BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Segera Terbit, Begini Empat Langkah Mudah Investasi di ORI020

Abdul Malik01 Oktober 2021
Tags:
Segera Terbit, Begini Empat Langkah Mudah Investasi di ORI020
Ilustrasi perempuan investor yang gembira ORI020 akan segera terbit. (Shutterstock)

Masa pemesanan mulai Senin, 4 Oktober 2021 dan bisa dipesan melalui Bareksa

Bareksa.com - Senin pekan depan, 4 Oktober 2021, masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI020 dibuka. Kamu siap untuk berinvestasi ORI020?

Berikut 4 langkah mudah berinvestasi ORI020 :

1. Registrasi

Registrasi dapat dilakukan setiap saat bahkan sebelum masa penawaran SBN Ritel dibuka. Jadi bisa kamu lakukan hari ini atau H min 3 dari sebelum masa penawaran dibuka pada 4 Oktober 2021.

Promo Terbaru di Bareksa

Untuk itu, kamu sebagai calon investor dapat mendaftarkan diri pada sistem elektronik yang disediakan oleh mitra distribusi (Midis), salah satunya Bareksa. ​

Caranya, kamu menginput data-data antara lain data diri, nomor SID (single investor identification), nomor rekening dana, dan nomor rekening surat berharga.

Untuk kamu yang baru akan pertama kali membeli SBN Ritel dan juga belum memiliki nomor SID, rekening dana, dan atau rekening surat berharga, bisa melakukan pendaftaran lebih dahulu diaplikasi Bareksa.

Illustration

2. Pemesanan

Setelah registrasi berhasil, kamu bisa melakukan pemesanan ORI020 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam memorandum informasi. Ingat, dibaca sampai habis kemudian pahami dahulu apakah instrumen investasi ini sesuai dengan profil risiko kamu?

Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran ORI020 yakni 4-21 Oktober 2021.

3. Pembayaran

Nantinya, setelah pemesanan diverifikasi (verified order), kamu akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) yang menurut Kementerian Keuangan akan disampaikan melalui email/SMS sesuai kebijakan masing-masing mitra distribusi.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui bank persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dalam batas waktu yang ditentukan.

4. Konfirmasi

Nah, setelah pembayaran, Kamu akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi ORI020 pada tanggal setelmen/penerbitan.

Setelah setelmen, investor dapat meminta Bukti Konfirmasi Kepemilikan ORI020 kepada Mitra Distribusi yang dalam hal ini, Kamu bisa mendapatkannya pada fitur SBN di aplikasi Bareksa.

Illustration

Sumber: Kementerian Keuangan

Imbal Hasil dan Besaran Pemesanan

ORI020 merupakan SBN Ritel seri kelima yang ditawarkan pemerintah tahun ini. Sebelumnya, pemerintah telah menerbitkan 4 seri SBN Ritel yakni ORI019, Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR014, Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR010 dan SR015.

Pada Kamis 30 September 2021, pemerintah melalui Kementerian Keuangan menetapkan kupon atau imbal hasil ORI020, yakni 4,95 persen per tahun. Dibandingkan suku bunga acuan Bank Indonesia, yakni BI 7 Days Reverse Repo Rate yang saat ini di level 3,5 persen, maka selisih (spread) imbal hasilnya 1,45 persen.

Perbandingan Kupon ORI dan Deposito

Illustration

Di sisi lain pemerintah menurunkan batas pemesanan ORI020. Sebelumnya, pada ORI019 pemerintah menetapkan batas maksimal pemesanan Rp3 miliar dan pada ORI020, batas maksimal pemesanan ditetapkan Rp2 miliar.

Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Deni Ridwan menyatakan perubahan batas maksimal dilakukan berdasarkan evaluasi atas penerbitan SBN Ritel selama 2021, animo masyarakat sangat tinggi sehingga pemerintah harus menutup pemesanan sebelum masa penawaran berakhir.

"Karena itu, untuk penerbitan ORI020, diputuskan untuk menurunkan batas maksimal pemesanan dari Rp3 miliar menjadi Rp2 miliar untuk memberi kesempatan lebih besar kepada investor kecil," kata Deni kepada Bareksa, Selasa (28/9/2021).

ORI020 akan jatuh tempo pada 15 Oktober 2024. ORI020 merupakan SBN Ritel jenis konvensional yang bersifat bisa diperdagangkan (tradable) dengan tenor investasi 3 tahun dan imbalan bersifat tetap (fixed coupon).

Bagaimana, siap berinvestasi ORI020?

(Martina Priyanti/AM)

​***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI020 merupakan salah satu jenis SBN Ritel yang memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua