BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

Matahari Putra Prima (MPPA) Catat Penjualan Rp6,91 Triliun di 2023, Rugi Menyusut

Abdul Malik01 April 2024
Tags:
Matahari Putra Prima (MPPA) Catat Penjualan Rp6,91 Triliun di 2023, Rugi Menyusut
Logo di salah satu gerai Matahari Departement Store di Malang, Jawa Timur, yang dikelola PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA). (Shutterstock)

MPPA akan fokus untuk terus mendorong pertumbuhan dan profitabilitasnya

Bareksa.com - PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) mengumumkan kinerja tahun buku 2023 dengan menunjukkan pemulihan solid sebagai hasil dari transformasi fundamental yang dilakukan untuk mempersiapkan pertumbuhan di tahun mendatang. Terlepas dari tantangan yang dihadapi di sektor ritel, MPPA menunjukkan ketangguhan dan ketajaman strategis, memposisikan dirinya untuk kesuksesan yang berkelanjutan.

Perseroan dalam siaran pers (28/3) menyebutkan MPPA mencatat penjualan bersih Rp6,91 triliun pada 2023, turun 1,5% dari tahun sebelumnya. Kinerja ini dipengaruhi oleh penurunan penjualan pada kategori tertentu, karena pergeseran dalam belanja diskresioner ritel yang menegaskan kemampuan adaptasi MPPA dalam kondisi pasar yang dinamis.

Kemudianm program optimalisasi dan efisiensi yang dilakukan perseroan menghasilkan penghematan yang substansial Rp98 miliar. Hal ini sekaligus menunjukan komitmen MPPA terhadap keunggulan operasional dan manajemen biaya. Upaya MPPA berdampak pada pengurangan signifikan dari rugi operasional menjadi Rp111 miliar, membaik Rp100 miliar dari tahun sebelumnya. Selain itu, perseroan berhasil menekan rugi bersih Rp175 miliar menjadi Rp255 miliar. "Arah pertumbuhan positif ini menunjukkan komitmen MPPA terhadap kinerja keuangan yang berkelanjutan dan penciptaan nilai bagi para pemangku kepentingan," ungkap MPPA dalam keterangannya.

Promo Terbaru di Bareksa

Beli Saham di Sini

Prospek ke Depan

Presiden Direktur dan CEO MPPA, Adrian Suherman menyatakan MPPA tetap optimistis terhadap prospek ekonomi di tahun mendatang, didorong oleh indikator pendukung seperti prediksi pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi yang terkendali dan terlaksananya pemilihan umum yang kondusif di Indonesia. Dengan memanfaatkan faktor-faktor positif ini, MPPAsiap untuk menangkap peluang dan meningkatkan kepercayaan pelanggan melalui inisiatif strategisnya.

"MPPA terus melanjutkan pendekatan yang berpusat pada pelanggan, dengan berfokus pada penyediaan makanan segar dan kebutuhan keluarga sehari-hari dengan harga yang terjangkau. Peningkatan produktivitas dan efisiensi yang berkelanjutan akan semakin memantapkan posisi MPPA di pasar. MPPA akan melanjutkan strategi optimalisasi jaringan dan peremajaan gerai sembari melakukan tinjauan komprehensif terhadap portofolio dan segmentasinya untuk mengidentifikasi prospek dan mempercepat pengembangan," kata dia.

Dengan mengandalkan teknologi, khususnya data analytics, MPPA berfokus untuk memahami perilaku pelanggan dan mendorong kegiatan pemasaran yang inovatif. "Kami bangga dengan pencapaian sepanjang tahun 2023 yang menunjukkan peningkatan fundamental yang solid. Ke depannya, MPPA akan fokus untuk terus mendorong pertumbuhan dan profitabilitasnya. Kami berkeyakinan bahwa transformasi yang berjalan saat ini merupakan langkah yang tepat untuk MPPA dapat mengoptimalkan peluang dan meningkatkan kinerja di tahun mendatang," dia menjelaskan.

Komitmen MPPA yang kuat terhadap inovasi, efisiensi, dan kepuasan pelanggan telah menempatkan perseroan pada posisi yang tepat untuk meraih kesuksesan yang berkelanjutan dalam lanskap ritel yang dinamis.

Beli Saham di Sini

(IQPlus/09128397/AM)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.775,04

Up0,58%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,77%
Up17,29%
Up44,99%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,82

Up0,87%
Up4,24%
Up0,03%
Up5,87%
Up18,86%
-

STAR Stable Income Fund

1.925,53

Up0,51%
Up2,96%
Up0,02%
Up6,04%
Up29,37%
Up64,92%

I-Hajj Syariah Fund

4.821,21

Up0,54%
Up3,05%
Up0,02%
Up6,18%
Up21,87%
Up40,51%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.140,22

Up0,55%
Up2,80%
Up0,02%
Up4,95%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua