BeritaArrow iconSBNArrow iconArtikel

Kupon SUN Retail Online di Bareksa 6,8 Persen, Apakah Menarik?

Bareksa16 Mei 2018
Tags:
Kupon SUN Retail Online di Bareksa 6,8 Persen, Apakah Menarik?
Ilustrasi keuntungan dari investasi di reksadana, saham, obligasi, deposito yang digambarkan dengan tangan menunjukkan lambang persen warna merah.

Kupon yang ditawarkan pemerintah pada SBR003 ini masih lebih tinggi dibandingkan tingkat keuntungan di pasar saat ini

Bareksa.com - Masyarakat kini dimudahkan untuk berinvestasi sekaligus membantu negara dalam membiayai anggaran, dengan hadirnya Surat Utang Negara (SUN) bagi investor ritel individu yang dijual secara online (e-SBN) berjenis Savings Bond Retail dengan seri SBR003.

Surat utang ritel ini untuk pertama kalinya dijual secara online dan melibatkan Bareksa sebagai salah satu mitra distribusi (Midis) Kementerian Keuangan.

Dalam penawaran ini, pemerintah memberikan tingkat kupon SBR003 sebesar 6,8 persen per tahun dengan waktu jatuh tempo pada 20 Mei 2020 atau mempunyai masa jatuh tempo dua tahun saja. Kupon dibayarkan setiap bulan dan besarannya mengambang (floating) dengan batas minimum yang di-review tiap tiga bulan.

Promo Terbaru di Bareksa

Mengutip Kementerian Keuangan, kupon SBR003 sebesar 6,8 persen per tahun ini berlaku untuk tiga bulan pertama sejak tanggal hingga 20 Agustus mendatang. Angka tersebut berasal dari suku bunga acuan BI yang berlaku saat ini senilai 4,25 persen ditambah spread tetap sebesar 255 bps atau 2,55 persen.

Apakah Kupon 6,8% Menarik?

Illustration

Sumber : IBPA

Mengutip data Indonesia Bond Pricing Agency (IBPA), Surat Utang Negara dengan tenor dua tahun per 15 Mei 2018 mempunyai tingkat keuntungan yang diharapkan (yield) hanya 6,62 persen. Bahkan per 15 April (last month) surat utang ini hanya mempunyai yield sebesar 5,8 persen. Maka dari itu, dengan mengacu data tersebut bisa dibilang bahwa kupon yang ditawarkan pemerintah pada SBR003 ini masih lebih tinggi dibandingkan tingkat keuntungan di pasar saat ini.

Selain kupon yang lebih tinggi dibandingkan yield di pasar saat ini, SBR003 yang dapat dibeli di Bareksa ini dijamin oleh pemerintah 100 persen. Jadi, jangan takut jika uang Anda tidak kembali atau terjadi gagal bayar, sebab setiap transaksi pembelian SUN retail online seri SBR003 di Bareksa, baik pembayaran kupon maupun pembayaran uang pokok pada saat jatuh tempo 100 persen dijamin pemerintah dan Undang-Undang.

***

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel secara online.

Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Daftar jadi nasabah, klik tautan ini

(hm)

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua