BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Apakah Kupon ORI017 Fixed 6,4% Menarik? Ini Perbandingan dengan Seri Benchmark

Bareksa15 Juni 2020
Tags:
Apakah Kupon ORI017 Fixed 6,4% Menarik? Ini Perbandingan dengan Seri Benchmark
Ilustrasi keuntungan dari investasi di reksadana, saham, obligasi, deposito yang digambarkan dengan tangan menunjukkan lambang persen warna merah.

ORI adalah instrumen surat utang yang 100 persen dijamin oleh negara

Bareksa.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menetapkan kupon Obligasi Negara Ritel Seri ORI017 sebesar 6,4 persen per tahun. Keuntungan yang dibayarkan pada investor ini bisa dibilang menarik bila dibandingkan dengan acuannya.

"Menindaklanjuti penetapan tingkat kupon Obligasi Negara Ritel seri ORI017 oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko atas nama Menteri Keuangan, kami informasikan kepada Bapak/Ibu bahwa kupon ORI016 sebesar 6,40 persen per tahun dan berlaku tetap sampai dengan jatuh tempo," tulis dalam pesan singkat Kementerian Keuangan kepada mitra distribusi 11 Juni 2020.

ORI adalah instrumen surat utang yang 100 persen dijamin oleh negara dan masuk dalam Surat Berharga Negara (SBN). ORI017 memiliki jangka waktu tiga tahun tetapi bisa dijual sebelum jatuh tempo 15 Juli 2023 dan diperdagangkan di pasar sekunder (tradable).

Promo Terbaru di Bareksa

Berdasarkan karakteristik tersebut, kita bisa membandingkan kupon ORI017 ini dengan imbal hasil (yield) surat utang seri acuan (benchmark), yaitu indeks obligasi pemerintah dengan tenor 3 tahun. Menurut data Indonesia Bond Index Pricing Agency (IBPA), yield wajar obligasi negara tenor 3 tahun adalah 6,3998 persen per tanggal 12 Juni 2020.

Tabel Yield Wajar Obligasi Pemerintah

Illustration

Sumber: IBPA

Dari tabel tersebut bisa terlihat bahwa kupon tetap ORI017 sebesar 6,4 persen, sedikit lebih tinggi bila dibandingkan dengan seri surat utang negara lainnya. Ini merupakan daya tarik bagi investor pribadi atau ritel seperti kita yang bisa memesan dengan modal terjangkau mulai dari Rp1 juta hingga Rp3 miliar.

Meski perhitungan besaran kupon adalah per tahun, pembayarannya dilakukan secara bulanan. Artinya, besaran kupon per tahun itu dibagi menjadi 12 bulan dan pembayaran pertama dilakukan pada 15 Agustus 2020. Lihat cara hitung kupon ORI017 per bulan di sini.

Perlu diketahui, ORI bisa dipesan secara online melalui mitra distribusi, termasuk Bareksa. Masa penawaran ORI017 adalah pada 15 Juni - 9 Juli 2020. Ada promo khusus berupa voucher emas hingga Rp300.000 untuk pembelian di Bareksa, kuota terbatas.

ORI adalah satu jenis Surat Berharga Negara (SBN) yang diterbitkan oleh pemerintah dalam rangka mencari pembiayaan anggaran. Bila kita membeli ORI, maka kita ikut membantu pembangunan negara. Baca juga syarat dan ketentuan ORI017 di sini.

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Obligasi Negara Ritel seri ORI017 hanya bisa dipesan online selama masa penawaran 15 Juni - 9 Juli 2020 di Bareksa. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBN.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBN? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua