BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

BI Rate 4,5 Persen, Kupon SBR003 Berpeluang Naik Jadi 7,05 Persen pada September

Bareksa21 Mei 2018
Tags:
BI Rate 4,5 Persen, Kupon SBR003 Berpeluang Naik Jadi 7,05 Persen pada September
Ilustrasi menghitung keuntungan investasi reksa dana, saham, obligasi, surat utang negara dengan pulpen dan kalkulator

Kementerian Keuangan akan mereview kenaikan kupon per tiga bulan

Bareksa.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia yang digelar pada 16 - 17 Mei 2018 memutuskan untuk menaikkan tingkat bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin/bps (0,25 persen) ke level 4,5 persen yang akan berlaku efektif per 18 Mei 2018.

Kebijakan itu ditempuh BI sebagai bagian untuk menjaga stabilitas perekonomian di tengah berlanjutnya peningkatan ketidakpastian pasar keuangan dunia dan penurunan likuiditas global.

Akankah Kupon SBR003 Juga Naik?

Promo Terbaru di Bareksa

Salah satu keunikan yang digagas pemerintah guna menarik minat investor individu ialah memperkenalkan istilah “floating with floor” atau dengan kata lain SBR memiliki kupon yang mengambang dengan kupon minimal.

"Mengambang" artinya besaran kupon SBR akan disesuaikan dengan perubahan tingkat suku bunga BI. (Baca Juga : Beli SUN di Bareksa Tawarkan Kupon Tidak Akan Turun Tapi Bisa Naik, Kok Bisa?)

Pada saat peluncuran SBR003 pada 14 Mei 2018, ditetapkan kupon (bunga) SBR003 sebesar 6,8 persen yang berasal dari suku bunga BI pada saat itu 4,25 persen + 2,55 persen sebagai spread yang ditetapkan oleh pemerintah guna menarik minat investor.

Kupon SBR003 Berpeluang Naik Jadi 7,05 persen Pada September 2018

Mengutip simulasi investasi Kementerian Keuangan, seiring naiknya suku bunga BI menjadi 4,5 persen, membuat kupon SBR003 juga akan terkena imbasnya sebagai konsekuensi “kupon mengambang” menjadi 7,05 persen yang berasal dari 4,5 persen + 2,55 persen.

Perlu ditekankan jika kupon tidak langsung naik menyesuaikan suku bunga BI. Sebab pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan akan mereview kenaikan kupon per 3 bulan.

Seiring pembayaran kupon SBR003 pertama kali pada 20 Juni mendatang, maka kupon sebesar 6,8 persen yang ditetapkan di awal sebelum terjadinya kenaikan suku bunga masih akan berlaku sepanjang 3 bulan hingga 20 Agustus 2018.

Selanjutnya, jika suku bunga BI tetap di level 4,5 persen hingga Agustus, maka besar kemungkinan kupon SBR003 akan menyesuaikan dan naik menjadi 7,05 persen per September 2018. (AM)

***

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel secara online.

Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Daftar jadi nasabah, klik tautan ini

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua