Berita / SBN / Artikel

Beli SUN di Bareksa Bisa Untung dan Mudah, Begini Cara Daftarnya

SUN Ritel yang dijual online di Bareksa memiliki seri SBR003 dengan kupon 6,8 persen per tahun
Bareksa • 12 May 2018
cover

Ilustrasi nasabah membuka aplikasi Bareksa di telepon genggam dan laptop. (Bareksa/Hanum)

Bareksa.com – Masyarakat kini dimudahkan untuk berinvestasi sekaligus membantu negara dalam membiayai anggaran, dengan hadirnya Surat Utang Negara (SUN) bagi investor ritel individu yang dijual secara online (e-SBN).

Produk investasi ini menawarkan keuntungan yang lebih baik dibandingkan dengan hanya menabung di deposito bank.

Sebelumnya diberitakan, PT Bareksa Portal Investasi (Bareksa), marketplace finansial terbesar di Indonesia, terpilih menjadi salah satu mitra distribusi dalam rangka penjualan SUN ritel di pasar perdana domestik. Pemilihan mitra distribusi tersebut ditetapkan pemerintah pada 26 April 2018.

Produk yang ditawarkan kepada masyarakat Indonesia adalah turunan dari SUN, yakni Savings Bond Ritel atau SBR dengan seri SBR003 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan. (Baca juga  Apa Itu SUN? Kenali Istilah, Jenis dan Manfaat Surat Utang Negara)

Mengutip laporan Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, kupon 6,8 persen ini berlaku untuk tiga bulan pertama sejak tanggal settlement per 31 Mei sampai 20 Agustus mendatang.

Angka tersebut berasal dari suku bunga acuan Bank Indonesia yang berlaku saat ini 4,25 persen ditambah spread tetap 250 basis poin atau 2,5 persen.

Dengan kupon 6,8 persen per tahun tersebut, membeli SUN sebagai instrumen investasi bisa lebih menguntungkan dibandingkan dengan menabung di deposito bank.

Lantas bagaimana cara membeli SUN di Bareksa?

Pembelian bisa dilakukan pada periode penawaran, yakni mulai tanggal 14 Mei sampai 25 Mei 2018. Namun, bila berminat untuk membeli SUN secara online, Anda bisa mendaftar di Bareksa mulai saat ini :

1. Untuk mendaftar sebagai investor SUN Ritel Online, Anda tinggal menekan tombol “Daftar” yang tersedia di homepage SUN ritel Bareksa.

2. Jika Anda sebelumnya sudah memiliki akun investasi Bareksa, maka klik “Sudah” pada pop up yang muncul seperti berikut ini. Namun, jika Anda belum memiliki akun investasi Bareksa, maka klik “Belum”.

3. Jika sudah memiliki akun investasi Bareksa, selanjutnya Anda akan diarahkan untuk melakukan login dengan mengisi email beserta password yang sesuai.

4. Setelah login berhasil, Anda akan dikembalikan ke halaman home SUN Bareksa. Silahkan klik tombol “Beli” untuk selanjutnya melengkapi data NPWP dan rekening bank yang dibutuhkan.

5. Namun, jika Anda belum memiliki akun investasi Bareksa, maka langkah yang perlu dilakukan adalah mengisi formulir pendaftaran akun investasi Bareksa. Jangan lupa juga untuk menyertakan foto KTP dan NPWP.

Demikianlah langkah mudah untuk mendaftar pembelian SUN Ritel secara online di Bareksa. Jika Anda punya pertanyaan, masukan/kritik, atau menemui kesulitan, silakan hubungi kami di nomor telepon 021-71795239 atau email: [email protected]

* * *

PT Bareksa Portal Investasi atau bareksa.com adalah mitra distribusi resmi Kementerian Keuangan untuk penjualan Surat Utang Negara (SUN) ritel secara online.

Selain proses registrasi dan transaksi sangat cepat dan mudah, Anda juga dapat memantau investasi Anda dari mana saja dan kapan saja.

Daftar jadi nasabah, klik tautan ini 

(hm)