal Tentatif Penawaran SBN Ritel Tahun 2022

Sumber: Instagram DJPPR Kementerian Keuangan

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Investasi Sekarang

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah platform e-investasi terintegrasi pertama di Indonesia, yang ditunjuk menjadi mitra distribusi (midis) resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Bareksa telah mendapatkan ​penghargaan sebagai midis SBN terbaik selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan terbaru yang diterima adalah  penghargaan sebagai Midis SUN dengan  Kinerja Terbaik 2020 dan Midis SBSN dengan Kinerja Terbaik Kategori Fintech 2021. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, registrasi ulang akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.