BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Bidik Potensi Investor Ritel, Obligasi Korporasi Ini Ditawarkan Mulai Rp1 Juta

Abdul Malik15 Januari 2021
Tags:
Bidik Potensi Investor Ritel, Obligasi Korporasi Ini Ditawarkan Mulai Rp1 Juta
Ilustrasi investor ritel sedang memantau pergerakan investasinya melalui hp, smartphone dan komputer laptop. (shutterstock)

Investor ritel juga bisa semakin kuat di pasar obligasi korporasi

Bareksa.com - Investor ritel mempunyai kesempatan untuk memiliki obligasi korporasi hanya dengan investasi mulai Rp1juta. PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF melalui Danareksa Sekuritas menawarkan Obligasi Berkelanjutan V Sarana Multigriya Finansial Tahap V Tahun 2021 kepada nasabah ritel.

Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas, Friderica Widyasari Dewi mengatakan ini kali pertama obligasi korporasi ditawarkan mulai dari Rp1 juta. Tak ayal ia menyampaikan harapan investor ritel juga bisa semakin kuat di pasar obligasi korporasi.

"Pertumbuhan investor ritel di pasar saham terus naik begitupun obligasi pemerintah, sementara investor ritel di obligasi korporasi masih tertinggal," kata Friderica, Kamis (14/1/2021) dilansir Kontan.

Promo Terbaru di Bareksa

Friderica melihat potensi imbal hasil di obligasi korporasi juga tidak kalah menarik, termasuk obligasi dari SMF yang memiliki bisnis berkepanjangan dan berada di bawah Badan Usaha Milik Negara(BUMN). "Kita ingin juga yield yang menarik ini dirasakan investor ritel," kata Friderica.

Penerbitan obligasi yang dilakukan melalui Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) ini bernilai total Rp19 triliun. Obligasi SMF ini mendapat rating idAAA (tripel A) dari Pefindo.

Untuk prosesnya, penawaran obligasi ritel ini mirip dengan penawaran saham perdana. Penawaran awal (bookbuilding) sudah dimulai sejak 4 Januari lalu dan akan berlangsung hingga 19 Januari.

Sementara final pricing dipatok pada 20 Januari dan penentuan porsi ritel dijadwalkan 21 Januari. Penawaran umum bakal digelar pada 4 Februari-5 Februari.

Penjatahan rencananya dilakukan pada 8 Februari. Lebih lanjut, SMF membagi obligasi ini dalam dua seri. Pertama, seri A dengan tenor 370 hari kalendar menawarkan kupon di kisaran 4,75 persen-5,75 persen. Kedua, seri B dengan tenor 3 tahun menawarkan kupon di kisaran 5,75 persen hingga 6,75 persen.

(Martina Priyanti/AM)

​​***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil tetapi juga membantu pembiayaan APBN untuk pembangunan negara. Tunggu penerbitan SBN Ritel berikutnya di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SBN ritel seri berikutnya.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua