Berita / Kategori / Artikel

ORI Bersifat Tradable, Apa Keuntungannya?

Pemerintah akan menawarkan ORI seri terbaru yaitu ORI017 pada tanggal 15 Juni hingga 9 Juli 2020
• 05 Jun 2020
cover

Ilustrasi wanita sedang berpikir bingung mempertimbangkan investasi reksadana saham obligasi surat utang negara sambil memegang pensil di depan komputer laptop dan tablet gadget.

Bareksa.com - Dalam menanamkan modal untuk berinvestasi, kita sebagai investor tentu memiliki berbagai kriteria pemilihan instrumen. Tidak melulu soal keuntungan atau imbal hasil, risiko dan kemudahan pencairan (likuiditas) juga perlu menjadi pertimbangan.

Untuk investor yang mencari produk investasi risiko rendah, Surat Berharga Negara (SBN) bisa jadi pilihan. Sebab, baik pokok maupun pembayaran kupon (bunga) dijamin 100 persen oleh undang-undang.

SBN ini beragam jenisnya dan untuk investor individu atau ritel seperti kita, ada yang namanya Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI). Ini adalah surat utang negara yang sifatnya tradable.

Pemerintah akan menawarkan ORI seri terbaru yaitu ORI017 pada tanggal 15 Juni hingga 9 Juli 2020. ORI017 bisa dibeli secara online melalui sejumlah mitra distribusi, termasuk Bareksa.

Apa itu tradable?

Tradable artinya bisa diperdagangkan sebelum jatuh tempo. ORI biasanya memiliki jatuh tempo 3 tahun, bila investor butuh dana cepat, investor bisa menjualnya di pasar sekunder.

Selain ORI, SBN ritel lain yang bersifat tradable adalah Sukuk Ritel. SBN yang bersifat tradable ini terbilang lebih likuid, sehingga lebih diminati oleh investor ritel.

Adapun SBN yang bersifat non-tradable atau tidak bisa diperdagangkan di pasar sekunder adalah jenis Savings Bond Ritel (SBR) dan Sukuk Tabungan (ST). Menurut data historis, hasil penawaran seri SBN tradable lebih tinggi dibandingkan dengan jenis SBN yang non-tradable.

Contohnya, pada 2019 ada 10 kali penawaran SBN ritel, dengan 2 seri tradable dan 8 seri non-tradable. Akan tetapi, nilai penjualan dua seri tradable di 2019, yakni SR011 dan ORI016 secara total mencapai Rp29,33 triliun, lebih dari separuh nilai penjualan SBN ritel tahun lalu.

Tabel Penjualan SBN Ritel 2019

Sumber: Kemenkeu, diolah Bareksa

Apa keuntungan ORI bagi investor?

ORI menawarkan dua sumber keuntungan bagi investornya, yakni kupon (bunga) dan capital gain. Kupon adalah imbal hasil yang dibayarkan secara berkala, sementara capital gain adalah potensi peningkatan harga bila dijual di pasar sekunder.

Kupon ORI bersifat tetap dan akan diumumkan nanti tanggal 11 Juni 2020. Pembayaran kupon akan dilakukan per bulan setiap tanggal 15 dan kupon perdana dibayarkan pada 15 Agustus 2020.

Sementara itu, capital gain bisa terjadi bila ada peningkatan harga obligasi negara di pasar sekunder. Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga obligasi negara, seperti suku bunga acuan, dan imbal hasil (yield) obligasi negara seri acuan bertenor 10 tahun.

Pasar sekunder adalah perdagangan yang terjadi setelah masa penawaran (pasar perdana). Khusus untuk ORI017, pasar sekunder dimulai setelah dua kali pembayaran kupon, yaitu setelah 15 September 2020.

Penawaran obligasi negara ini bisa menjadi peluang investor ritel masuk ke pasar obligasi, yang disebut memiliki prospek cerah karena imbal hasil menarik dan risiko rendah. Indonesia telah mendapatkan peringkat layak investasi (investment grade) dari tiga lembaga rating internasional.

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

SBN untuk ritel hanya bisa dipesan online selama masa penawaran saja di Bareksa. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR, ORI atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBN.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBN? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

 

Tags: