BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Milenial! Begini Cara Jadi Pahlawan Negara Zaman Now

Abdul Malik10 November 2020
Tags:
Milenial! Begini Cara Jadi Pahlawan Negara Zaman Now
Banner Green Sukuk Ritel ST007. (Kemenkeu)

Berinvestasi di ST007, kita kut berpartisipasi dalam aksi bela negara mendukung pembiayaan pembangunan serta menjaga kelestarian bumi

Bareksa.com - Hari ini tanggal 10 November, diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional setiap tahunnya. Peringatan Hari Pahlawan sejatinya bertujuan agar kita bisa mengenang jasa pahlawan yang telah gugur melawan para penjajah demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia di masa lalu. Utamannya mengenang peristiwa pertempuran Surabaya yang terjadi pada 1945.

Namun kesempatan untuk berjuang melawan penjajah seperti yang dilakukan para pahlawan di masa lalu, tidak lagi bisa kita dapatkan di zaman now. Sebab tugas kita saat ini bukan lagi merebut kemerdekaan, melainkan bagaimana mengisi kemerdekaan dengan beragam prestasi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia pahlawan dimaknai sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau pejuang yang gagah berani.

Pahlawan dalam arti luas bisa siapa saja, yang berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungannya. Karena tidak semua dari kita juga memiliki kemampuan dan berkesempatan mengikuti kompetisi tingkat dunia, seperti olimpiade olahraga atau ilmu pengetahuan, sehingga bisa mengharumkan nama bangsa. Tidak juga kita mesti berjuang membela umat manusia layaknya tokoh superhero dalam film The Avengers dan Justice Lueague.

Promo Terbaru di Bareksa

Karena itu kita tidak perlu berkecil hati, meski kita tidak berjuang membela negara untuk melawan penjajah, namun kita bisa berkontribusi sesuai bidang kita masing-masing. Zaman now, ada banyak cara yang bisa kita lakukan dalam melakukan aksi bela negara maupun membantu pembangunan negara. Salah satunya ialah dengan berinvestasi di Green Sukuk Ritel - Sukuk Tabungan seri ST007.

Selain mendukung pembiayaan pembangunan negara, dengan investasi di ST007, kita turut membantu pengembangan pasar keuangan syariah, serta berpartisipasi dalam mengatasi perubahan iklim, yang diwujudkan melalui penerbitan instrumen pembiayaan yang inovatif dan berkelanjutan.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Luky Alfirman, mengatakan tujuan penerbitan Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan seri ST007 ini tidak hanya untuk memenuhi pembiayaan APBN, tetapi juga untuk memberikan kesempatan kepada setiap Warga Negara Indonesia untuk dapat berpartisipasi mendukung pembangunan nasional. "Berinvestasi di Green Sukuk Ritel-Sukuk Tabungan ST007 sekaligus membantu mengatasi dampak dari perubahan iklim karena hasil penerbitannya akan digunakan untuk membiayai proyek-proyek hijau dalam APBN," ujar Luky (4/11).

Sukuk Tabungan adalah pernyataan kepemilikan sebagian aset negara, yang memiliki jangka waktu dua tahun. Bila kita membeli Sukuk Tabungan artinya kita membeli aset negara. Aset ini kemudian akan kita sewakan kembali kepada pemerintah hingga saat jatuh tempo, atau masa berlakunya habis.

Pada saat jatuh tempo, pemerintah akan mengembalikan uang pokok kita secara utuh dan aset negara pun kita kembalikan. ST007 memiliki masa berlaku dua tahun dan akan jatuh tempo pada 10 November 2022. Sukuk Tabungan ialah SBSN dengan jenis akad wakalah yang diterbitkan tanpa warkat (scripless) serta tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder, namun memiliki opsi early redemption yang merupakan salah satu fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok ST007 oleh Pemerintah sebelum jatuh tempo.

Imbalan atau kupon ST007 telah ditetapkan 5,5 persen persen per tahun dengan sistem floating with floor. Artinya, imbalan bisa naik bila acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate naik, tetapi tidak bisa turun dari batas minimal (floor) di 5,5 persen. Peluncuran ST007 ini mengusung tema lingkungan dengan tagline “Dari Diri Untuk Bumi” dan tagar #JadiLebihBijak. Green Sukuk Ritel ini adalah yang kedua setelah tahun lalu Pemerintah Indonesia juga meluncurkan ST006. Hingga saat ini, Indonesia adalah satu-satunya penerbit Green Sukuk Ritel di dunia.

Mengapa ST007 disebut Green Sukuk Ritel? Sebab, dana hasil penerbitan ST007 akan digunakan untuk proyek-proyek berbasis lingkungan (green projects) yang sesuai dengan komitmen pemerintah dalam green framework untuk mengurangi efek emisi karbon di dunia. Proyek yang masuk dalam green framework antara lain transportasi, sarana prasarana kereta api, energi, energi terbarukan, manajemen sampah, manajemen air, dan pertanian.

Investasi ini sangat cocok bagi investor pemula ataupun investor ritel, karena modal awal untuk membeli sukuk ini sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp1 juta (1 unit) dan maksimal Rp3 miliar (3000 unit).

Apa saja keuntungan yang didapat investor ketika berinvestasi di ST007

Selain cocok bagi investor pemula, instrumen investasi ST007 ini juga memiliki beberapa keuntungan, antara lain :

1. Pembayaran Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal ST007 dijamin oleh Negara berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN setiap tahunnya, sehingga Sukuk Tabungan seri ST007 tidak mempunyai risiko gagal bayar.
2. Pada saat diterbitkan, Imbalan/Kupon ST007 ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara.
3. Imbalan/kupon mengambang dengan jaminan kupon minimal (floor) sampai dengan tanggal jatuh tempo.
4. Imbalan/kupon ST007 dibayar setiap bulan.
5. Terdapat fasilitas early redemption tanpa dikenakan redemption cost.
6. Kemudahan akses untuk melakukan pemesanan pembelian dan pengajuan early redemption melalui sistem elektronik.
7. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.
8. Memberikan akses kepada investor untuk berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.
9. Selain itu, ada keuntungan lain buat investor yang memesan ST007 melalui Bareksa, yakni hadiah voucher reksadana mulai dari Rp50.000, Rp200.000 hingga Rp400.000.

Dengan berinvestasi di ST007 kita ikut berpartisipasi dalam aksi bela negara mendukung pembiayaan pembangunan, serta menjaga kelestarian bumi. Menarik bukan?

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemerintah membuka masa penawaran Green Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan seri ST007 pada 4-25 November 2020. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan ST007.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua