BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

Manulife Aset Manajemen Indonesia Nilai Satu Ketidakpastian Pasar Finansial Terhapus

Martina Priyanti22 Maret 2024
Tags:
Manulife Aset Manajemen Indonesia Nilai Satu Ketidakpastian Pasar Finansial Terhapus
Ilustrasi saham-saham sektor perbankan di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Shutterstock)

RAPBN 2025 menjadi penting dan relevan karena menunjukkan seberapa besar keselarasan, kesinambungan, dan ruang fiskal

Bareksa.com - PT Manulife Aset Manajemen Indonesia atau MAMI, menyampaikan pandangannya pasca pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang telah menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia nomor urut dua (2), Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, sebagai pemenang pemilu presiden 2024 dalam satu putaran. Menurut MAMI, keputusan KPU tersebut setidaknya mampu memberikan gambaran yang lebih jelas bagi pasar finansial ke depannya.

Samuel Kesuma CFA, Senior Portfolio Manager Equity MAMI mengatakan pasar finansial menyambut baik penetapan ini karena satu faktor ketidakpastian yang dapat mempengaruhi pasar telah terhapus. Dalam hal terjadi perselisihan penetapan perolehan hasil suara, Samuel menjelaskan bahwa pasangan calon lainnya dapat mengajukan keberatan kepada Mahkamah Konstitusi (MK) dalam dalam waktu paling lama 3 hari setelah penetapan hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden oleh KPU.

"Sasar akan fokus menunggu rincian dan kejelasan program-program ekonomi yang dijanjikan oleh pasangan Prabowo - Gibran, dan susunan calon kabinet terutama terkait ekonomi dan perdagangan," kata Samuel dalam News Flash terbaru PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) secara tertulis, Kamis (21/3/2024).

Promo Terbaru di Bareksa

Lebih lanjut Samuel menjelaskan bahwa hal lain yang juga diperhatikan pasar adalah Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/RAPBN tahun depan atau 2025, yang secara tradisi setiap tahun biasanya diumumkan dalam pidato terbuka Presiden tanggal 16 Agustus, satu hari sebelum perayaan kemerdekaan Indinesia.

"RAPBN tahun 2025 menjadi penting dan relevan karena menunjukkan seberapa besar keselarasan, kesinambungan, dan ruang fiskal untuk mengimplementasikan program-program yang dijanjikan oleh presiden baru," jelas Samuel.

Samuel menambahkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang tetap stabil di dua hari terakhir ini ditopang tidak hanya oleh terhapusnya faktor ketidakpastian terkait pemilu dengan penetapan pemenang Presiden dan Wakil Presiden Indonesia.

"Namun juga karena pasar menyambut positif keputusan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) mempertahankan tingkat suku bunga acuan di level 6%, dan juga penegasan pejabat bank sentral Amerika Serikat yang kemarin malam yang tetap menegaskan probabilitas tiga kali penurunan suku bunga The Fed di tahun ini," kata Samuel.

Beli Saham, Klik di Sini
(Martina Priyanti)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Capital Fixed Income Fund

1.775,04

Up0,58%
Up3,36%
Up0,03%
Up6,77%
Up17,29%
Up44,99%

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.325,82

Up0,87%
Up4,24%
Up0,03%
Up5,87%
Up18,86%
-

STAR Stable Income Fund

1.925,53

Up0,51%
Up2,96%
Up0,02%
Up6,04%
Up29,37%
Up64,92%

I-Hajj Syariah Fund

4.821,21

Up0,54%
Up3,05%
Up0,02%
Up6,18%
Up21,87%
Up40,51%

Reksa Dana Syariah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid

1.140,22

Up0,55%
Up2,80%
Up0,02%
Up4,95%
--

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua