BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Cara Mendapatkan Gaji Rp14,34 Juta per Bulan Tanpa Kerja dan Halal

Bareksa31 Oktober 2019
Tags:
Cara Mendapatkan Gaji Rp14,34 Juta per Bulan Tanpa Kerja dan Halal
Ilustrasi seseorang memegang amplop berisi lembaran uang rupiah sebagai THR, simpanan, tabungan, dana investasi reksadana saham surat utang negara

ST006, produk investasi khusus investor ritel yang dikelola sesuai syariat Islam bisa mulai dipesan 1 November

Bareksa.com - Kementerian Keuangan menetapkan imbalan (kupon) Sukuk Tabungan seri ST006 sebesar 6,75 persen per tahun. Sukuk Tabungan seri terbaru ini adalah instrumen investasi aman yang dijamin pemerintah khusus untuk pemodal individu dan bisa dibeli secara online.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, melalui pesan singkat kepada mitra distribusi mengatakan, kupon ST006 tersebut ditetapkan berdasarkan BI 7-day (reverse) Repo Rate pada saat penetapan yaitu 5 persen ditambah spread (selisih) tetap 175 bps.

"Kupon untuk periode tiga bulan pertama 6,75 persen per tahun, terdiri dari BI 7-day (reverse) Repo Rate pada saat penetapan yaitu 5 persen ditambah spread 175 bps, dan berlaku sebagai kupon minimal (floor rate). Kupon minimal (floor rate) berlaku tetap sampai jatuh tempo," tulis pesan singkat tersebut 30 Oktober 2019.

Promo Terbaru di Bareksa

Sukuk Tabungan adalah pernyataan kepemilikan sebagian aset negara, yang memiliki jangka waktu dua tahun. Bila kita membeli Sukuk Tabungan artinya kita membeli aset negara. Aset ini kemudian akan kita sewakan kembali kepada pemerintah hingga saat jatuh tempo, atau masa berlakunya habis.

Pada saat jatuh tempo, pemerintah akan mengembalikan uang pokok kita secara utuh dan aset negara pun kita kembalikan. ST006 memiliki masa berlaku dua tahun dan akan jatuh tempo pada November 2021.

Investasi ini sangat cocok bagi investor pemula ataupun investor ritel, karena modal awal untuk membeli sukuk ini sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp1 juta (1 unit) dan maksimal Rp3 miliar (3000 unit). ST006 juga menawarkan keuntungan berupa imbalan.

Sukuk Tabungan memberikan imbalan dengan sistem floating with floor, alias mengambang dengan batas minimal. Mengambang artinya besaran imbalan ST006 akan disesuaikan dengan perubahan BI 7 Day (Reverse) Repo Rate (BI 7DRRR), sebagai acuan. Penyesuaian imbalan ini akan dilakukan tiga bulan sekali.

Simulasi Imbal Hasil

Dengan kupon minimal 6,75 persen, berapa kira-kira nilai imbal hasil bersih yang akan didapatkan jika seorang berinvestasi senilai Rp3 miliar? Berikut Simulasinya.

Illustration
Sumber : simulasi Bareksa

Dalam simulasi tersebut, dapat dilihat bahwa seorang investor yang berinvestasi di ST006 senilai Rp3 miliar, maka ia akan mendapatkan “gaji cuma-cuma” senilai Rp14,34 juta setiap bulannya selama dua tahun.

Gaji gratis itu juga halal dan sesuai prinsip syariah berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia. Pembahasan lengkapnya di sini. Sangat menarik bukan?

Masih Bisa Naik

ST006 adalah instrumen surat utang yang memiliki imbalan mengambang dengan imbalan minimal (floating with floor). "Mengambang" artinya besaran imbalan sukuk tabungan akan disesuaikan dengan perubahan tingkat suku bunga Bank Indonesia, sebagai acuan.

Sedangkan "Imbalan Minimal" artinya tingkat imbalan pertama yang ditetapkan akan menjadi imbalan minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo.

Untuk lebih memahaminya, mari gunakan contoh. Saat ini ditetapkan imbalan minimal ialah 6,75 persen (5 persen ditambah 1,75 persen), di mana 5 persen merupakan tingkat imbalan acuan Bank Indonesia pada saat ini, sedangkan 1,75 persen merupakan tambahan selisih yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sehingga jika dijumlah maka ST006 akan menghasilkan imbalan 6,75 persen per tahunnya jika BI 7DRRR tidak berubah.

Bagaimana jika BI 7DRRR sebagai acuan naik jadi 5,25 persen?

Pemerintah bisa menyesuaikan imbalan dengan acuan ini. Dan bila disesuaikan, berarti investor berhak mendapatkan imbalan lebih tinggi dari imbalan minimal, dengan rumus (5,25 persen + 1,75 persen), sehingga jika dijumlah maka ST006 akan menghasilkan imbalan 7 persen per tahun. Begitupun jika acuan terus meningkat.

Bagaimana jika BI 7DRRR sebagai acuan turun jadi 4,75 persen?

ST006 yang dijual di Bareksa, tetap akan menghasilkan imbalan 6,75 persen per tahun yang berasal dari (5 persen + 1,75 persen) seperti ketentuan yang ditetapkan pemerintah yakni level imbalan 6,75 persen ditetapkan sebagai imbalan minimal. Begitupun jika acuan terus menurun.

* * *

Ingin berinvestasi halal yang dijamin negara?

Sukuk Tabungan seri ST006 hanya bisa dibeli selama masa penawaran 1-21 November 2019. Meski masa penawaran belum dibuka, kita sudah bisa mendaftar terlebih dahulu untuk memesan ST006 di Bareksa.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi ST006? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan ST006.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli ST006? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

(KA01/AM)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Empty Illustration

Produk Belum Tersedia

Ayo daftar Bareksa SBN sekarang untuk bertransaksi ketika periode pembelian dibuka.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua