BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

TBIG Terbitkan Obligasi Rp750 Miliar, Tawarkan Kupon hingga 7,25 Persen

Abdul Malik04 Desember 2020
Tags:
TBIG Terbitkan Obligasi Rp750 Miliar, Tawarkan Kupon hingga 7,25 Persen
Ilustrasi perkembangan pasar obligasi korporasi. (Shutterstock)

Obligasi mulai dicatatkan di Bursa Efek Indonesia pada 3 Desember 2020

Bareksa.com - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), salah satu emiten penyedia jasa infrastruktur telekomunikasi, menyelesaikan penerbitan Obligasi Berkelanjutan IV Tower Bersama Infrastructure Tahap II Tahun 2020. Melansir CNBC Indonesia, nilai emisi obligasi dimaksud Rp750 miliar. Penerbitan surat utang tersebut terdiri dari nilai pokok Rp295 miliar dengan tingkat bunga tetap 5,75 persen dengan tenor 370 hari dan sisanya Rp455 miliar dengan tingkat bunga tetap 7,25 persen untuk tenor 3 tahun.

Pembayaran bunga obligasi ini dilakukan setiap kuartalan.Obligasi Berkelanjutan IV Tower Bersama Infrastructure Tahap II Tahun 2020 mulai dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis, 3 Desember 2020.

"Penggunaan dana dari penawaran ini setelah dikurangi biaya penerbitan akan digunakan untuk pembayaran sebagian kewajiban finansial dari entitas anak perseroan, khususnya fasilitas pinjaman revolving US$375 juta dari credit facilities yang ada," kata Helmy Yusman Santoso, CFO Tower Bersama, dalam keterangannya seperti dilansir CNBC Indonesia.

Promo Terbaru di Bareksa

Sampai dengan 30 September 2020, menurut CNBC Indonesia, total pinjaman (debt) Perseroan dalam mata uang dolar Amerika yang telah dilindung nilai diukur dengan menggunakan kurs lindung nilainya, adalah sebesar Rp22,40 triliun dan total pinjaman senior (gross senior debt) sebesar Rp10,20 triliun.Lebih lanjut, dengan saldo kas yang mencapai Rp574 miliar, maka total pinjaman bersih (net debt) menjadi Rp21,83 triliun.

Sedangkan total pinjaman senior bersih (net senior debt) Perseroan menjadi Rp9,62 triliun.Peringkat AA+(idn)Dijelaskan, dengan acuan EBITDA triwulan ketiga 2020 yang disetahunkan, maka rasio pinjaman senior bersih terhadap EBITDA adalah 2,04 kali dan total pinjaman bersih terhadap EBITDA adalah 4,63 kali, di bawah ketentuan surat utang perseroan yang mensyaratkan rasio total pinjaman yang diukur dengan menggunakan kurs lindung nilai terhadap EBITDA kuartal terakhir yang disetahunkan untuk tidak lebih dari 6.25 kali.

Sementara itu Fitch Ratings Indonesia, telah menaikkan peringkat nasional jangka panjang TBIG ke AA+(idn) dengan outlook stabil. Hal tersebut sejalan dengan Fitch Ratings Internasional yang menaikkan peringkat ke investment grade BBB- untuk peringkat jangka panjang mata uang asing TBIG.

Obligasi TBIG IV Tahap II merupakan penerbitan ketiga perseroan di pasar obligasi rupiah tahun ini dengan harga terendah. "Kami berharap dapat terus mengakses pasar obligasi rupiah seiring dengan pertumbuhan bisnis kami," lanjut Helmy.

Sebelumnya pada Kamis, 12 November 2020, perseroan juga mendapat restu pemegang saham untuk menerbitkan surat utang dalam denominasi dolar atau notes US$700 juta. Nilai tersebut setara Rp10,42 triliun dengan asumsi kurs tengah Bank Indonesia Rp14.918 per dolar Amerika.

Dana dari penerbitan surat utang, disalurkan kepada anak usaha melalui pinjaman atau penyertaan modal, melakukan pelunasan kewajiban utang jatuh tempo dan pembayaran atas pinjaman yang dipercepat.

(Martina Priyanti/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Dengan berinvestasi di SBN Ritel kita tidak hanya mendapatkan imbal hasil namun juga membantu pembiayaan APBN untuk pembangunan negara. Tunggu penerbitan SBN Ritel berikutnya di Bareksa. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan ST007.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua