BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Kupon SBR009 6,3 persen, Kemenkeu : Masih Lebih Menarik dari Deposito

Bareksa24 Januari 2020
Tags:
Kupon SBR009 6,3 persen, Kemenkeu : Masih Lebih Menarik dari Deposito
Direktur Surat Utang Kemenkeu Loto Srinaita Ginting saat ditemui di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (23/1/2020). (Issa A/Bareksa)

Apalagi, bisa dibeli mulai Rp1.000.000

Bareksa.com – Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan menyampaikan, tingkat kupon Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR009 masih cukup menarik. Dengan kupon 6,3 persen, DJPPR meyakini, SBR009 bisa tetap menarik perhatian investor ritel Tanah Air.

Seperti penuturan Direktur Surat Utang Kemenkeu Loto Srinaita Ginting kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 23 Januari 2019. Loto menyampaikan, tingkat kupon SBR009 yang 6,3 persen tersebut masih lebih menarik daripada tingkat bunga deposito.

“Apalagi, bisa dibeli mulai Rp1.000.000,” ujar Loto.

Promo Terbaru di Bareksa

Loto menyampaikan, SBR009 akan mulai ditawarkan pada 27 Januari 2020 mendatang. Dia berharap, penawaran yang masuk tidak jauh berbeda dengan SBR seri SBR008 sebagai seri SBR terakhir pada 2019 lalu.

Loto juga menegaskan, kehadiran surat utang negara (SUN) ritel menjadi peluang tersendiri sebagai diversifikasi instrumen investasi masyarakat. Terlebih, SBR009 tidak diperuntukkan bagi investor istitusi maupun investor asing.

“Hanya untuk ritel Warga Negara Indonesia (WNI),” tuturnya.

Di sisi lain dia menyampaikan, rencana penerbitan SUN ritel tahun ini akan berlangsung tiga kali, dengan satu penerbitan untuk SUN ritel diaspora, dan tiga penerbitan SUN syariah.

“Berikutnya, SBR0010 akan terbit pada Juni mendatang,” jelas Loto.

Pada tahun ini, jumlah penerbitan SUN ritel tidak sebanyak tahun lalu. Loto mengungkapkan, hal itu sejalan dengan komunikasi dengan para mitra distribusi yang menilai perlunya ada jarak antara penerbitan satu SUN ritel dengan SUN ritel lainnya.

“Karena jangka waktu penawaran ke investor ritel cukup panjang. Jadi butuh jarak antara satu instrumen ke instrumen lainnya,” imbuh dia.

Dia menilai, prospek penerbitan SUN ritel tetap baik pada tahun ini. Terlebih, kata Loto, pengelolaan ekonomi makro Indonesia cukup baik, sehingga ada harapan rating SUN masih bisa naik.

(AM)

***

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Savings Bond Ritel atau SBN ritel seri SBR009 hanya bisa dipesan selama masa penawaran pada 27 Januari - 13 Februari 2020. Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi SBN? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan SBN seri berikutnya.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli SBN? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua