BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Suku Bunga Tren Turun, Green Sukuk Ritel ST007 Bisa Jadi Pilihan Investasi

Abdul Malik05 November 2020
Tags:
Suku Bunga Tren Turun, Green Sukuk Ritel ST007 Bisa Jadi Pilihan Investasi
Launching Green Sukuk Ritel Sukuk Tabungan seri ST007 dengan tema "Dari Diri untuk Bumi" yang ditandai penyiraman tanaman secara virtual oleh Luky Alfirman, Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu. (4/11/2020)

Tingkat suku bunga hingga akhir 2020 masih berpotensi turun dan cenderung flat di 2021

Bareksa.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mulai menawarkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) berjenis Sukuk Tabungan seri ST007. Imbalan atau kupon ST007 telah ditetapkan 5,5 persen persen dengan sistem floating with floor.

"Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko menetapkan tingkat imbalan untuk periode 3 (tiga) bulan pertama (hingga 10 Februari 2021) adalah 5,5 persen per tahun, terdiri dari BI 7-day (reverse) Repo Rate pada saat penetapan yaitu 4 persen ditambah spread 150 bps, dan berlaku juga sebagai tingkat imbalan minimal (floor rate). Tingkat imbalan minimal (floor rate) berlaku tetap sampai jatuh tempo," tulis DJPPR melalui pesan singkat kepada mitra distribusi, Senin 2 November 2020.

Salah satu keunikan yang digagas pemerintah guna menarik minat investor individu ialah memperkenalkan istilah “floating with floor”.

Promo Terbaru di Bareksa

Apa itu "floating with floor"?

Kalau kita terjemahkan, "floating with floor" adalah kupon yang mengambang dengan kupon minimal. "Mengambang" artinya besaran kupon Sukuk Tabungan (ST) akan disesuaikan dengan perubahan tingkat suku bunga Bank Indonesia, sebagai acuan.

Sedangkan "Kupon Minimal" artinya tingkat kupon pertama yang ditetapkan akan menjadi kupon minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo.
Untuk lebih memahaminya, mari kita gunakan simulasi.

Misalnya dijelaskan bahwa kupon minimal ialah 4 persen + 1,5 persen, di mana 4 persen merupakan suku bunga Bank Indonesia saat ini, sedangkan 1,5 persen merupakan tambahan selisih (spread) yang ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga jika dijumlah maka ST007 akan menghasilkan kupon 5,5 persen per tahunnya jika suku bunga tidak berubah.

Apakah Berinvestasi di ST007 Menguntungkan di Tengah Penurunan Suku Bunga?

Menurut konsensus yang dihimpun oleh Bloomberg, diperkirakan suku bunga Indonesia di tahun 2020 akan berada dibawah 4 persen dan akan mulai kembali naik di tahun 2022 seiring dengan kenaikan laju inflasi dan recovery yang terjadi pada GDP Indonesia.

Illustration

Sumber : Bloomberg

Dari uraian tersebut, dapat ditarik kesimpulan tingkat suku bunga di akhir tahun 2020 masih berpotensi turun dan cenderung flat di tahun 2021. Namun demikian, akan kembali naik pada tahun 2022 seiring dengan ekspektasi perbaikan ekonomi yang ditunjukan oleh kenaikan inflasi dan GDP.

Lalu, jika diasumsikan suku bunga turun di tahun 2021 menjadi 3,85 persen sesuai konsensus Bloomberg, maka berinvestasi pada ST007 akan diuntungkan. Sebab, berinvestasi pada instrument tersebut terdapat fitur floating with floor, di mana kupon ST007 tidak turun dan tetap berada di level 5,5 persen meskipun suku bunga turun dibawah 4 persen.

Mengingat jatuh tempo ST007 akan berakhir pada November 2022, dan suku bunga diproyeksikan naik menjadi 4,25 persen mengacu pada data di atas, berinvestasi pada ST007 juga diuntungkan, dikarenakan kupon ST007 berpotensi ikut naik menjadi 5,75 persen dengan rumus (4,25 persen + 1,5 persen), sehingga jika dijumlah maka ST007 akan menghasilkan kupon 5,75 persen per tahun. Begitupun jika suku bunga terus meningkat.

ST007 bisa dibeli secara online di sejumlah mitra distribusi, termasuk Bareksa, hanya pada masa penawaran 4-25 November 2020. Produk investasi ini sangat cocok bagi investor pemula ataupun investor ritel karena bisa dibeli dengan modal mulai dari Rp1 juta (1 unit), kelipatan Rp1 juta hingga Rp3 miliar per orang selama masa penawaran.

Selain itu, ada keuntungan lain buat investor yang memesan ST007 melalui Bareksa, yakni hadiah voucher reksadana mulai dari Rp50.000, Rp200.000 hingga Rp400.000.

(KA02/AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemerintah membuka masa penawaran Green Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan seri ST007 pada 4-25 November 2020. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi di SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan ORI018.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.


Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua