BeritaArrow iconSahamArrow iconArtikel

Bank Raya (AGRO) Siapkan Dana Rp60 Miliar untuk Buy Back Saham, Minta Restu di RUPS

Hanum Kusuma Dewi22 Maret 2024
Tags:
Bank Raya (AGRO) Siapkan Dana Rp60 Miliar untuk Buy Back Saham, Minta Restu di RUPS
Ilustrasi harga saham turun yang digambarkan dengan grafik candlestick saham. (Shutterstock)

Buy back dilakukan secara bertahap dan diselesaikan paling lambat 12 bulan setelah persetujuan RUPST dan OJK

Bareksa.com - PT Bank Raya Indonesia Tbk. (AGRO) berencana melakukan aksi korporasi di pasar modal melalui mekanisme pembelian kembali saham (buy back) yang telah dikeluarkan dan tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Manajemen AGRO dalam keterangan tertulisnya Kamis (21/3/2024) menuturkan bahwa Perseroan menyediakan dana sebesar Rp60 miliar dari dana internal serta dilakukan secara bertahap dan diselesaikan paling lambat 12 bulan setelah persetujuan RUPST dan OJK.

Lebih lanjut Manajemen AGRO memaparkan aksi korporasi ini akan dilaksanakan dengan memperhatikan kondisi likuiditas dan permodalan Perseroan, serta ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Perkiraan biaya Buyback yang mencakup biaya komisi perantara dan biaya lainnya diperkirakan mencapai 1,61% dari Perkiraan Nilai Buyback, apabila Buyback dilaksanakan secara keseluruhan.

Promo Terbaru di Bareksa

Pelaksanaan Buyback dan jumlah keseluruhan Treasury Stock yang dimiliki Perseroan tidak akan melebihi 10% dari jumlah modal yang ditempatkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan jumlah Saham Free Float Perseroan tidak akan lebih rendah dari 7,5% dari jumlah saham tercatat.

Aksi korporasi ini dilatarbelakangi upaya untuk meningkatkan engagement dan ownership pekerja atas Perseroan. Dalam hal ini, program tersebut diimplementasikan dalam bentuk Program Kepemilikan Saham Manajemen dan Pekerja yang merupakan bagian dari keseluruhan skema remunerasi untuk Manajemen dan Pekerja yang bersifat variabel sehingga Pekerja terdorong berkontribusi lebih optimal terhadap pencapaian target Perseroan. Selain Pekerja, program kepemilikan saham ini direncanakan dapat diperuntukan bagi Direksi dan Dewan Komisaris kecuali Komisaris Independen.

"Selain itu, program Buyback ini juga dilandasi keyakinan manajemen AGRO akan kinerja dan prospek kinerja perusahaan ke depan yang akan terus membaik, sehingga dapat memberikan value kepada stakeholders dan diyakini tidak akan berdampak negatif secara material terhadap kegiatan usaha AGRO. Dalam hal ini, modal kerja, cash flow dan Capital Adequacy Ratio (CAR) Perseroan cukup untuk pembiayaan Buyback bersamaan dengan kegiatan usaha," tutur manajemen.

Adapun berdasarkan sumber dana yang digunakan maka aset dan ekuitas diperkirakan akan menurun sebesar-besarnya sejumlah Perkiraan Nilai Buyback dan aksi korporasi ini akan dilaksanakan dengan harga yang dianggap wajar oleh Perseroan dengan memperhatikan POJK 29/2023 diantaranya jika dilakukan melalui Bursa Efek maka harga penawaran untuk membeli kembali saham harus lebih rendah atau sama dengan harga transaksi yang terjadi sebelumnya.

Sementara itu dalam hal pembelian kembali saham dilakukan di luar Bursa Efek dan dengan mengingat saham Perseroan tercatat dan diperdagangkan di Bursa, maka harga pembelian kembali saham Perseroan adalah paling tinggi sebesar harga rata-rata dari harga penutupan perdagangan harian di Bursa Efek selama 90 hari terakhir sebelum tanggal pembelian kembali saham oleh Perseroan.

Manajemen AGRO menambahkan aksi korporasi ini diprediksikan tidak akan menyebabkan kekayaan bersih AGRO menjadi lebih kecil dari jumlah modal yang ditempatkan ditambah cadangan wajib yang telah disisihkan, termasuk dari sisi pendapatan maupun biaya operasional.

Untuk melancarkan aksi korporasi ini maka AGRO akan meminta persetujuan pemegang saham dalam Rapat umum pemegang saham Tahunan yang akan digelar pada tanggal 30 April 2024.

Beli Saham, Klik di Sini

(IQPlus/08153956/hm)

***

Ingin berinvestasi aman di saham dan reksadana secara online yang diawasi OJK?

- Daftar jadi nasabah, klik tautan ini
- Beli saham klik tautan ini
- Beli reksadana, klik tautan ini
- Beli emas, klik tautan ini
- Download aplikasi Bareksa di App Store​
- Download aplikasi Bareksa di Google Playstore
- Belajar investasi, klik untuk gabung Komunitas Bareksa di Facebook. GRATIS

DISCLAIMER​​​​​

Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Bareksa membuat informasi ini dari materi dan sumber-sumber terpercaya, serta tidak dipengaruhi pihak manapun. Informasi ini bukan merupakan ajakan, ataupun paksaan untuk melakukan transaksi dan Bareksa tidak memberikan jaminan atas transaksi yang dilakukan.

Pilihan Investasi di Bareksa

Klik produk untuk lihat lebih detail.

Produk EksklusifHarga/Unit1 Bulan6 BulanYTD1 Tahun3 Tahun5 Tahun

Trimegah Dana Tetap Syariah

1.312,44

Down- 0,08%
Up3,34%
Up0,02%
Up5,46%
Up18,23%
-

Capital Fixed Income Fund

1.768,97

Up0,54%
Up3,38%
Up0,02%
Up6,87%
Up17,31%
Up43,84%

Syailendra Pendapatan Tetap Premium

1.747,79

Down- 0,93%
Up3,15%
Up0,01%
Up3,84%
Up18,26%
Up46,65%

Trimegah Dana Obligasi Nusantara

1.034,9

Down- 0,36%
Up1,69%
Up0,01%
Up2,70%
Down- 2,29%
-

STAR Stable Amanah Sukuk

Produk baru

1.034,47

Up0,49%
-
Up0,03%
---

Video Pilihan

Lihat Semua

Artikel Lainnya

Lihat Semua