Berita / SBN / Artikel

Pemerintah Pastikan SBR010 Dirilis 21 Juni, Siap Investasi?

SBR010 akan jadi pilihan investasi alternatif yang menarik bagi masyarakat
Abdul Malik • 11 Jun 2021
cover

Ilustrasi Muslimah investor yang berinvestasi di reksadana syariah dan SBN Ritel syariah. (Shutterstock)

Bareksa.com​ - Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan Risiko Kementerian Keuangan, Deni Ridwan menyatakan pemerintah akan menawarkan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel berupa Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR010 pada bulan ini.

"Peluncuran SBR010 sejauh ini masih on schedule, 21 Juni," kata Deni kepada Bareksa, Kamis malam (10/6/2021).

SBR010 merupakan salah satu dari empat SBN Ritel yang akan diterbitkan lagi pemerintah pada tahun ini. Sebelumnya pemerintah telah menerbitkan ORI019 dan ST014.

Pemerintah, kata Deni optimistis SBR010 akan mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Ia meyakini, bahwa SBR010 akan jadi pilihan investasi alternatif yang menarik bagi masyarakat.

"Next week, tim pricing baru akan menetapkan berapa imbal hasilnya," lanjut Deni.

Sementara itu Head of Economics Research Pefindo, Fikri C Permana memperkirakan kupon yang ditawarkan SBR010 kemungkinan akan lebih rendah dibanding SBN Ritel sebelumnya, yakni ST014. Adapun imbal hasil ST014 sebesar 5,47 persen.

"SBR010 akan tetap lebih menarik dibanding deposito yang bunganya sekitar 4 persen, belum lagi pajaknya 20 persen. Sementara SBN pajaknya hanya 15 persen, jadi dari situ sudah ada spread yang lebih," ujar Fikri dilansir Kontan.

Jadwal penerbitan SBN Ritel tahun 2021

Sumber: DJPPR Kementerian Keuangan

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan anggaran untuk pembangunan negara. SBN ritel bisa dipesan di sejumlah mitra distribusi yang ditunjuk Kemenkeu, termasuk Bareksa. 

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN Ritel? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN Ritel di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau Bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel atau SBN Ritelsecara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.