BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Pemerintah Tetapkan Kupon ORI020 Sebesar 4,95 Persen, Lebih Menarik dari Deposito

Abdul Malik30 September 2021
Tags:
Pemerintah Tetapkan Kupon ORI020 Sebesar 4,95 Persen, Lebih Menarik dari Deposito
Ilustrasi imbalan SBN Ritel termasuk ORI020 dibandingkan dengan bunga deposito. (shutterstock)

Berdasarkan riset LPS, rata-rata bunga deposito rupiah di bank benchmark LPS pada Juli 2021 menurun 8 basis poin ke level 3,27 persen

Bareksa.com - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan menetapkan kupon atau imbal hasil Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI020 sebesar 4,95 persen per tahun.

Dibandingkan suku bunga acuan Bank Indonesia, yakni BI 7 Days Reverse Repo Rate yang saat ini di level 3,5 persen, maka selisih (spread) imbal hasilnya 1,45 persen.

Pemerintah sebelumnya telah memangkas pajak kupon obligasi dari sebelumnya 15 persen jadi 10 persen. Setelah dipotong pajak, investor masih mengantongi imbalan bersih ORI020 sebesar 4,455 persen.

Promo Terbaru di Bareksa

"Menindaklanjuti penetapan tingkat kupon Obligasi Negara Ritel seri ORI020 oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko atas nama Menteri Keuangan, kami informasikan bahwa kupon ORI020 sebesar 4,95 persen per tahun dan berlaku tetap sampai dengan jatuh tempo," ungkap DJPPR Kemenkeu dalam pesan singkatnya kepada mitra distribusi.

Lebih Menarik dari Deposito

Meskipun kupon ORI020 lebih rendah dari ORI seri sebelumnya yakni ORI019 yang imbalannya 5,57 persen per tahun, namun besaran kupon ORI020 tersebut masih lebih menarik dibandingkan deposito.

Berdasarkan riset Indikator Likuiditas yang dirilis Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), pada Juli 2021, rata-rata tingkat bunga deposito rupiah di bank benchmark LPS menurun 8 basis poin (bps) ke level 3,27 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Setelah dipotong pajak 20 persen, maka rata-rata bunga bersih deposito jadi 2,616 persen. Nilai rata-rata bunga bersih deposito itu lebih rendah dari kupon bersih ORI020 yang senilai 4,455 persen.

Instrumen Investasi
Kupon/bunga
Pajak
Imbalan/bunga bersih
ORI020
4,95%
10%
4,455%
Rata-rata bunga deposito
3,27%
20%
2,616%

Sumber : Kemenkeu, LPS diolah Bareksa

ORI020 merupakan SBN Ritel seri kelima yang ditawarkan pemerintah tahun ini. Sebelumnya, pemerintah telah menerbitkan 4 seri SBN Ritel yakni ORI019, Sukuk Negara Ritel (SR) seri SR014, Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR010 dan SR015.

Illustration

Penetapan hasil penjualan ORI020 akan ditetapkan pemerintah pada 25 Oktober 2021 dan setelmen pada 27 Oktober 2021.

Jadwal Penerbitan ORI020

Illustration

Sumber: Kementerian Keuangan

Seperti ORI seri sebelumnya, ORI020 juga akan dijual melalui jalur online. ORI020 nantinya bisa dibeli melalui 27 mitra distribusi baik bank, sekuritas dan fintech. Salah satu mitra distribusi adalah Bareksa, platform e-investasi terbesar di Indonesia.

Struktur Penerbitan ORI020

Illustration

Sumber: Kementerian Keuangan

ORI020 akan jatuh tempo pada 15 Oktober 2024. Investor ritel bisa memesan ORI020 dengan minimum pemesanan senilai Rp1 juta dan maksimum pemesanan Rp2 miliar.

Mengenai batas maksimum pemesanan ORI020, kebijakan pemerintah ini berbeda dibandingkan ORI sebelumnya yakni ORI019. Pada ORI019, pemerintah menetapkan batas maksimum pemesanan Rp3 miliar.

ORI020 merupakan SBN Ritel jenis konvensional yang bersifat bisa diperdagangkan (tradable) dengan tenor investasi 3 tahun dan imbalan bersifat tetap (fixed coupon).

​***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

ORI020 merupakan salah satu jenis SBN Ritel yang memiliki fitur bisa diperdagangkan dengan tenor 3 tahun. Nilai investasi minimal Rp1 juta dan maksimal Rp2 miliar.

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua