Menu
BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Biayai Pemulihan Ekonomi, Pemerintah Private Placement SUN Rp16,98 Triliun ke BI

Bareksa27 Agustus 2020
Tags:
Biayai Pemulihan Ekonomi, Pemerintah Private Placement SUN Rp16,98 Triliun ke BI
Ilustrasi obligasi surat utang negara surat berharga negara yang digambarkan dengan kertas sertifikat obligasi dengan kacamata dan pulpen.

Penerbitan SUN hari ini merupakan transaksi yang kedua untuk pemenuhan sebagian pembiayaan public goods

Bareksa.com - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan pada hari ini, Rabu (27/8/2020), melaksanakan penerbitan Surat Utang Negara (SUN), dengan cara private placement kepada Bank Indonesia (BI) senilai Rp16,98 triliun. SUN yang diterbitkan merupakan tiga seri obligasi negara yaitu seri VR0038, VR0039, VR0040, dan VR0041.

"Penerbitan SUN hari ini merupakan transaksi yang kedua untuk pemenuhan sebagian pembiayaan public goods. Total kebutuhan pembiayaan public goods adalah Rp397,56 triliun, meliputi pembiayaan untuk belanja kesehatan, perlindungan sosial, serta pembiayaan sektoral Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah dalam rangka penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," demikian disebutkan DJPPR Kemenkeu dalam keterangannya (27/8/2020).

Transaksi lelang SUN hari ini dilakukan berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Indonesia nomor 347/KMK.08/2020 dan 22/9/KEP.GBI/2020 tanggal 20 Juli 2020 tentang Skema dan Mekanisme Koordinasi Pembelian SUN dan atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) oleh Bank Indonesia di Pasar Perdana dan Pembagian Beban Biaya dalam rangka Pembiayaan Penanganan Dampak Pandemi COVID-19 dan PEN, serta sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang SUN dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 51/PMK.08/2019 tentang Penjualan SUN Dengan Cara Private Placement.

Promo Terbaru di Bareksa

Pokok-pokok ketentuan dan persyaratan dari keempat seri SUN yang diterbitkan:

Illustration
Sumber: DJPPR Kemenkeu

Penerbitan SUN dan atau SBSN baik untuk public goods maupun non-public goods dalam rangka penanggulangan Covid-19 dan PEN, akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemesanan SR013 secara online di Bareksa hanya bisa dilakukan pada masa penawaran 28 Agustus - 23 September 2020. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar melalui aplikasi Bareksa sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP (opsional).

Bagi yang sudah punya akun Bareksa untuk reksadana, lengkapi data berupa rekening bank untuk mulai membeli SBN di Bareksa. Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di Bareksa untuk memesan SR013.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua