BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Bila Kita Beli Sukuk, Apa Manfaatnya Bagi Negara?

Bareksa30 Oktober 2018
Tags:
Bila Kita Beli Sukuk, Apa Manfaatnya Bagi Negara?
Foto udara kendaraan yang melintas di jembatan Cikubang Jalan Tol Cipularang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (12/2). PT Jasa Marga akan menyesuaikan tarif tol berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 15 Februari 2018 dengan kenaikan tarif rata-rata Rp500. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Selain mendapatkan imbal hasil yang tinggi, dengan berinvestasi di ST002, investor dapat membantu membangun negara

Bareksa.com - Obligasi Syariah atau biasa dikenal dengan Sukuk, kini menjadi salah satu alternatif pilihan investor dalam berinvestasi yang cukup menarik. Pasalnya, sukuk ini bisa memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dari bunga deposito tetapi memiliki risiko yang relatif rendah dengan prinsip-prinsip yang sesuai dengan ajaran agama Islam.

Layaknya dengan obligasi konvensional, sukuk ini dapat diterbitkan oleh pemerintah ataupun perusahaan (korporasi) dengan memiliki jangka waktu dan nilai imbal hasil tertentu.

Kini, Pemerintah melalui perusahaan penerbit Surat Berharga Syariah Negara akan menerbitkan Sukuk Tabungan seri terbaru, yakni ST002 yang dijual secara online. Produk investasi khusus investor ritel yang berdasarkan prinsip-prinsip Islami ini akan bisa dipesan online mulai tanggal 1 November 2018.

Promo Terbaru di Bareksa

Sukuk Tabungan ST002 berbeda dengan obligasi konvensional dari segi akadnya, yaitu akad wakalah (perwakilan). Dalam konsep sukuk wakalah, penerbit sukuk wajib menyatakan bahwa dirinya bertindak sebagai Wali Amanat/Wakil dari pemegang sukuk untuk mengelola dana hasil penerbitan sukuk dalam berbagai kegiatan yang menghasilkan keuntungan

Karena investasi ini dikhususkan untuk investor ritel, modal awal untuk membeli sukuk sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp1 juta. Nilai pembelian ST002 ini juga bisa dilakukan dengan kelipatan Rp1 juta dan maksimal Rp3 miliar per investor.

Pada sukuk, imbal hasil yang diberikan adalah berupa uang sewa (ujrah) dengan persentase tertentu sesuai dengan prinsip syariah Islam yang tidak mengandung unsur riba. Imbal hasil sukuk ini juga akan dibayarkan secara rutin pada periode tertentu dan nilai pokok pinjaman akan dibayarkan pada saat jatuh tempo.

Selain mendapatkan imbal hasil yang tinggi, investor juga dapat memberikan manfaat yang lebih bagi negara dengan menabung di ST002.

Lalu, apa saja manfaat menabung di Sukuk Tabungan ST002 ini bagi bangsa?

Dengan menginvestasikan dana Anda di Sukuk Tabungan ST002, Anda dapat membantu negara ini, karena dananya akan digunakan untuk berbagai proyek pembangunan pemerintah. Menurut data Kementerian Keuangan, total dana sukuk yang dialokasikan untuk proyek pembangunan sepanjang 2013-2018 mencapai Rp62,4 triliun.

Adapun proyek-proyek yang mendapat dana dari penerbitan sukuk yaitu:

1. Pengembangan dan revitalisasi Asrama haji di 24 kota/kabupaten

2. Pembangunan jalan dan jembatan di 30 provinsi

3. Pembangunan dan pengembangan 32 madrasah

4. Pembangunan jalur kereta api di Jawa Trans Sumatera, Trans Sulawesi dan modernisasi Stasiun Manggarai

5. Pembangunan dan rehabilitasi 701 Kantor Urusan Agama dan Manasik Haji

6. Pembangunan 3 Taman Nasional, yakni Baluran, Gunung Gede Pangrango, Aketajawe-Lolobata Halmahera

7. Pembangunan 328 Sumber Daya Air, yakni bendungan, irigasi, penyediaan dan pengelolaan air tanah

8. Pembangunan dan pengembangan 3 laboratorium

9. Pembangunan dan pengembangan Gedung Perkuliahan di 54 Perguruan Tinggi

Tertarik untuk membeli sukuk ST002?

Pembelian produk investasi yang dijamin pemerintah ini hanya bisa dilakukan pada periode penawaran 1-22 November 2018.

Bagi Anda yang telah memiliki akun Bareksa, Anda dapat login melalui sbn.bareksa.com menggunakan akun Bareksa Anda. Setelah masuk, klik Beli untuk melengkapi data Anda berupa NPWP dan nomor rekening di bank pembayaran.

Tidak perlu khawatir bagi Anda yang belum memiliki akun Bareksa, Anda dapat mendaftar dengan mengisi formulir ini. Jangan lupa menyiapkan KTP dan NPWP untuk persyaratan pendaftarannya.

Perlu dicatat, Sukuk Tabungan terbuka bagi masyarakat Indonesia dari kalangan manapun, tanpa memandang latar belakang keyakinan. Kehadiran Sukuk Tabungan ini tentunya memberikan alternatif untuk menyimpan uang pada instrumen yang menghasilkan potensi imbal yang cukup menarik dengan risiko minim di tengah tren penurunan market yang terjadi saat ini.

* * *

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi yang ditunjuk Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel, termasuk sukuk tabungan, secara online.

Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja melalui platform bareksa.com. (hm)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua