BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Pemesanan Ditutup Jam 10 Pagi, Ini Keuntungan Berinvestasi Sukuk Tabungan ST005

Bareksa21 Agustus 2019
Tags:
Pemesanan Ditutup Jam 10 Pagi, Ini Keuntungan Berinvestasi Sukuk Tabungan ST005
Investasi Cinta Negeri Sukuk Tabungan ST005 (Kemenkeu)

Historikal kupon ST cenderung turun seiring tren penurunan suku bunga

Bareksa.com - Masyarakat Indonesia kini bisa berinvestasi sekaligus membantu negara dengan membeli Sukuk Tabungan (ST) seri terbaru, ST005 yang dijual secara online. Produk yang termasuk Surat Berharga Negara (SBN) syariah ini menggunakan prinsip-prinsip Islami yang memberikan keuntungan bagi investornya tanpa riba.

Sukuk Tabungan adalah bukti kepemilikan sebagian aset negara yang disewakan kepada pemerintah dan bukan surat utang. Bila kita membeli sukuk, artinya kita membeli aset negara.

Aset ini kemudian akan kita sewakan kembali kepada pemerintah hingga saat jatuh tempo, atau masa berlakunya habis. Pada saat jatuh tempo, pemerintah akan mengembalikan uang pokok kita secara utuh dan aset negara pun kita kembalikan.

Promo Terbaru di Bareksa

Meski namanya adalah tabungan, ST memiliki keunggulan lebih dibandingkan tabungan bank atau deposito pada umumnya. Ada empat keuntungan dari ST005 dibandingkan deposito bank yaitu: imbalan menarik, modal lebih terjangkau, pajak rendah, dan pencairan awal tanpa penalti.

Lantas, Apa saja keuntungan berinvestasi di Sukuk Tabungan?

Banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh dari investasi di Sukuk Tabungan, antara lain:

- Pembayaran Imbalan/Kupon dan Nilai Nominal dijamin oleh Negara berdasarkan Undang-Undang SBSN dan Undang-Undang APBN (setiap tahunnya), sehingga Sukuk Tabungan tidak mempunyai risiko gagal bayar.
- Pada saat diterbitkan, Imbalan/Kupon ST005 ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara.
- Imbalan/Kupon mengambang dengan jaminan kupon minimal (floor) sampai dengan Tanggal Jatuh Tempo.
- Imbalan/kupon dibayar setiap bulan.
- Fasilitas pencairan sebelum jatuh tempo (early redemption) tanpa dikenakan biaya pencairan (redemption cost) oleh Pemerintah.
- Kemudahan akses transaksi melalui sistem elektronik (online).
- Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.
- Memberikan akses kepada investor untuk berpartisipasi dalam aktivitas pasar keuangan dengan cara dan metode yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah.

Historikal Kupon ST Cenderung Turun Seiring Tren Penurunan Suku Bunga

- Tingkat Imbalan/kupon ST005 untuk periode pertama adalah 7,4 persen, yaitu berasal dari suku bunga acuan (BI-7 Day Reverse Repo Rate) 5,75 persen ditambah spread tetap 165 bps (1,65 persen).
- Tingkat Imbalan/kupon ST004 untuk periode pertama adalah 7,95 persen, yaitu berasal dari suku bunga acuan (BI-7 Day Reverse Repo Rate) 6 persen ditambah spread tetap 195 bps (1,95 persen).
- Tingkat Imbalan/kupon ST003 untuk periode pertama adalah 8,15 persen, yaitu berasal dari suku bunga acuan (BI-7 Day Reverse Repo Rate) 6 persen ditambah spread tetap 215 bps (2,15 persen).
- Tingkat Imbalan/kupon ST002 untuk periode pertama adalah 8,3 persen, yaitu berasal dari suku bunga acuan (BI-7 Day Reverse Repo Rate) 5,75 persen ditambah spread tetap 255 bps (2,55 persen).

* * *

Ingin berinvestasi sekaligus bantu negara?

Sukuk Tabungan seri ST005 hanya bisa dibeli selama masa penawaran 8-21 Agustus 2019.

Belum memiliki akun Bareksa tetapi ingin berinvestasi ST005? Segera daftar di sbn.bareksa.com sekarang, gratis hanya dengan menyiapkan KTP dan NPWP. Baca panduannya di sini.

Bagi yang sudah pernah membeli SBR atau Sukuk di Bareksa sebelumnya, Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesan ST005.

Bila sudah memiliki akun Bareksa untuk reksadana sebelumnya, segera lengkapi data Anda berupa NPWP dan rekening bank yang dimiliki.

Kalau belum punya NPWP, tapi mau beli ST005? Kita juga bisa meminjam NPWP punya orang tua atau suami.

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ritel secara online. Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

(KA02/AM)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua