BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Ini Alasan Pemerintah Dahulukan Penerbitan ORI017 dari SBR010

Bareksa11 Juni 2020
Tags:
Ini Alasan Pemerintah Dahulukan Penerbitan ORI017 dari SBR010
Ilustrasi seseorang sedang membuat lingkaran dengan spidol pulpen berwarna untuk menandai tanggal di kalender.

ORI017 bisa jadi alternatif bagi masyarakat sekaligus strategi dalam mengembangkan inklusi keuangan

Bareksa.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan kembali menawarkan Surat Berharga Negara (SBN) berjenis obligasi negara ritel seri ORI017. Rencananya, ORI017 akan ditawarkan mulai 15 Juni 2020.

Jadwal Penerbitan ORI017

Illustration
Sumber: DJPPR Kementerian Keuangan

Namun, sejatinya pada Juni pemerintah dijadwalkan menerbitkan SBR010. Hanya saja, dengan berbagai pertimbangan, jadwal tersebut digeser. Karena itu, ORI017 yang semula dijadwalkan dijual pada Oktober 2020, pun dimajukan menjadi bulan ini.

Direktur Surat Utang Negara (SUN) Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan, Deni Ridwan mengatakan pengubahan jadwal tersebut berdasarkan masukan dari para stakeholders.

"Mitra Distribusi (Midis) kami yang mengindikasikan bahwa preferensi para investor saat ini lebih tinggi terhadap ORI," ujar Deni seperti dikutip Kontan.co.id, Rabu (10/6/2020).

Deni menjelaskan dengan adanya pandemi Covid-19, telah menimbulkan tekanan terhadap kondisi keuangan sebagian kelompok masyarakat tertentu. Namun, di satu sisi terdapat juga masyarakat yang justru mempunyai ekses likuiditas yang dapat diinvestasikan seiring belanja pada bulan puasa dan Lebaran relatif rendah.

"Walaupun memiliki dana untuk investasi, para investor ini juga tetap perlu dana untuk berjaga-jaga yang bisa dipakai sewaktu-waktu. Karena itu, ORI dinilai lebih sesuai karena ada fitur tradable, yaitu fitur di mana investor bisa menjual ORI di pasar sekunder," ucap Deni.

Ia juga mengungkapkan penerbitan surat berharga negara ritel ini sebagai salah satu cara pemerintah dalam menyediakan pilihan investasi alternatif yang menguntungkan dan aman untuk masyarakat. Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19, pilihan investasi pun jadi relatif terbatas.

"Sehingga ORI ini bisa jadi alternatif bagi masyarakat sekaligus strategi dalam mengembangkan inklusi keuangan," kata Deni.

(AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Pemerintah membuka masa penawaran Sukuk Ritel seri SR012 mulai 24 Februari 2020 dan telah berakhir pada 18 Maret 2020. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN seri selanjutnya? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBN seri berikutnya.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBN? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua