Berita / SBN / Artikel

Beli Surat Utang Negara di Bareksa Lebih Untung daripada Deposito Bank

Kupon Surat Utang Negara yang dijual online mencapai 6,8 persen setahun
Bareksa • 11 May 2018
cover

Tumpukan uang rupiah nominal Rp50.000,- (Flickr/Adam Cohn)

Bareksa.com – Masyarakat kini dimudahkan untuk berinvestasi sekaligus membantu negara dalam membiayai anggaran, dengan hadirnya Surat Utang Negara (SUN) bagi investor ritel individu yang dijual secara online (e-SBN). Produk investasi ini menawarkan keuntungan yang lebih baik dibandingkan dengan hanya menabung di deposito bank.

Sebelumnya diberitakan, PT Bareksa Portal Investasi (Bareksa), marketplace finansial terbesar di Indonesia, terpilih menjadi salah satu mitra distribusi dalam rangka penjualan SUN ritel di pasar perdana domestik. Pemilihan mitra distribusi tersebut ditetapkan pemerintah pada 26 April 2018.

Adapun produk yang ditawarkan kepada masyarakat Indonesia adalah turunan dari SUN, yakni Savings Bond Ritel atau SBR dengan seri SBR003 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan. (Baca juga  Apa Itu SUN? Kenali Istilah, Jenis dan Manfaat Surat Utang Negara)

SBR merupakan salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia. Pemerintah pun sudah mematok kupon SBR003 ini sebesar 6,8 persen per tahun.

Mengutip laporan Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, kupon 6,8 persen ini berlaku untuk tiga bulan pertama sejak tanggal settlement per 31 Mei sampai 20 Agustus mendatang. Angka tersebut berasal dari suku bunga acuan Bank Indonesia yang berlaku saat ini senilai 4,25 persen ditambah spread tetap sebesar 250 bps atau 2,5 persen.

Berikut ini dua keuntungan membeli SUN di Bareksa dibanding deposito 

1. Keuntungan Deposito Belum Pernah Capai Kupon SBR Sebesar 6,8 persen

Deposito Rupiah dengan tenor satu bulan dijadikan acuan, mengingat instrumen ini merupakan deposito yang paling likuid dengan masa pencairan paling cepat yakni satu bulan. Sejak 2017, tingkat deposito rupiah dengan jangka waktu satu bulan tidak pernah mencetak keuntungan melebihi 6,8 persen. Bahkan tingkat imbal hasilnya (return) sejak setahun terakhir cenderung turun seiring turunnya tingkat suku bunga.

Grafik : Perbandingan  Kupon SUN di Bareksa vs Deposito Rupiah 1 Bulan

Sumber : Bank Indonesia, diolah Bareksa

Hal ini berbeda akan diperoleh investor jika membeli SUN di Bareksa pada tanggal 14-25 Mei 2018 nanti, yakni pada masa penawaran SBR003. Investor sudah mendapat jaminan dari negara untuk pembayaran dengan minimal kupon 6,8 persen dan tidak akan turun selama jangka waktu dua tahun.

2. Jika Suku Bunga Naik, Kupon SBR Akan Mengikuti

Bagaimana jika suku bunga naik menjadi 4,5 persen di masa mendatang? Jika ini terjadi, berarti investor berhak mendapatkan kupon lebih tinggi dari kupon minimal, dengan rumus (4,5 persen + 2,5 persen), sehingga jika dijumlah maka SBR003 akan menghasilkan kupon 7 persen per tahun. Begitupun jika suku bunga terus meningkat maka potensi keuntungan dari kupon yang dihasilkan pun bisa lebih tinggi.

Sebagai informasi, besaran kupon SBR ini ditinjau ulang (review) setiap tiga bulan sekali. (Baca Juga : Beli SUN di Bareksa Tawarkan Kupon Tidak Akan Turun Tapi Bisa Naik, Kok Bisa?)

Bagaimana dengan deposito? Masing-masing bank tentu akan mengikuti kebijakan suku bunga acuan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Akan tetapi, besarannya dan waktu penyesuaiannya bergantung pada kebijakan masing-masing bank.

***

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel secara online.

Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Daftar jadi nasabah, klik tautan ini 

(hm)