BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Realisasi Pemesanan Sukuk Tabungan ST002 Tembus Rp2,12 Triliun

Bareksa13 November 2018
Tags:
Realisasi Pemesanan Sukuk Tabungan ST002 Tembus Rp2,12 Triliun
ilustrasi investor syariah pria memegang tasbih

Sukuk Tabungan ST002 memang sangat menarik, sehingga tidak heran diminati banyak investor

Bareksa.com - Masa penawaran instrumen Sukuk Tabungan seri 002 (ST002) masih terus berlangsung hingga 22 November mendatang. Belum genap dua pekan ditawarkan, Kementerian Keuangan (Kemkeu) mencatat jumlah pemesanan ST002 telah melampaui target awal.

Hingga pukul 11.00 hari ini 13 Nopember 2018, tercatat penjualan ST002 telah menembus angka Rp2,12 triliun angka ini jauh melampaui target awal Kemkeu yang memasang target Rp1 triliun

Menurut analisis Bareksa, Sukuk Tabungan ST002 memang sangat menarik, sehingga tidak heran bila banyak diminati. Sebelumnya, pemerintah telah merilis surat utang SBR003, SBR004, dan ORI015 untuk masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan negara.

Promo Terbaru di Bareksa

Jika melihat berdasarkan waktu penerbitan, penerbitan ST002 terbilang merupakan yang paling atraktif. Sebab ST002 dirilis di tengah keadaan suku bunga yang sedang dalam tren naik dengan tenor hanya dua tahun ditambah sifat kupon yang mengambang (floating).

(Baca Juga : Imbalan Sukuk Tabungan ST002 Floating with Floor 8,3 Persen, Apa Artinya?)

Illustration

Saat ini, suku bunga acuan Bank Indonesia di level 5,75 persen atau level suku bunga tertinggi dibanding waktu penerbitan SBR003, SBR004, dan ORI015.

Nilai imbal hasil tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan kupon atau imbal hasil obligasi pemerintah atau sukuk sebelumnya.

Apalagi, sepanjang tahun ini pemerintah sudah empat kali menerbitkan instrumen Surat Berharga Negara (SBN) ritel dengan tingkat kupon yang menarik dan upaya sosialisasi yang gencar, sehingga investor kini mulai menaruh perhatian terhadap instrumen surat utang negara.

Pemerintah melalui perusahaan penerbit Surat Berharga Syariah Negara menerbitkan Sukuk Tabungan seri terbaru, yakni ST002 yang dijual secara online. Produk investasi khusus investor ritel yang berdasarkan prinsip-prinsip Islami ini bisa dipesan online mulai tanggal 1 November 2018.

Karena investasi ini dikhususkan untuk investor ritel, modal awal untuk membeli sukuk sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp1 juta. Nilai pembelian ST002 ini juga bisa dilakukan dengan kelipatan Rp1 juta dan maksimal Rp3 miliar per investor.

Berikut jadwal lengkap penerbitan Sukuk Tabungan ST002 yang dapat berguna bagi masyarakat investor.

Illustration

Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran 1-22 November 2018. Anda bisa menggunakan akun di sbn.bareksa.com untuk memesannya.

Jangan lupa untuk menyiapkan KTP dan NPWP untuk kebutuhan pendaftarannya. (Baca Juga : Beli SUN di Bareksa Bisa Untung dan Mudah, Begini Cara Daftarnya)

* * *

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi yang ditunjuk Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel, termasuk sukuk tabungan, secara online.

Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua